Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Rumus Datedif di Excel: Menghitung Selisih Tanggal

Ada banyak rumus di Microsoft Excel yang dapat membantu kita untuk mengelolah data, salah satunya adalah DATEDIF. 

Pengertian dan Fungsi Datedif di Excel

Datedif di Excel merupakan sebuah rumus yang berfungsi untuk menghitung selisih waktu misalnya saja kita ingin menghitung tahun, bulan dan hari dari selisih dua tanggal yang berbeda.

Misalnya saja tanggal 09/01/2000 dan 20/02/2018. Kita bisa menggunakan rumus datedif untuk menghitung tahun, bulan dan hari dari selisih tanggal tersebut.

Datedif juga bisa kita gunakan untuk mencari umur seseorang berdasarkan tahun, bulan dan hari dari selisih tanggal yang telah ditentukan melalui rumus datedif di Excel:

=DATEDIF(tanggal awal;tanggal akhir;interval)

Keterangan:  

  • Tanggal awal merupakan tanggal dimulainya sesuatu misalnya pada contoh diatas, tanggal awalnya adalah 09/01/2000
  • Tanggal akhir merupakan tanggal berakhirnya sesuatu misalnya pada contoh diatas, tanggal akhirnya adalah 20/02/2020
  • Interval merupakan selisi waktu yang akan kita hitung.

Interval pada rumus datedif di Excel 2007, 2010, 2016, dsb bisanya menggunakan huruf sebagai berikut:

  • y (year) digunakan ntuk mencari selisih tahun
  • m (month) digunakan untuk mencari selisih bulan
  • d (day) digunakan untuk mencari selisih har
  • md (month day) digunakan untuk mencari selisih hari pada bulan dan tahun yang sama
  • yd (year day) digunakan untuk mencari selisih hari pada tahun yang sama
  • ym (year month) digunakan untuk mencari selisih bulan pada tahun sama.

Nah biasanya ketika hendak menggunakan rumus ini, datedif excel not found atau tidak ditemukan. Sama halnya dengan saya ketika mengetik =DATEDIF di Excel 2007, tidak seperti rumus lain bahwa akan muncul secara otomatis ketika kita mengetik rumus awalnya saja

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa menggunakan rumus ini kok dan berhasil. Disamping itu juga jika kita salah memasukkan rumus maka datedif excel not working atau tidak bekerja/tidak bisa. Jadi harus teliti yah.

Nah untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh penggunaannya dibawah ini.

Contoh Penggunaan Rumus Datedif

Sebagai contoh pada pembahasan ini, saya mempunyai data sebagai berikut.

Misalnya saya mempunyai sebuah perusahaan dan ada pegawai saya yang sudah lama bekerja dan telah resign. Nah saya ingin menghitung masa kerja karyawan tersebut berdasarkan tahun dan bulannya. Jadi hasil yang akan didapatkan nantinya adalah karyawan tersebut telah bekerja ...tahun, ...bulan

Bagaimana cara menggunakan rumus datedif untuk menghitung masa kerja karyawan saya? Berikut langkah-langkahnya.

Catatan: data diatas sudah ada tanggal masuk dan tanggal keluar. Karena kita ingin menghitung berapa tahun dan berapa bulan, maka kita menggunakan interval "y" untuk selisih tahun dan "ym" untuk selisih bulan pada tahun tersebut.

  • Rumus: =DATEDIF(tanggal awal;tanggal akhir;interval) jadi untuk data diatas maka =DATEDIF(B2;C2;"y")&" Tahun "&DATEDIF(B2;C2;"ym")&" Bulan") lalu tekan Enter
  • Biasanya untuk Microsoft Excel 2007, akan muncul jendela peringatan error seperti dibawah. Kamu tinggal klik Yes maka hasilnya akan keluar.

  • Jika rumus tersebut benar maka akan muncul hasilnya seperti dibawah ini.

  •  Untuk menerapkan rumus tersebut ke seluruh bagian yang masih kosong di masa kerja, kamu tinggal drag/seret kebawah dari hasil masa kerja yang telah didapatkan.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai pengertian, fungsi dan cara menggunakan rumus datadif di Excel untuk menghitung selisih tanggal, bulan dan tahun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard