Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bot Telegram Untuk Translate Semua Bahasa

Telegram merupakan salah satu aplikasi serba bisa yang wajib diinstal di smartphone kamu. Selain digunakan untuk keperluar percakapan baik itu melalui telfon suara, video call maupun chatingan, telegram juga memiliki sebuah fitur yang dinamakan bot yang bisa melakukan berbagai macam aktifitas sesuai dengan keperluan kita.

Bot telegram atau robot telegram merupakan sebuah perangkat lunak dengan fitur AI yang diprogram untuk menjalankan serangkaian perintah yang diberikan oleh pengguna.

Di telegram, ada banyak sekali bot yang bisa kita gunakan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya adalah bot untuk menerjemahkan atau translate satu bahasa ke bahasa yang lain.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu lagi capek-capek untuk membuka kamus guna menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain. Hal ini tentu saja akan sangat menolong kamu ketika berhadapan dengan orang asing alias bule yang notabenenya mempunyai bahasa yang berbeda dengan kita.

Sebenarnya ada banyak sekali bot telegram yang bisa digunakan untuk mentranslate satu bahasa ke bahasa lain, namun menurut saya bot telegram yang paling keren dan lengkap masalah penerjemahan bahasa adalah @lang_translate_bot (Language Translator)

Keunggulan Bot Telegram lang_translate_bot (Language Translator)

Dibandingkan dengan bot penerjemah yang lain, bot telegram satu ini tentu saja memiliki berbagai macam keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah bot ini menyediakan lebih dari seratus bahasa yang ada di dunia yang bisa kita gunakan untuk menerjemahkan.

Disamping itu, kamu juga bisa mengatur dari mesin mana sumber terjemahan tersebut berasal misalnya dari google atau dari bing. Dua-duanya tentu memiliki keakuratan dalam hal terjemahan satu bahasa ke bahasa yang lain.

Kelemahan Bot Telegram lang_translate_bot (Language Translator)

Setiap bot pasti memiliki kelemahan apalagi jika bot tersebut berfungsi untuk menerjemahkan bahasa. Selama saya menggunakan bot ini, ada beberapa kelemahan yang saya temui misalnya kita harus teliti dalam memasukkan kata kedalam bot ini karna bot ini secara otomatis menganalisa kata dan memprediksi bahasa yang kita gunakan sebelum di terjemahkan. Misalnya saja ada satu kata yang mungkin sebenarnya biasa kita gunakan di Indonesia namun kata tersebut juga digunakan di negara lain maka secara otomatis bot tersebut akan memilih salah satu bahasa tersebut yang kemudian di terjemahkan ke bahasa yang dipilih. Hal tersebut berlaku hanya untuk kata saja, bukan kalimat. Untuk kalimat, bot ini pasti akan memprediksi dan menganalisa keseluruhan kalimat yang digunakan lalu menentukan bahwa bahasa tersebut berasal dari negara itu.

Disamping itu, kamu juga harus lebih teliti menganalisa kosa kata setelah menerjemahkan menggunakan bot ini karena ini merupakan mesin penerjemah otomatis maka pasti akan ada kosa kata yang keliru dan perlu untuk diperbaiki sebelum digunakan.

Cara Menggunakan Bot Telegram Untuk Menerjemahkan Bahasa 

Sebelum masuk kedalam cara penggunaannya, berikut ini beberapa perintah penting yang harus kamu ketahui dalam pengoperasian lang_translate_bot.

  • /start untuk memulai bot
  • /help untuk meminta bantuan kepada penggunaan bot
  • /set untuk mengatur ke bahasa mana kita akan menerjemahkan
  • /unset untuk menghapus pengaturan bahasa yang telah ditetapkan sebelumnya
  • /engine untuk memilih mesin mana yang akan dijadikan rujukan/sumber penerjemahan, apakah bing atau google

Nah bagaimana cara menerjemahkan bahasa menggunakan bot lang_translate_bot? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama silahkan cari lang_translate_bot atau Language Translator di kolom pencarian aplikasi Telegram lalu klik bot tersebut jika sudah didapatkan.

  • Jika sudah, silahkan klik Start atau ketik /start lalu kirim maka akan muncul pemberitahuan bahwa bot telah siap digunakan

  • Selanjutnya silahkan pilih ke bahasa mana kamu akan menerjemahkan dengan mengetik /set lalu kirim

  • Akan muncul beberapa bahasa yang bisa kamu gunakan untuk penerjemahan, pilih salah satu bahasa tersebut. Jika sudah maka akan muncul pemberitahuan Successfully set custom default language

  • Silahkan ketik kata atau kalimat yang akan kamu terjemahkan lalu kirim. Tunggu beberapa saat maka terjemahan tersebut akan muncul

Kumpulan Bot Telegram Untuk Translate Bahasa 

Selain bot telegram diatas, masih ada banyak bot yang bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa di telegram. Berikut ini beberapa bot lain yang ada di telegram untuk translate bahasa asing seperti @language_translater_bot, @translate_languages_to_fa_bot, @translate_language_bot dan sebagainya.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai Bot Telegram Untuk Translate Semua Bahasa. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu terutama bagi kamu yang sedang mencari cara menerjemahkan bahasa dengan cepat.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard