Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Grup Telegram PKN, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat terbaik menurut saya. Selain digunakan untuk chatingan, Telegram juga memiliki manfaat lainnya yakni bisa digunakan untuk belajar, menjawab soal ataupun berdiskusi dengan orang lain seputar pelajaran di sekolah khususnya untuk SMP dan SMA.

Hal tersebut dikarenakan di aplikasi Telegram ada banyak sekali bot, grup maupun channel yang bermanfaat untuk pelajar yang akan membantu kamu jikalau ada kendala di mata pelajaran yang kamu ikuti.

Nah pada pembahasan kali ini, saya akan merekomendasikan beberapa grup Telegram yang sangat bermanfaat bagi pelajar seputar ilmu-ilmu sosial seperti PKN, Ekonomi, Akuntansi, Sosisologi, Antropologi, Sejarah, Geografi dan lain sebagainya.

Melalui grup tersebut kamu bisa menanyakan atau berdiskusi dengan penghuni grup seputar ilmu-ilmu sosial SMP dan SMA yang sudah saya paparkan diatas. Misalnya saja tugas-tugas, latihan, ulangan dan soal-soal ujian.

Grup Telegram PKN, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah SMP dan SMA 

Berikut ini beberapa rekomendasi grup, channel dan bot Telegram mata pelajaran PKN, Ekonomi, Sosiologi dan Sejarah khusus SMP dan SMA untuk belajar, diskusi maupun menjawab soal-soal.

1. PKN Tutorial

PKN Tutorial merupakan grup Telegram yang bisa kamu gunakan untuk belajar, diskusi maupun menjawab soal-soal seputar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Grup ini sudah memiliki lebih dari 1500 anggota dan bisa kamu akses menggunakan link berikut https://t.me/pkntutorial

Disini kamu akan mendapatkan materi-materi PKN yang bisa kamu pelajari dan jika ada soal-soal PKN yang tidak kamu ketahui bisa kamu tanyakan melalui grup ini. Kamu bisa mengirimkan gambar maupun teks soalnya maka tutor akan membantu kamu menjawab soal tersebut.

2. Ekonomi - Akuntansi Tutorial

Jika kamu ada kesulitan di seputar pelajaran ekonomi dan akuntansi, kamu bisa masuk di grup Telegram Ekonomi - Akuntansi Tutorial. Grup ini sudah memiliki lebih dari 3000 anggota dan bisa kamu cari dengan link berikut: https://t.me/ekonomitutorial

Kamu bisa sharing ataupun meminta bantuan seputar pelajaran ekonomi akuntansi di grup ini dan admin akan mencoba memecahkan masalah yang kamu alami misalnya saja ada soal maupun materi yang tidak kamu pahami.

3. Sosiologi - Antropologi Tutorial

Rekomendasi grup Telegram berikutnya adalah grup Sosiologi - Antropogi Tutorial. Di grup ini kamu bisa berdiskusi dan menanyakan kendala yang kamu dapatkan ketika belajar seputar sosiologi dan admin maupun penghuni grup akan membantu memecahkan masalahmu. Grup ini sudah memiliki lebih dari 1000 members dan bisa kamu akses dengan link berikut: https://t.me/sosiologitutorial

4. Sejarah Tutorial

Buat kamu yang sedang mengalami kendala di mata pelajaran sejarah entah itu ada materi yang tidak kamu tahu ataupun ada soal yang tidak mampu kamu jawab, tidak ada salahnya untuk bergabung di grup Telegram Sejarah Tutorial. Di grup ini kamu akan mendapatkan bantuan mengenai pelajaran sejarah jika ada yang tidak kamu pahami. Grup ini sudah memiliki lebih dari 1500 anggota dan bisa kamu akses dengan link berikut: https://t.me/sejarahtutorial

Kesimpulan dan Penutup

Perlu saya tekankan bahwa jika kamu sudah bergabung dengan grup mata pelajaran ilmu sosial diatas dan kamu punya kendala di mata pelajarannya lalu meminta bantuan, biasanya admin agak lama membalas pesanmu. Hal tersebut dikarenakan admin juga memiliki banyak kesibukan dan banyaknya pertanyaan yang harus dijawab, jadi harus bersabar yah.

Kamu adalah guru bagi diri dan orang lain. Oleh karena itu tetap dahulukan mencoba sebelum bertanya juga belajar menemukan solusi atas permasalahanmu sendiri. Kamu juga bisa membantu penghuni grup jika ada yang bertanya dan kamu mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.

Belajarlah dengan giat dan tingkatkan kualitas diri dengan menambah bacaan, tekun latihan, dan bantulah orang lain sesuai dengan kemampuanmu. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Grup Telegram PKN, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close