Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

2 Cara Meringkas Dokumen di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai pelajar atau mahasiswa, seringkali kita mengerjakan tugas dalam sebuah dokumen Microsoft Word dan biasanya tugas yang kita buat tersebut dirasa terlalu banyak padahal dosen hanya memberi batasan misalnya hanya 2 halaman saja misalnya.

Mau tidak mau kita harus meringkas kembali dokumen yang telah kita buat tersebut agar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Padahal isi dalam tugas yang dibuat tersebut dirasa penting semua.

Bukan hanya itu saja, selama masa pandemi ini dosen sering meminta kita untuk meringkas materi maupun buku. Buku tersebut biasanya dalam bentuk ebook.

Nah daripada capek-capek meringkas, mending kamu menggunakan fitur meringkas secara otomatis di Microsoft Word. Fitur ini memungkinkan kita untuk meringkas dokumen dengan cepat dan juga mudah.

Namun sayangnya, dokumen yang bisa diringkas dengan fitur ini hanyalah dokumen dalam bentuk bahasa Inggris. Terus bagaimana dengan dokumen dalam bentuk bahasa Indonesia?

Kamu tenang saja. Fitur membuat ringkasan ini masih bisa kamu gunakan kok walaupun dokumen kamu dalam bentuk bahasa Indonesia namun ada beberapa pengaturan pada MS Word yang harus kamu sesuaikan terlebih dahulu. 

Selain fitur meringkas Otomatis yang terisedia di Word, saya juga akan membagikan cara meringkas dokumen Word secara online. Barangkali saja nantinya kamu kurang menyukai ringkasan di Word jadi kamu bisa menggunakan alternatif tersebut. Fitur meringkas ini juga hanya tersedia di MS Word 2007 saja jadi untuk versi lain seperti 2010 maupun 2013 tidak tersedia. Jadi kamu bisa menggunakan alternatif kedua nantinya.

Cara Membuat Ringkasan Dokumen di Microsoft Word 2007

Untuk membuat ringkasan dokumen di Microsoft Word 2007, kamu memerlukan sebuah tool yang namanya AutoSummary. Tool ini memang tidak tersedia di Menu dan harus dimunculkan terlebih dahulu ke Quick Access Toolbar untuk bisa digunakan. Berikut ini cara memunculkan AutoSummary di Microsoft Word.

1. Cara Memunculkan AutoSummary di Microsoft Word 2007

Untuk memunculkan fitur AutoSummary di Microsoft Word 2007, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi MS Word
  • Silahkan ke menu Office Button lalu pilih Word Options

  • Di jendela Word Options, silahkan ke (1) bagian Customize dan  (2) di bagian Choose Commands From pilih All Commands. Selanjutnya (3) cari AutoSummary Tools lalu klik (4) Add sampai toolsnya berpindah ke kolom (5) Customize Quick Access Toolbar. Jika sudah, (6) klik OK
  • Dengan demikian, toolsnya akan muncul di bagian Quick Access Toolbar dan siap digunakan.

2. Cara Agar AutoSummary Bisa Digunakan Untuk Dokumen Bahasa Indonesia

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi bahwa tolls ini hanya bisa digunakan untuk meringkas dokumen dalam bentuk bahasa Inggris saja. Untuk bisa digunakan meringkas dokumen bahasa Indonesia di Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Block seluruh teks yang akan diringkas. Bisa juga menekan Ctrl+A
  • Silahkan ke ribbon menu Review lalu pilih Set Language
  • Jika jendela Language sudah muncul, silahkan atur bahasanya ke English (United States) lalu klik OK


Nah dengan demikian, tools AutoSummary bisa kita gukana untuk meringkas tulisan dalam bahasa Indonesia.

3. Cara Meringkas Dokumen di Word Dengan AutoSummary

Jika semuanya sudah disetting, maka selanjutnya adalah menggunakan tools AutoSummary untuk meringkas dokument di Word. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Blok semua tulisan/teks yang akan diringkas di halaman kerja MS Word
  • Kemudian ke Quick Access Toolbar lalu pilih icon AutoSummaryAuto Summarize
  • Jika jendela AutoSummarize sudah terbuka maka ada beberapa jenis ringkasan (Type of summary) yang bisa kamu gunakan seperti:
    1. Highlight key point digunakan untuk meringkas dokumen dengan cara menandai poin-poin penting yang ada pada dokumen dengan warna kuning
    2. Create a new document and put the summary there digunakan untuk membuat ringkasan dokumen pada lembar kerja baru MS Word
    3. Insert an executive summary of abstract at the top of the document digunakan untuk meringkas tulisan dan menempatkan ringkasannya di bagian atas dokumen
    4. Hide everything but the summary without leaving the original document digunakan untuk menampilkan hanya meringkas dokumen saja sedangkan teks aslinya akan dihapus.
  • Kemudian pada bagian Length of summary, kamu bisa menentukan berapa persen ringkasannya ( 10%, 25%), jumlah kalimatnya (10 & 20 sentences) dan jumlah katanya (100 & 500 words or less). 

  • Tentukan bagaimana jenis ringkasanmu. Jika sudah, klik OK untuk menyimpan maka ringkasan akan dibuat.

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan membuat ringkasan menggunakan tools AutoSummary ini? Jika kamu tidak suka dengan hasil ringkasan otomatis aplikasi Microsoft Word maka kamu bisa mengikuti cara yang kedua berikut.

Cara Meringkas Dokumen Secara Online

Jika dokumen kamu dalam bentuk Microsoft Word 2010, 2013 dan 2016 sehingga tidak bisa menggunakan fitur AutoSummary diatas atau kamu tidak suka dengan hasil ringkasan fitur AutoSummary? Kamu bisa menggunakan cara yang kedua ini yakni meringkas secara online dengan situs website.

Nah bagaimana cara membuat ringkasan dokumen word secara online? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka dokumen Word yang hendak kamu ringkas kemudian copy dokumen tersebut
  • Kemudian buka situs web Resoomer
  • Jika situs webnya sudah terbuka, silahkan tempelkan/paste (Ctrl+V) tulisan yang telah kamu copy tadi kolom yang telah disediakan. Bukan hanya dalam bentuk teks, kamu bisa bisa mengirimkan link/url jika kamu ingin membuat ringkasan materi dari salah satu situs web.
  • Selanjutnya klik Resoomer untuk mulai membuat ringkasan secara otomatis dan tunggu beberapa saat sampai tulisan tersebut berhasil di ringkas
  • Terakhir, kamu bisa meyimpan hasil ringkasan tersebut dalam bentuk file .pdf atau .doc (Word).

Kesimpulan

Kedua cara yang saya paparkan diatas mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing, tergantung kamu mau menggunakan cara yang mana apakah cara yang pertama atau kedua.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Ringkasan Dokumen di Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat membantu, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard