Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Excel

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana kamu diberi sebuah file Excel namun ketika file tersebut dibuka di komputer kamu, isi dalam hal ini spasinya menjadi tidak beraturan alias berantakan. 

Pusing? Tentu saja. Apalagi jika dokumen tersebut adalah dokumen yang penting dan hendak di cetak.

Mungkin kamu pusing, namun tak perlu panik karena pada tulisan ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi spasi yang berantakan di Excel.

Ilustrasinya data yang berantakan kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Nah bagaimana cara merapikan spasi yang tidak beraturan di Microsoft Excel? Silahkan disimak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Data yang Spasinya Tidak Beraturan di MS Excel

  • Pertama-tama silahkan buka file Microsoft Excel yang spasinya berantakan (gambar contoh di atas).
  • Misalnya data yang berantakan tersebut ada di sel A (A2 sampai A8) dan hasil perbaikannya nanti ada di sel B (B2 sampai B8)
  • Selanjutnya si sel B2 silahkan ketik rumus =trim(sel yang akan dirapihkan) misalnya sel yang akan dirapikan ada di A2 maka =trim(A2) lalu tekan Enter
  •  Maka hasil implementasi dari rumus di B2 tadi seperti gambar dibawah.
  • Agar semua data yang ada di A2 menjadi tidak berantakan lagi, silahkan drag (tarik) dari atas data yang ada di B2 sampai ke B8 (contoh gambar dibawah)
  • Dan hasilnya akan jadi seperti gambar dibawah


Catatan: penempatan gambar dan sel diatas hanyalah sebuah ilustrasi karena data kamu mungkin akan berbeda, maka penggunaan rumus diatas harus disesuaikan dengan sel yang berantakan di dokumen kamu

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Excel, semoga artikel ini dapat membantu dan memecahkan masalahmu. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard