Cara Merapikan Daftar Pustaka di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah daftar pustaka atau dafpus apalagi jika kamu adalah seorang mahasiswa. Ketika kita membuat sebuah tugas karya ilmiah entah itu makalah, skripsi, tesis dan lain sebagainya, salah satu unsur yang wajib dicantumkan adalah daftar pustaka.

Apa itu daftar pustaka? Daftar pustaka adalah sekumpulan daftar referensi yang dicantumkan pada karya ilmiah entah itu buku, jurnal, artikel surat kabar atau majalah, artikel dari internet, kamus, ensiklopedia dan lain sebagainya.

Dalam membuat daftar pustaka, tentu ada aturan-aturan penulisan yang harus kita ikuti agar dafpus yang kita buat bisa sesuai dengan yang seharusnya dan juga terlihat rapi.

Untuk itu, pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai cara merapikan daftar pustaka yang dibuat di Microsoft Word, mengingat aplikasi Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah dokumen yang sering kita gunakan untuk membuat karya ilmiah.

Artikel Terkait: Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis di Word

Nah dalam merapikan daftar pustaka di Word, ada 5 hal yang perlu kita perhatikan yakni:

  1. Font
  2. Urutan
  3. Margin
  4. Spasi
  5. Hanging Indent

1. Cara Mengatur Font Daftar Pustaka di Word 

Dalam membuat karya ilmiah termasuk didalamnya memuat tentang daftar pustaka, tentu ada aturan penulisan seperti font apa yang digunakan dan berapa ukuran fontnya.

Secara umum, font atau huruf yang digunakan untuk daftar pustaka adalah Times New Roman dan untuk kuran font adalah 12.

Untuk mengatur font dan ukuran font daftar pustaka di Microsoft Word sangatlah mudah. Kamu tinggal blok seluruh daftar pustaka kemudian ke ribbon menu Home lalu ke grup Font. Nah disitu kamu bisa menyesuaikan font dan juga ukuran font daftar pustaka. 

2. Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Secara Otomatis di Word

Dalam membuat daftar pustaka, kita juga harus memperhatikan urutan daftar pustaka. Usahakan daftar pustaka yang kita buat terurut sesuai dengan abjad A sampai Z. 

Biasanya ketika kita menulis daftar pustaka di Word, kita sembarangan saja menulis daftar pustakanya sehingga abjadnya tidak berurutan. Daripada harus merapikannya secara manual atau mengedit satu persatu agar sesuai abjad, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini agar terurut secara otomatis.

  • Pertama, block semua daftar pustaka
  • Kemudian ke ribbon menu Home lalu ke grup Paragraph pilih Sort (icon AZ)
  • Akan muncul jendela Sort Teks. Silahkan atur terlebih dahulu di Sort By pilih Paragraph, Type pilih Text, dan juga pilih Ascending.
  • Jika sudah klik OK untuk menyimpan pengaturan dan daftar pustaka akan terurut secara otomatis.

3. Cara mengatur Margin Daftar Pustaka di Word

Karena daftar pustaka merupakan salah satu bagian dari karya ilmiah maka marginnya secara otomatis akan mengikuti ukuran margin karya ilmiah yang kita buat seperti Margin atas 4 cm, margin kiri 4 cm, margin kanan 3 cm, margin bawah 3 cm.

Untuk mengatur margin 4433 di Microsoft Word, kamu bisa membacanya di artikel saya sebelumnya.

Artikel Terkait: Cara Mengatur Margin 4433 di Microsoft Word

4. Cara mengatur Spasi Daftar Pustaka di Word

Untuk spasi daftar pustaka biasanya kita menggunakan 1 spasi untuk setiap entri dan untuk perpindahan entri biasanya kita menggunakan spasi 1,5 atau spasi 2,0. Tapi untuk spasi standar karya ilmiah seperti skripsi, kita menggunakan spasi 2,0. 

Untuk mengatur spasi daftar pustaka, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, blok semua daftar pustaka
  • Selanjutnya ke menu Home lalu ke grup Paragraph dan pilih Line Spacing
  • Kemudian atur spasi paragraf dengan memilih spasi 1,5 atau 2,0
  • Jika sudah maka spasi daftar pustaka akan berubah secara otomatis.

5. Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok (Hanging Indent) di Word

Salah satu hal penting yang wajin diperhatikan ketika membuat daftar pustaka adalah adanya teks yang menjorok kedalam. Teks yang menjorok tersebut biasanya berada di baris kedua dan seterusnya. Teks yang menjorok tersebut disebut Hanging Indent.

Untuk ukuran Hanging Indent yang standar dan biasa digunakan dalam penulisan adalah stengah inchi atau sama dengan 1,27 cm.

Nah bagaimana cara mengatur Hanging Indent di Microsoft Word? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, blok seluruh daftar pustaka.
  • Selanjutnya klik kanan pada mouse lalu pilih Paragraph
  • Selanjutnya jendela Paragraph akan muncul. Silahkan atur seperti dibawah ini:
    1. Before text: 0 cm
    2. After text: 0 cm
    3. Special: Hanging
    4. By: 1,27 cm
    5. Line Spacing: Single
  • Jika sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan 

  •  Maka hasilnyapun akan tampil seperti dibawah ini.

  • Namun jika aturan penulisan di kampusmu mengharuskan adanya spasi antara satu referensi ke referensi yang lain maka pada Spacing bagian After ubah dari 0 menjadi 12 lalu klik OK (perhatikan gambar dibawah)

  • Maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Dari kedua model Hanging Indent diatas, kamu bisa memilih salah satunya karena aturan penulisan di tiap kampus biasanya berbeda satu dengan yang lain.

Kesimpulan

Sebenarnya mungkin masih banyak pengaturan-pengaturan dalam merapikan daftar pustaka di Microsoft Word yang belum saya muat dalam pembahasan ini namun setidaknya kelima hal diatas yang paling sering diatur dalam membuat daftar pustaka.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Merapikan Daftar Pustaka di Microsoft Word, semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih.

Baca juga