2 Cara Menghapus Background Video di Capcut

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Capcut merupakan salah satu aplikasi editing video terbaik di android saat ini. Di aplikasi Capcut terdapat banyak sekali tools dan fitur yang bisa kita gunakan untuk mengedit video dengan rapi dan juga keren.

Setiap kali pembaharuan, Capcut pasti akan menambahkan fitur-fitur baru yang sangat berguna dan sangat dibutuhkan selama proses editing video dan pembaharuan baru-baru ini Capcut menambahkan fitur hapus background dengan cepat dan otomatis.

Fitur ini tentu saja akan sangat berguna apalagi jika kamu ingin membuat video polos tanpa latar dan hanya menggunakan green screen saja. 

Nah pada pembahasan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai 2 cara yang bisa kamu lankukan untuk menghilangkan background video di aplikasi Capcut android. Jadi silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Cara Menghapus Background Video di Capcut

Jadi di aplikasi capcut, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus Background video secara otomatis dan juga cepat tanpa harus menyeleksi objeknya satu per satu kemudian membuang latar belakangnya. Berikut dua cara tersebut:

1. Menghilangkan Background Video Dengan Fitur Hapus Latar Belakang

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan background video di Capcut adalah menggunakan fitur hapus latar belakang. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur tersebut:

  • Pertama, buka aplikasi Capcut android atau IOS
  • Kemudian buat Proyek Baru (+) dan tambahkan video yang akan kamu hapus backgroundnya dari galeri ke aplikasi
  • Jika videonya sudah ada dalam halaman pengeditan, klik video tersebut lalu pilih menu Hapus Latar Belakang
  • Jika sudah maka proses penghapusan latar akan berlangsung dan lamanya tergantung durasi video. Jika sudah maka video akan ditampilkan hanya menggunakan background warna hitam saja.

Ketika kamu sudah menghapus backgroud video bukan berarti backgroundnya default menjadi warna hitam, tidak. Video yang telah dihapus backgroundnya akan menjadi transparan dan ketika digunakan  maka hanya objek dalam video saja yang akan tampil.

Fitur ini paling tepat digunakan untuk menghapus background video dengan objek orang atau benda. Dan jika objeknya jauh dan kecil sehingga menyatu dengan background maka otomatis akan terhapus semua dan jadi warna hitam

2. Menghapus Background Video Menggunakan Fitur Kunci Kroma

Fitur selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghapus background Video di aplikasi Capcut adalah Kunci Kroma atau Chroma Key. Fitur ini sebenarnya bagus sekali digunakan untuk menghapus background pada video dengan warna tertentu atau yang dikenal dengan green screen. Berikut cara menggunakan fiturnya:

  • Pertama buka aplikasi Capcut di android atau IOS
  • Lalu buat Proyek Baru (+) dan masukan video ke aplikasi dari galeri kamu yang akan dihapus latar belakangnya
  • Jika video sudah ada dalam halaman pengeditan, klik video tersebut lalu pilih Kunci Kroma
  • Di fitur Kunci Kroma terdapat beberapa icon yang digunakan untuk menghapus latar video seperti:
    • Pemilihan warna: untuk memilih warna apa yang akan dihilangkan pada video
    • Intensitas: untuk mengatur intensitas ketajaman penghapusan background
    • Bayangan: untuk mengatur bayangan video
  • Silahkan atur ketiga fitur tersebut sampai latarnya benar-benar terhapus berdasarkan warna yang dipilih, jika sudah klik icon ✔

  • Dengan demikian video kamu telah dihapus backgroundnya

Kenapa Fitur Hapus Latar Belakang Tidak ada di Capcut dan Chroma Key Tidak Bisa Digunakan? 

Mungkin ada diantara kamu ketika menggunakan aplikasi Capcut bertanya-tanya: Kenapa fitur Hapus Latar Belakang tidak ada di Capcut? Kenapa fitur Chroma Key tidak bisa digunakan? Jawabannya sangat sederhana, kamu belum mengupdate aplikasimu ke versi terbarunya.

Jadi untuk bisa menikmati fitur ini, updatelah terlebih dahulu Capcut ke versi terbaru melalui Playstore, App Store, Apk Pure, App Gallery dan tempat download aplikasi terpercaya di HP kamu. Jika Appnya sudah diupdate maka yakinlah fiturnya akan langsung ada dan bisa digunakan. Jika belum bisa, hapus aplikasinya terlebih dahulu kemudian download ulang dan instal ke HP kamu.

Kesimpulan dan Penutup

Nah bagaimana? Mudah bukan cara menghapus background video di android menggunakan Capcut? Langsung saja dipraktekkan yah guys. Dan jika kamu ada pertanyaan seputar artikel ini, langsung saja tuangkan di kolom komentar.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu, terima kasih.

Baca juga