Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Mengatur Margin 4433 di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bagi seorang mahasiswa, membuat karya tulis ilmiah merupakan salah satu tugas yang wajib untuk dikerjakan. Karya ilmiah tersebut biasanya berupa makalah, paper, skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagainya.

Dalam penulisan karya ilmiah, terdapat aturan penulisan dimana kita harus menyesuaikan tampilan pada karya ilmiah sebelum dicetak, misalnya font yang digunakan, ukuran huruf, jenis kertas, margin dan lain sebagainya.

Nah salah satu aturan yang tak kalah penting yang harus disesuaikan dalam membuat suatu karya ilmiah adalah menyesuaikan marginnya. 

Apa itu margin di Microsoft Word?

Margin adalah suatu garis atau area kosong yang berada di tepi kertas pada dokumen atau lembar kerja yang teletak di bagian atas, bawah, kanan dan juga kiri. Pada pembuatan karya ilmiah, ada sudah standar khusus yang ditetapkan untuk ukuran margin yakni 4433.

Apa yang dimaksud margin 4433? Margin 4433 artinya pada kertas/dokumen bagian atas haruslah 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3cm dan bagian bawah 3 cm.

Nah bagaimana cara mengatur margin 4433 di Microsoft Word? Kamu bisa mengaturnya dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

Catatan: pembahasan kali ini, saya menggunakan Microsoft Word 2007 namun cara ini juga berlaku bagi Microsoft Word 2010, 2013, 2016, dan sebagainya.

Cara Atur Margin 4433 di Microsoft Word

Sebelum masuk kedalam langkah-langkah untuk mengatur margin di Microsoft Word, biasanya satuan yang digunakan di word berbeda-beda. Ada yang menggunakan satuan CM namun dibeberapa perangkat ada juga yang menggunakan satuan inchi.

Untuk satuan CM, kita sudah pasti menggunakan 4433, namun jika aplikasi MS Word kamu dalam satuan inchi, kamu bisa menggunakan 1,58 inci untuk 4 CM dan 1,18 untuk 3 CM.

Atau kamu juga bisa mengubah satuan tersebut dari inchi ke CM dengan mengklik link dibawah ini.

Artikel Terkait: Cara Mengubah Satuan Inchi ke CM di Microsoft Word

Untuk mengatur margin di Microsoft Word untuk karya ilmiah, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word
  • Selanjutnya ke Menu Page Layout lalu pilih Margin > Custom Margins...
  • Kemudian jendela Page Setup akan muncul, silahkan sesuaikan marginnya. Misalnya untuk:
    1. Top: 4 cm
    2. Left: 4 cm
    3. Bottom: 3 cm
    4. Right: 3 cm
  • Jika sudah, klik OK. Maka margin untuk kertas pada dokumen word kamu secara otomatis akan berubah menjadi 4433.

Itu jika satuannya dalam bentuk CM. Nah untuk kamu yang satuan Microsoft Wordnya dalam bentuk Inchi, tampilan pengaturannya seperti dibawah ini.

  1. Top: 1,58 inchi
  2. Left: 1,58 inchi
  3. Bottom: 1,18 inchi
  4. Right: 1,18 inchi

Kesimpulan

Dalam pembuatan sebuah karya ilmiah, sangat penting untuk memperhatikan pengaturan margin. Gunakanlah pengaturan mergin standar agar karya tulis ilmiah kamu bagus dan juga sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengatur Margin 4433 di Microsoft Word, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard