Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rumus IF Menentukan Lulus dan Tidak Lulus di Excel

Bagi anda yang berprofesi sebagai seorang guru ataupun dosen, tentu saja mempunyai peranan penting dalam menentukan kelulusan siswa/mahasiswa anda. Salah satu penilaian penting adalah dari nilai yang didapatkannya selama menempuh pelajaran.

Setelah mengikuti serangkaian pelajaran dan juga berbagai macam ulangan/tes, akhirnya anda bisa menentukan apakah peserta didik tersebut bisa lulus atau tidak.

Umumnya, untuk menginput nilai kita biasa menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Microsoft Excel sendiri merupakan sebuah program aplikasi pengolah data yang memungkinkan kita untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan angka (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dsb) maupun huruf.

Nah bagaimana cara menentukan siswa tersebut lulus atau tidak dari nilai yang telah didapatkan dan telah anda masukkan kedalam Excel? Anda bisa menggunakan fungsi logika IF untuk mencari kelulusan dari peserta didik.

Sebagai contoh pada pembahasan ini, dibawah ini adalah nilai yang telah didapatkan oleh peserta didik di suatu sekolah.

Jika nilai yang didapatkan oleh siswa lebih besar atau sama dengan 60 maka siswa tersebut dinyatakan Lulus tetapi jika siswa tersebut mendapatkan nilai kurang dari 60 maka siswa tersebut dinyatakan tidak lulus.

Nah bagaimana cara menggunakan logika rumus IF untuk mencari kelulusan siswa tersebut? Silahkan simak uraiannya dibawah ini.

Cara Menentukan Lulus dan Tidak Lulus Dengan IF di Excel

  • Pertama-tama silahkan buka data yang akan diolah di Excel (contoh diatas)
  •  Untuk menentukan lulus dan tidak lulus maka rumusnya adalah =IF(nilai rujukan>=60;"Lulus";"Tidak Lulus"). Nilai rujukan yang akan kita gunakan ada di kolom B (B3), jadi =IF(B3>=60;"Lulus";"Tidak Lulus") lalu tekan Enter (lihat gambar dibawah)
  • Jika sudah maka hasilnya akan keluar seperti gambar dibawah.

  • Untuk mengaplikasikan formula rumusnya ke seluruh data siswa maka silahkan klik hasil yang telah didapatkan lalu drag (tarik) kebawah sampai pada data terakhir
  • Jika sudah maka hasilnya akan sama seperti gambar dibawah ini

Penutup

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan penggunaan formula rumusnya? Demikianlah ulasan saya mengenai Rumus IF Menentukan Lulus dan Tidak Lulus di Excel, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjawab kebingunganmu seputar pengoperasian program aplkasi Microsoft Excel. Sekian dan terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard