Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Chat Dosen yang Baik Dengan Bantuan Bot Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Di masa pandemi sekarang ini, kita diwajibkan untuk belajar dari Rumah dengan sistem daring. Oleh karena itu segala aktifitas perkuliahan harus dilakukan secara online mulai dari kuliah online, seminar online, kumpul tugas online, konsultasi dan bimbingan skripsi online dan lain sebagainya.

Karena hal tersebutlah banyak mahasiswa yang terkadang sungkan untuk menghubungi dosen yang berakibat terhadap nilai mereka menjadi anjlok entah itu karena tidak enak, takut mengganggu, chatnya nanti dikira tidak sopan dan sebagainya. Belum lagi kalau chat kita tidak dibalas dan hanya di read saja, auto kepikiran kan jangan sampai isi chat kita membuat sang dosen tersinggung.

Memang dalam menghubungi dosen kita juga harus beretika misalnya jangan menghubungi dosen ketika sudah larut malam (jam istirahat), isi chat harus sopan, isi chat harus to the point dan tidak membingungkan dan masih banyak lagi etika dalam menghubungi dosen. 

Memang harus ya? Yah sebenarnya harus sih karena kita yang butuh kan? Misalnya kita hendak bimbingan skripsi, mau kumpul tugas, bimbingan KRS, ya otomatis kita yang butuh dosen. Ditambah lagi dosen adalah orang tua kita dikampus dan setidaknya kita harus menghargai mereka sebagai seorang yang berpendidikan.

Nah jika kamu bingung merangkai kata-kata dalam menghubungi dosen, tenang kami punya solusinya. Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah bot Telegram yang mungkin berguna untuk kamu mahasiswa dalam menghubungi dosen. Jadi kamu tidak perlu lagi khuatir jika pesan kamu tidak sopan atau pesannya tidak tersampaikan karena dengan bantuan bot ini kamu bisa menghubungi dosen dengan baik dan benar plus langsung to the point.

Nama Bot Telegram Chat Dosen

Mungkin kamu penasaran apa nama bot Telegram yang bisa membantu kita merangkai kata-kata dalam menghubungi dosen melalui pesan chat agar sopan? Jadi nama botnya adalah Bot Chat Dosen.

Bot ini memiliki beberapa fitur untuk merangkai kata dalam menghubungi dosen seperti:

  • Custom: fitur ini digunakan untuk menghubungi dosen mengenai hal-hal yang bersifat umum seperti ingin mengundang dosen, ingin bercerita dengan dosen, ingin bertamu ke rumah dosen diluar kegiatan kampus, bertanya ke dosen dan lain-lain. Intinya fitur ini untuk membuat pesan custom.
  • Ingat: Fitur ini digunakan untuk mengingatkan dosen jika ada mata kuliahnya di kelas kita pada waktu yang telah ditentukan. Disamping itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk pengingat ngumpulin tugas.
  • Sakit: Jika kamu sedang tidak enak badan dan berencana untuk tidak masuk kuliah, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk meminta ijin tidak masuk kuliah karena sakit.
  • Skripsi: setiap mahasiswa pasti akan sampai pada tahap pengerjaan skripsi dan tentu dalam membuat skripsi kita harus konsul pada dosen. Nah untuk menghubungi dosen dalam rangka konsultasi, bimbingan dan revisi, silahkan gunakan fitur ini.

Untuk saat ini hanya 4 fitur itu yang tersedia di Bot Chat Dosen namun bot ini masih dalam tahap pengembangan yang artinya kamu bisa request ke admin untuk menambahkan fitur sehubungan dengan etika dalam menghubungi dosen.

Username dan Link Bot Telegram Chat Dosen

Untuk menemukan bot chat dosen ini di aplikasi Telegram, biasanya kita menggunakan nama bot saja. Namun terkadang kueri yang muncul banyak sehingga kita pusing yang mana bot aslinya. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan username dan link untuk mencari botnya secara akurat.

Jadi username bot Telegram chat dosen adalah @ChatDosenBot dan untuk linknya: https://t.me/ChatDosenBot.

Cara Menggunakan Bot Telegram Chat Untuk Menghubungi Dosen

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa bot ini hanyalah alat bantu jadi kita tinggal masukkan data-data kita seperti nama, kelas, prodi, angkatan, kelas, dan lain-lain dengan format yang telah ditentukan dan ketika selesai dikirim botnya akan memunculkan pesan teks yang dapat kita teruskan ke dosen. 

Mengenai langkah-langkah cara menggunakan bot Telegram chat dosen bisa kamu ikuti dibawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Lalu ke kolom pencarian dan masukan nama bot atau username bot. Jika botnya sudah muncul, silahkan di klik. Atau kamu juga bisa klik link bot yang sudah saya cantumkan diatas dan kamu akan diarahkan langsung ke botnya.
  • Untuk memulai bot, klik Start.
  • Selanjutnya akan muncul perintah, fitur dan format yang bisa kamu ikuti untuk menjalankan bot.

  • Silahkan ketik data-datamu dengan mengikutsertakan perintah, format dan data-datamu lalu kirim. Sebagai contoh disini saya ingin konsul skripsi ke dosen dan formatnya seperti pada gambar dibawah. Dan jika sudah pesan akan muncul di chatroom dan bisa kamu salin untuk diteruskan ke dosen.

Nah bagaimana keren bukan botnya? Selain itu juga sangat membantu kita mahasiswa ketika kita kurang fasih merangkai kata-kata untuk dikirimkan ke dosen

Demikianlah pembahasan saya mengenai Bot Telegram Chat Dosen untuk Chat Dosen yang Baik dan Benar. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard