Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Rumus Lightroom Terang dan Cerah dalam Ruangan

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin saat ini kamu sedang mencari preset atau rumus lightroom cerah untuk mengubah foto dari gelap menjadi terang dan hasil akhir dari foto tersebut menjadi lebih aesthetic.

Nah pada pembahasan kali ini, saya akan membagikan sedikit trik mengatur settingan lightroom menggunakan rumus. Rumus ini sumbernya dari akun tiktok @sadboytahapakhir dimana dia berpose dalam kereta kemudian fotonya diedit menggunakan aplikasi lightroom dengan rumus tertentu.

Rumus yang akan saya bagikan ini sangat cocok kamu gunakan jika kamu berfoto dalam ruangan seperti dalam kamar, rumah, kereta api, pesawat, KRL dan lain sebagainya. 

Rumus ini juga banyak digunakan oleh selebgram ketika berfoto dalam ruangan yang agak gelap entah karena cayala lampunya kurang terang, waktu hampir malam dan lain sebagainya.

Rumus Lightroom Terang dan Cerah dalam Ruangan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu atur di aplikasi lightroom agar mendapatkan foto yang terang dan cerah walaupun kamu berfoto dalam ruangan. Beberapa pengaturan di Lighroom sebagai berikut:

1. Pencahayaan

Untuk settingan pencahayaan agar mendapatkan efek cerah di Lightroom, bisa kamu ikuti rumusnya dibawah ini:

Exposure 1,63 EV
Contras -50
Highlights -100
Shadows -40
White 55
Black 70

2. Perpaduan Warna

Yang perlu kamu atur selanjutnya adalah perpaduan warna. Nah di Lightroom ada 7 komposisi warna yang biasanya kita atur. Untuk mendapatkan efek cerah, maka kamu bisa mengikuti rumus dibawah ini:


Hue Saturation Luminance
Red 0 0 0
Orange -5 15 50
Yellow -44 50 60
Green 20 10 0
Aqua 39 50 -80
Blue -19 49 -20
Violet 0 0 0
Pink 0 0 0

3. Pengaturan Temperatur Warna

Untuk settingan temperature warna, berikut rumus yang bisa kamu gunakan

Temp -10
Tint -10
Vibrance 30
Saturation 20

4. Pengaturan Efek

Dan yang terakhir kita atur adalah efeknya. Nah disini tidak banyak efek yang kita atur. Cukup tiga saja yakni:

Vignette -14
Titik Tengah 20
Feather 80

Jika semuanya sudah kamu atur maka simpan pengaturan tersebut dan lihat hasilnya. Untuk hasilnya bisa pasti akan sama seperti gambar diatas. Keren bukan?

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai Rumus Lightroom Terang dan Cerah dalam Ruangan. Mengingat kualitas foto orang berbeda-beda maka mungkin akan ada sedikit penyesuaian rumus yang harus akan kamu lakukan. Nah silahkan custom sendiri agar hasilnya dapat memuaskan.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard