Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Translate Buku (Ebook) Online Dengan Cepat

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, tentu membutuhkan buku sebagai referensi entah itu dalam perkuliahan, membuat tugas makalah, skripsi, tesis, disertasi, dan lain-lain. Namun pada beberapa mata kuliah biasanya buku yang tersedia sangat sedikit sehingga kita harus putar otak dan mencari referensi buku-buku bahasa Inggris, bahasa Belanda, maupun buku-buku dari negara lain untuk menunjang studi kita dalam bentuk ebook.

Ada banyak sekali aplikasi maupun situs-situs di internet yang menjual ebook legal maupun ilegal. Nah yang ilegal sih biasanya kita hanya perlu mendownloadnya secara gratis alias tidak bayar dan langsung bisa kita baca dalam bentuk pdf ataupun .doc.

Bagi beberapa orang yang terkendala masalah bahasa khususnya Inggris pasti akan mencari cara menerjemahkan buku tersebut. Bagaimana kita bisa tahu isinya kalau tidak diterjemahkan terlebih dahulu bukan? 

Oleh karena itu pada pembahasan ini Blogger Toraja akan memberikan cara menerjemahkan (translate) buku dalam bentuk ebook secara online dan juga cepat. Yah tidak sampai 30 menit lah yah buku kamu misalya dalam bahasa Inggris semuanya akan diterjemahkan langsung ke bahasa Indonesia. Dan pastinya ini akan sangat menolong terutama jika kamu sangat membutuhkan buku tersebut tapi tidak tahu berbahasa asing.

Situs Webite Translate Buku Bahasa Inggris ke Indonesia Online

Untuk menerjemahkan buku, jurnal, makalah, paper bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara online dan juga cepat, kamu bisa menggunakan situs-situs penerjemah tapi saya lebih merekomendasikan kamu menggunakan google translate maupun yandex translate.

Menurut saya kedua situs ini sangat bagus dan hasil terjemahannyapun juga memuaskan dan dapat dimengerti. Disamping itu kamu tidak perlu mengcopy paste satu per satu isi buku kemudian menempelkannya kedalam situs namun bisa langsung mengupload file buku ebook dalam bentuk format file .pdf, .doc, .docs, .xls, .xlsx, .ppt, maupun .pptx.

Wah keren yah semua jenis format file buku disupport semua? Iya donk bisa semua mulai dari word, excel, powerpoint, dan juga pdf.

Disamping itu, situs resmi google dan yandex ini support segala macam bahasa di dunia jadi misalkan ada buku-buku dengan bahasa dari negara lain bisa langsung kamu terjemahkan dengan cepat begitupun sebaliknya bahasa Indonesia ke bahasa-bahasa asing.

Cara Translate Buku Ebook Secara Online dan Cepat

Berhubung karena pembahasan saya mengenai trik cara menerjemahkan ebook secara online maka saya hanya akan menggunakan dua situs yang sudah saya paparkan diatas yakni google translate dan yandex translate. Dan disini buku yang saya gunakan adalah buku bahasa Inggris dan akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Bukunya dalam bentuk format file .pdf.

1. Cara Menerjemahkan Satu Buku Ebook Menggunakan Google Translate

Untuk menerjemahkan satu buku (ebook) full secara online menggunakan google translate sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka browser kamu (Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Mini, etc) lalu di kolom pencariannya kalian ketik Google Translate lalu cari. Kemudian pilih situs yang paling pertama.

  • Jika sudah berada dalam situsnya, klik Dokumen lalu tentukan bahasa translatenya. Misalnya kamu ingin menerjemahkan buku bahasa Inggris ke Indonesia jadi di sebelah kiri itu pilih Inggris dan sebelah kanan pilih Indonesia

  • Kemudian pilih Jelajahi Komputer lalu pilih file dalam folder kamu. Jika sudah klik Open

  • Jika filenya sudah ada dalam situs, klik Terjemahkan untuk mulai menerjemahkan buku dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

  • Dan jika sudah maka hasilnya akan langsung muncul dan bisa kamu baca.

Situs translate milik google ini hanya bisa menerjemahkan file dengan ukuran maksimal 10 MB saja jadi jika kamu punya buku, jurnal, makalah, dsb lebih dari 10 MB dan ingin menerjemahkannya maka kompres dulu ukurannya kurang dari 10 MB. Ada banyak sekali situs-situs kompres ukuran file di internet yang bisa kamu gunakan secara gratis.

2. Cara Menerjemahkan Buku Ebook Menggunakan Yandex Translate

Nah cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan buku dalam bentuk file adalah Search Engine Yandex. Jadi Yandex juga punya fitur translate dan yah cara kerjanya hampir sama sih dengan google translate. Berikut cara menggunakannya:

  • Pertama, masuk ke yandex translate dengan mengklik link berikut: Yandex Translate
  • Kemudian tentukan dulu bahasa penerjemahannya. Misalnya Indonesia ke Inggris jadi di sebelah kiri pilih Indonesian dan sebelah kanan English
  • Selnjutnya klik Upload lalu pilih file dalam folder kamu. Jika sudah, klik Open untuk memasukkan file kedalam situs

  • Jika sudah maka situs akan langsung menerjemahkan bukumu dan hasilnya akan langsung ditampilkan pada situs dan filenya bisa kamu download.

Untuk Yandex Translate, maksimal ukuran file yang bisa kamu upload adalah 5 MB saja jadi diatas ukuran tersebut maka bukunya tidak bisa diterjemahkan.

Kesimpulan dan Penutup

Jika kita mau membandingkan kedua situs translate ini sebenarnya Yandexlah yang mempunyai banyak sekali fitur pada mesin translatenya. Misalnya kamu bisa menerjemahkan dari situs website, menerjemahkan gambar, dokumen dan file yang sudah diterjemahkanpun bisa di download. Tapi kalau di aplikasi google translate semua fitur ini telah tersedia. 

Dan kelemahannya berada pada ukuran file yang bisa ditranslate. Untuk Google translate maksimal 10 MB sedangkan Yandex 5 MB saja.

Yah itu semua tergantung kamu sih mana situs yang akan kamu gunakan untuk menerjemahkan bukumu.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Translate Buku (Ebook) Online Dengan Cepat, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard