Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Gambar Jadi Teks di Android

Semakin berkembangnya teknologi, juga semakin dipermudahnya kehidupan manusia. Salah satu perkembangan yang paling dirasakan manfaatnya sekarang ini adalah munculnya ponsel pintar atau smartphone yang memudahkan kita bukan hanya dalam berkomunikasi, tetapi juga dalam berbagai aspek kehidupan.

Ada banyak fitur yang bisa mempermudah hidup kita pada smartphone khususnya android, salah satunya adalah ketika kita menginstal aplikasi yang bisa mengubah gambar menjadi teks hanya dalam hitungan detik.

Fitur ini tentu akan mempermudah hidup para siswa dan mahasiswa dalam mengerjakan tugas. Misalnya ketika ingin membuat makalah dan mengambil sebuah referensi dari buku, kamu tinggal jepret-jepret saja menggunakan kamera lalu mengkonversi gambar tersebut menjadi teks.

Jadi kamu tidak perlu lagi capek-capek ngetik panjang lebar atau minta teman mendikte lalu kamu mengetik yang membuat hidupmu jadi ribet, semua bisa kamu atasi hanya dalam satu genggaman alat dan dalam waktu yang singkat.

Nah pada pembahasan kali ini, saya akan memberikan cara mengubah gambar menjadi teks di Android. Disini saya akan membahas 3 cara dan kamu tinggal memilih mana yang paling simpel menurut kamu. Tapi kalau menurut saya, ketiga cara yang saya berikan ini tergolong simpel dan tidak ribet.

Mengubah Gambar Jadi Teks Menggunakan Bot Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi android yang memiliki fungsi serba guna. Selain digunakan untuk kebutuhan komunikasi, telegram juga bisa kita manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan seperti menonton video, menerjemahkan, mengunduh file, dsb.

Hal tersebut karena di aplikasi telegram, ada yang namanya bot. Bot ini memiliki banyak fungsi, kita tinggal mencari bot telegram yang sesuai dengan kebutuhan kita kemudian menggunakan bot tersebut.

Salah satu bot yang ada di aplikasi telegram adalah bot yang digunakan untuk mengubah gambar menjadi teks. Berikut ini langkah-langkah mengubah gambar menjadi teks di telegram menggunakan bot.

  • Pertama-tama silahkan download aplikasi telegram di Playstore
  • Jika sudah, silahkan masuk kedalam aplikasinya lalu di kolom pencaharian silahkan ketik OCR Bot - bacakubot. Klik bot yang muncul di pencaharian tersebut. 
  • Jika sudah masuk dalam halaman utamanya, klik Start untuk memulai
  • Untuk mengubah gambar menjadi teks silahkan klik tempat untuk memasukkan gambar
  • Lalu pilih gambar yang ingin kamu ubah menjadi teks (gambar yang akan diubah haruslah memiliki unsur teks didalamnya). Jika sudah silahkan masukkan
  • Jika gambar tersebut sudah ada dalam halaman utama, silahkan klik Translation maka gambar akan langsung diterjemahkan secara otomatis.
Catatan: bot ini hanya bisa kamu gunakan sebanyak lima kali dalam sehari. Lewat dari lima kali maka kamu akan diminta untuk mengupgrade botnya ke versi pro agar bisa digunakan sebanyak 100 kali.

Jika kamu tidak tertarik dengan cara yang pertama diatas, berikut ini cara kedua yang bisa kamu lakukan.

Mengubah Gambar Menjadi Teks Dengan Aplikasi Notebloc OCR

Notebloc OCR merupakan salah satu aplikasi android yang berfungsi untuk mengubah gambar menjadi teks dalam sekejap mata. Berbeda dengan bot telegram diatas, ketika menggunakan aplikasi ini kamu bebas menggunakannya sebanyak apapun tanpa ada limit/batasan ataupun harus membayar untuk bisa menggunakannya sesuka hati. Semuanya gratis tis tisssss.

Untuk ukuran aplikasipun tidaklah terlalu besar, hanya 13 MB saja. Aplikasi inipun telah didownload lebih dari 5 juta pengguna dan untuk reviewnyapun semuanya merasa puas menggunakannya.

Bagaimana cara mengubah gambar menjadi teks menggunakan aplikasi ini? Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama silahkan download dan instal terlebih dahulu aplikasi Notebloc OCR di playstore
  • Selanjutnya buka aplikasi Notebloc OCR
  • Untuk memasukkan gambar yang akan diubah jadi teks, terdapat dua opsi yakni memilih dari galeri atau menjepret objek menggunakan camera. Karena saya sudah punya gambar yang akan diubah menjadi teks maka saya memilih galeri.
  • Selanjutnya cari dan pilih gambar di galeri lalu klik OK
  • Seleksi gambar terlebih dahulu, hilankan bagian gambar yang tidak dibutuhkan. Jika sudah silahkan klik tanda centang (✔)
  • Kemudian pilih Dokumen lalu pilih tanda centang (✔) lagi
  • Untuk mengubah gambar jadi teks, silahkan klik OCR lalu tunggu beberapa saat sampai selesai memproses.
  • Kemudian gambar berhasil diubah menjadi teks. Silahkan salin teks tersebut untuk memindahkannya ke aplikasi catatan atau MS Word versi mobile untuk mengeditnya (jika diperlukan)
Dengan demikian gambarpun telah berhasil diubah menjadi teks menggunakan aplikasi Notebloc OCR. Ulangi langkah-langkah diatas kembali untuk gambar-gambar yang lainnya.

Jujur, aplikasi ini adalah aplikasi wajib yang ada di HP android saya karena sangat membantu dalam mengerjakan tugas kuliah.

Mengubah Gambar Jadi Teks dengan Situs Website OCR 2 Edit

Jika kamu tidak punya aplikasi telegram dan malas download aplikasi pengubah gambar jadi teks, mungkin ini bisa menjadi solusi bagi kamu. Kamu bisa menggunakan situs OCR 2 Edit untuk mengubah gambar menjadi teks.

Nantinya gambar yang awalnya dalam bentuk .jpg, .png, .pdf dan sebagainya akan di scan dan dikonversi menjadi teks dalam bentuk file .txt yang kemudian akan tersimpan ke perangkat kamu secara otomatis setelah dikonversi.

Berikut langkah-langkah mengubah gambar jadi teks menggunakan situs website:

  • Pertama silahkan buka aplikasi browser di HP kamu entah itu Google Chrome, Modzila Firefox, Operamini, dsb.
  • Selanjutnya silahkan buka situs OCR 2 Edit 
  • Jika sudah ada di halaman utama situs, silahkan klik Pilih File maka kamu akan diarahkan ke galeri secara otomatis
  • Kemudian pilih gambar yang hendak kamu konversi menjadi teks lalu klik tanda centang (✔)
  • Tunggu beberapa saat sampai file benar-benar terupload kedalam situs. Jika sudah silahkan klik Mulai 
  • Tunggu beberapa saat sampai file berhasil dikonversi. File tersebut nantinya akan terdownload secara otomatis dan tersimpan kedalam perangkatmu dalam bentuk .txt. Jika belum tersimpan, kamu bisa mendownload kembali file tersebut.
  • File yang telah dikonversi tadi akan berbentuk seperti ini.

Catatan: seperti yang kamu lihat diatas, sebelum memasukkan gambar kedalam situs untuk dikonversi ada baiknya kamu mengedit gambar tersebut dan memangkas bagian yang tidak dibutuhkan karena keseluruhan gambar akan dikonversi jadi teks tanpa terkecuali. Gambar yang saya gunakan diatas adalah hasil screen shoot dan belum saya edit sebelum dimasukkan kedalam situs dan semuanyapun ikut terkonversi.

Penutup

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi, situs maupun bot telegram yang bisa kamu gunakan untuk mengkonversi gambar jadi teks di android. Namun 3 hal yang saya paparkan diatas merupakan yang terbaik karena mudah untuk digunakan. Silahkan pilih cara mana yang menurut kamu paling simpel.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard