Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Buat dan Pindai Code QR di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pernahkah kamu membuka sebuah aplikasi kemudian menemukan sebuah gambar berbentuk kode di aplikasi tersebut? Ya, kode tersebut dinamakan kode QR.

Kode ini biasanya ditemukan di berbagai macam aplikasi-aplikasi digital pada smartphone seperti aplikasi chating, sosial media, layanan dan lain sebagainya.

Apa itu Kode QR?

Nah apa sebenarnya itu kode QR?

Kode QR merupakan sebuah akronim dari Quick Response Code yang merupakan hasil pergantian dari barcode atau kode batang. Kode batang ini tentu sudah biasa kita lihat bukan di produk-produk yang kita beli?

Kode QR biasanya memuat berbagai macam hal seperti harga produk, nama, alamat situs web, password dan lain sebagainya. Cara menggunakan kode QR di smartphone cukup mudah. Kamu tinggal memasang aplikasi QR Scanner di HP lalu arahkan pada kode QR tersebut maka aplikasi akan secara otomatis membaca kode QR dan kamu akan mendapatkan informasi dari kode tersebut.

Mungkin saat ini kamu sedang mencari informasi, bagaimana cara membuat kode QR dan bagaimana cara pindai kode QR?

Nah, salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat dan memindai kode QR adalah Telegram. Di Telegram terdapat bot yang bisa kita gunakan untuk membuat kode QR dan juga pindai kode QR.

Dan pada artikel ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara buat kode QR Telegram dan juga bagaimana cara pindai kode QR Telegram menggunakan bot. Jadi silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Bot Telegram Buat dan Pindai Kode QR

Di aplikasi Telegram sendiri sebenarnya ada banyak sekali bot yang bisa kita gunakan untuk membuat dan memindai kode QR. Salah satu bot tersebut adalah QRcoder. Kamu bisa menemukan bot ini dengan cara memasukkan username @QRcodegen_bot pada kolom pencarian.

Alasan saya merekomendasikan bot ini karena responnya sangat cepat. Jadi kita tidak perlu berlama-lama menunggu ketika ingin membuat kode QR ataupun melakukan scan pada kode QR untuk mendapatkan informasi.

Cara Buat Kode QR di Telegram Menggunakan Bot QRcode

Untuk membuat kode QR di Telegram menggunakan bot QRcoder, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Pada kolom pencarian, ketik username @QRcodegen_bot. Jika botnya sudah muncul, silahkan di klik
  • Klik Start untuk memulai bot
  • Untuk membuat kode QR, ketik teks, password, situs web, dan sebagainya lalu kirim
  • Tunggu beberapa saat maka kode QR kamu akan muncul
  • Simpan kode QR yang telah dibuat ke Galeri dan kode QR siap digunakan.

Cara Pindai Kode QR di Telegram Menggunakan Bot QRcoder 

Untuk cara memindai kode QR di Telegram menggunakan bot QRcoder, maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Selanjutnya cari bot Telegram dengan username @QRcodegen_bot. Jika bot sudah muncul silahkan di klik.
  • Untuk memulai bot, klik Start
  • Untuk pindai kode QR menggunakan bot QRcoder, klik icon bertentuk klip kertas lalu pilih Gallery
  • Pilih kode QR yang ingin dipindai pada galeri HP. Jika sudah dapat silahkan kirim.
  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai bot selesai memindai kode QR. Hasilnya akan ditampilkan langsung di halaman utama chat bot.

Kesimpulan

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan membuat dan memindai kode QR menggunakan bot Telegram? Ya, hanya dengan satu aplikasi ini kamu bisa melalukan berbagai macam hal seperti membuat dan pindai kode QR.

Jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot download dan instal aplikasi tambahan lagi di playstore untuk melakukan tugas ini.

Demikianlah pokok pembahasan saya mengenai Cara Membuat dan Pindai Code QR di Telegram. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard