Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Fungsi Rumus VLOOKUP di Excel dan Contoh Penggunaannya

Di progam aplikasi Microsoft Excel, ada banyak sekali rumus-rumus yang bisa kita gunakan untuk mengerjakan data, salah satunya adalah VLOOKUP.

VLOOKUP adalah sebuah rumus yang digunakan untuk mencari dan menemukan berbagai macam hal di tabel atau rentang menurut baris. 

Sebagai contoh pada gambar dibawah ini.

Semisal ada tabel referensi seperti diatas. Di tabel tersebut terdapat nama barang, jumlah penjualan di hari itu dan juga harga barang. Nah si pemilik toko ingin mengetahui berapa penjualan barang dalam hal ini softex dan juga berapa harga dalam hal ini taro.

Untuk menemukan penjualan softex dan juga harga taro dalam tabel tersebut bisa menggunakan rumus VLOOKUP.

Secara sederhana, rumus VLOOKUP berbentuk seperti ini.=VLOOKUP(apa yang akan kamu cari;dimana kamu mencarinya;di kolom mana nilai yang akan kamu cari tersebut;mengembalikan perkiraan atau pencocokan persis – diindikasikan sebagai 1/TRUE, atau 0/FALSE)

atau

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Lookup_value adalah nilai yang akan dicari atau nilai pencarian. Misalya pada tabel diatas kita ingin mencari penjualan softex (A12) dengan harga taro (A15)

Table_array merupakan tabel referensi dimana kita ingin menemukan data tersebut. Misalnya pada tabel diatas kita memilih semua tabel yang memuat deskripsi barang (A1:C8).

Col_index_num adalah nomor kolom yang berisi nilai kembali. Misalnya pada tabel diatas kita ingin menemukan penjualan softex maka kolomnya ada B (2) begitupun dengan harga taro kolomnya ada di C (3).

Range_lookup digunakan untuk menentukan TRUE (diganti dengan 0)jika menginginkan hasil yang mendekati atau FALSE (diganti dengan angka) jika menginginkan hasil yang sama persis dari nilai kembali. Jika Anda tidak menentukan apa pun, nilai default akan selalu menjadi TRUE atau hasil yang mendekati.

Contoh Penggunaan VLOOKUP di Excel

Nah bagaimana contoh penggunaan VLOOKUP dengan tabel referensi diatas. Semisal kita akan mencari penjualan softex dan juga harga taro. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Penjualan Softex

Untuk penjualan softex jadi menggunakan rumus =VLOOKUP(softex/A12;tabel referensi/A1:C8;penjualan kolom 2;true/0). Jadi =VLOOKUP(A12;A1:C8;2;0) lalu tekan Enter

Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah

Harga Taro

Untuk menemukan harga taro, rumusnya tidak jauh berbeda dengan diatas. =VLOOKUP(taro/A15;tabel referensi/A1:C8;harga kolom 3;true/0) jadi =VLOOKUP(A15;A1:C8;3;0) lalu tekan Enter


 
Jika sudah maka hasilnya akan jadi seperti dibawah ini.

Penutup

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah uraian saya mengenai Fungsi Rumus VLOOKUP di Excel dan Contoh Penggunaannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard