Bot Telegram Untuk Ubah Gambar Jadi Teks

Selamat datang di Blogger Toraja.

Tahu gak? Perkembangan teknologi sekarang ini semakin mempermudah hidup manusia. Mungkin awalnya jari kamu sampai keriting menyalin isi buku dengan cara mengetiknya di aplikasi pengolah dokumen seperti Microsoft Word, WordPad, dsb namun sekarang kamu tidak perlu repot-repot lagi dengan cara seperti itu.

Dengan perkembangan teknologi, kamu bisa mengubah foto menjadi text dengan teknologi OCR Text Scanner. Ada banyak aplikasi dan situs web yang menyediakan fitur ini untuk mengubah gambar jadi teks atau image to text dengan mudah, salah satunya adalah aplikasi Telegram.

Mungkin selama ini kita mengira bahwa Telegram hanya berfungsi untuk mengirim pesan berupa chat, video call, telpon suara ataupun membuat grup, namun sebenarnya fungsi Telegram lebih dari itu. 

Telegram mempunyai sebuah fitur yang sangat hebat namanya Bot dimana melalui fitur ini kita bisa melakukan banyak hal salah satunya adalah convert gambar menjadi tulisan dengan teknologi OCR.

Dan pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bot Telegram yang sangat berguna sekali untuk mengubah gambar jadi teks (text) dengan mudah dan cepat. Silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Bot Telegram OCR Bot: Ubah Gambar Jadi Teks

Di aplikasi Telegram, ada banyak sekali bot yang bisa kita gunakan untuk mengubah gambar menjadi teks atau tulisan dengan mudah. Namun setelah saya telusuri, ada beberapa bot yang sudah tidak bisa digunakan, ada juga yang masih bisa digunakan namun responnya sangat lambat sehingga membuat kita jenuh untuk menunggu.

Namun saya menemukan satu bot untuk konvert gambar jadi teks yang keren. Nama bot tersebut adalah OCR Bot - bacakubot. Bot ini memiliki username @bacakubot.

OCR Bot - bacakubot adalah bot Telegram yang bisa kita gunakan untuk mengubah gambar menjadi teks dengan mudah. Selain itu bot ini juga bisa kita gunakan untuk menerjemahkan hasil konversi tadi kedalam berbagai bahasa yang ada di dunia. Bot ini juga mampu membaca tulisan tangan dan juga mendeteksi berbagai macam bahasa yang ada pada gambar.

Menarik bukan? Jadi bot ini akan sangat berguna jika kita diberi tugas oleh guru untuk menerjemahkan tulisan yang ada di buku kedalam bahasa tertentu.

Perintah Di OCR Bot - bacakubot Convert Image to Text 

Di bot Telegram OCR Bot - bacakubot teradapat beberapa perintah yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengaturan-pengaturan dalam bot. Berikut beberapa perintah tersebut:

  • /start digunakan untuk memulai bot
  • /translation digunakan untuk mengubah bahasa pada teks yang diterjemahkan
  • /filter digunakan untuk menghapus kata tertentu dengan parameter kamu
  • /upgrade digunakan untuk mengupgrade bacakubot kamu.
  • /referral digunakan untuk mengundang orang agar mendapatkan koin gratis
  • /status digunakan untuk melihat status kamu

Cara Mengubah Gambar Jadi Teks Dengan Bot Telegram 

Menggunakan bot ini untuk mengubah gambar menjadi teks sangatlah mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Telegram
  • Di kolom pencarian, silahkan ketik username @bacakubot. Jika botnya sudah muncul silahkan di klik.
  • Untuk memulai bot, klik Start
  • Selanjutnya masukkan foto yang ingin kamu convert menjadi teks kedalam bot. Caranya klik icon clip paper samping kolom pesan sesudah itu pilih Galley. Cari foto di galeri lalu kirim.
  • Kemudian tunggu beberapa saat maka bot akan secara otomatis mengubah gambar kamu menjadi teks.

Catatan Penting Penggunaan Bot OCR Bot - bacakubot 

Waktu pertama kali menggunakan bot ini, kamu akan mendapatkan 3 koin yang bisa kamu gunakan sebanyak tiga kali untuk mengkonversi gambar. Jika semua koin sudah habis maka kamu tidak dapat mengkonversi gambar lagi. 

Kamu bisa mendapatkan koin dengan mengundang teman untuk menggunakan bot ini dengan perintah /referral atau bisa juga membayar 2 USD atau 20 ribu rupiah untuk mendapatkan 100 koin dan bisa digunakan selama 30 hari. Atau juga membayar 100.000 untuk mendapatkan 1000 koin untuk 30 hari.

Kenapa tidak gratis? Hal tersebut karena bot ini harus membayar ke cloud server setiap bulannya agar bisa tetap dioperasikan. Oleh karenanya kamu dapat membantu admin meringankan dengan cara membeli koinnya.

Adakah cara mengubah gambar jadi teks yang gratis di Android? Tentu saja ada! Kamu bisa membaca ulasannya dibawah ini.

Artikel Terkait: Cara Mengubah Gambar Jadi Teks di Android

Penutup 

Demikianlah artikel saya mengenai Bot Telegram Untuk Ubah Gambar Jadi Teks, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga