Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja di Excel

Di program aplikasi Microsoft Excel ada banyak rumus yang bisa kita gunakan untuk mengolah data, salah satunya adalah rumus NETWORKDAYS. Jadi bagi anda yang mempunyai usaha dan mempekerjakan karyawan, rumus ini tentu saja akan sangat berguna untuk menghitung hari kerja juga untuk menghitung gaji karyawan anda berdasarkan jumlah hari kerja selama masa tertentu.

Jadi NETWORKDAYS adalah sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja di Microsoft Excel dan tidak termasuk akhir pekan maupun tanggal-tanggal yang ditentukan sebagai hari libur.

Untuk menggunakan rumus ini tidaklah susah. Anda tinggal memasukkan rumus

=NETWORKDAYS(start_date;end_date;[holidays])
Keterangan:

  • start_date: (wajib) tanggal mulai karyawan anda bekerja
  • end_date: (wajib) tanggal akhir karyawan anda bekerja
  • holidays: (opsional) hari libur, termasuk hari minggu (otomatis)

Nah bagaimana contoh penggunaan rumus NETWORKDAYS? Berikut penjelasannya.

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja di Excel

Semisal kita mempunyai data seperti dibawah ini


Jadi saya mempunyai data tanggal awalnya adalah tanggal 04/01/2021(A2) dan tanggal akhirnya adalah tanggal 29/05/2021 (B2). Di data tersebut juga terdapat beberapa hari yang merupakan hari libur dari kolom C2 sampai C5 (C2:C5). Nah bagaimana cara menjadi jumlah hari kerja dari tanggal 04/01/2021 sampai tanggal 29/05/2021?

Berikut langkah-langkahnya.

  • Untuk menghitung hari kerja, rumusnya adalah =NETWORKDAYS(start_date;end_date;[holidays]). Jadi dengan menggunakan data diatas, maka =Networkdays(A2;B2;C2:C5) lalu tekan Enter
  • Nah maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini

Jadi jumlah hari kerja dari tanggal awal sampai tanggal akhir adalah 102 hari kerja. Dengan demikian anda bisa memberikan gaji sesuai dengan berapa hari karyawan anda bekerja.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja di Excel menggunakan rumus NETWORKDAYS, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard