Cara Menampilkan Angka 0 (Nol) yang Tidak Muncul di Excel

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi yang sangat berguna sekali untuk membuat dan mengolah data dalam bentuk angka. Walaupun sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan angka, namun terkadang saat mengoperasikan aplikasi MS Excel ada banyak kendala yang kita alami. 

Salah satu kendala tersebut adalah angka nol (0) yang tidak muncul di Excel. Mungkin kamu pernah mengalami kejadian ini. Misalnya saja kamu mengetik nomor hp 089876567987 namun ketika di enter yang muncul hanya 89876567987.

Kamu tidak perlu bingung dan bertanya-tanya, kenapa angka nol (0) tidak muncul di Excel? Karena pada ulasan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menampilkan Angka 0 (Nol) yang Tidak Muncul di Excel

Cara Memunculkan Nol (0) di Microsoft Excel

Untuk memunculkan angka nol (0) di Excel, ada dua cara yang akan saya paparkan pada tulisan ini. Silahkan disimak penjelasannya dibawah ini.

Cara 1: Menggunakan Tanda Petik (')

Cara ini mungkin yang paling banyak digunakan orang ketika mengetik angka nol di Excel agar tetap muncul di sel.

Kamu bisa memunculkan angka nol (0) di microsoft Excel menggunakan tanda petik ('). Saat kamu mengetik misalnya mengetik nomor hp 0811234456789 di sel maka untuk memunculkan angka nol tersebut kamu tinggal menambahkan tanda petik di awal '081123456789 lalu ketika menekan tombol Enter maka angka nol tersebut akan tetap muncul.

Namun ketika kamu selesai mengetik data tersebut dan menekan tombol Enter maka akan muncul tanda peringatan di sebelah angka bahwa angka tersebut disimpan sebagai teks. Nah untuk menghilangkan tanda peringatan tersebut, kamu tinggal mengklik tanda peringatannya lalu pilih Ignore Error


 
Maka secara otomatis peringatan tersebut akan hilang. 

Cara ini jika digunakan akan memakan waktu yang sangat lama karena harus memperbaiki bagian yang eror terlebih dahulu apalagi jika kita harus memasukkan banyak sekali nomor telpon kedalam dokumen. 

Cara 2: Menggunakan Custom di Format Cells

Cara kedua ini tergolong cara yang cukup praktis dan mudah. Kamu tinggal memasukkan saja nomor telpon kedalam sel terlebih dahulu dan biarkan angka nolnya menghilang. Untuk memunculkan semua angka nol tersebut sekaligus, kamu bisa menggunakan tool Format Cells. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan buka program aplikasi MS Excel
  • Selanjutnya masukkan semua nomor telpon kedalam sel yang telah tersedia dan biarkan angka nol di depan menghilang

  •  Kemudian blok semua sel yang terdapat nomor HP lalu silahkan ke menu Home lalu pilih Format kemudian pilih Format Cells...
  • Jika jendela Format Cells sudah terbuka, di bagian Number silahkan pilih Custom lalu pada bagian Type silahkan ketik "0"# lalu klik OK untuk menyimpan pengaturan.

  •  Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Penutup

 Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Menampilkan Angka 0 (Nol) yang Tidak Muncul di Excel, semoga artikel ini dapat menjawab permasalahan kamu. Terima kasih.

Baca juga