Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

2 Cara Menggandakan Aplikasi di Huawei dan Honor

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Menggandakan aplikasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa memakai dua aplikasi sekaligus di smartphone. Hampir semua tipe smartphone yang berbasis android memiliki fitur dual apps namun ada juga beberapa smartphone lama yang belum mendukung fitur ini maka untuk bisa clone aplikasi dibutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Untuk HP Huawei dan Honor sendiri, fiturnya sudah ada dan bisa kita gunakan untuk untuk clone aplikasi seperti Whatsapp, Facebook, Messenger dan lain sebagainya. Jadi nantinya kita bisa memiliki dua aplikasi bahkan lebih dalam satu HP ketika sudah diaktifkan.

Apa itu Clone App (Menggandakan Aplikasi) di Android? 

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu clone app atau menggandakan aplikasi? 

Fitur menggandakan aplikasi sebenarnya sudah lama diperkenalkan oleh Xiomi namun dan tahun 2020 fitur ini sudah mulai digunakan oleh hampir semua smartphone berbasis Android termasuk Huawei dan Honor. Tujuannya adalah untuk membuat salinan/tiruan/kembaran aplikasi, jadi dalam satu HP bisa ada dua aplikasi yang sama dan akun yang berbeda.

Cara Menggandakan Aplikasi di Huawei dan Honor

Pembahasan saya selanjutnya adalah mengenai cara menggandakan aplikasi atau cloning aplikasi. Untuk menggandakan aplikasi di Huawei dan Honor, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni tanpa aplikasi tambahan dan dengan bantuan program aplikasi pihak ketiga seperti Paralel Space.

1. Menggandakan Aplikasi di Huawei dan Honor Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara pertama yang akan saya bahas adalah menggandakan aplikasi tanpa menggunakan program pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Artinya kita akan menggunakan fitur yang sudah tersedia dalam HP Huawei dan Honor. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan buka Menu lalu ke Pengaturan/Setting. 
  • Selanjutnya klik Aplikasi & NotifikasiKembaran Aplikasi
  • Kemudian akan ada list aplikasi yang bisa di clone. Hidupkan sakelar untuk menggandakan aplikasi yang dipilih

Jika sudah maka aplikasi kamu telah digandakan dan telah ditampilkan di layar beranda kamu. 

2. Menggandakan Aplikasi di Huawei dan Honor dengan Program Pihak Ketiga

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menggandakan aplikasi adalah dengan menggunakan program aplikasi pihak ketiga. Di tutorial ini saya menggunakan aplikasi Parallel Space. Cara ini sangat membantu ketika kamu ingin menggandakan aplikasi namun aplikasinya tidak ada dalam list fitur default Huawei dan Honor. Jadi ini semacam alternatif.

Karena kita akan menginstal program pihak ketiga dan menggandakan aplikasi melalui program tersebut maka secara otomatis akan memakan banyak ruang penyimpanan di HP kamu. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini:

  • Pertama, buka Playstore lalu cari, download dan instal aplikasi Paralel Space lalu jalankan aplikasi tersebut.
  • Jika aplikasinya sudah terbuka selanjutnya tambahkan aplikasi yang ingin kamu clone dengan cara tap kotak kosong yang ada di samping aplikasi yang sudah digandakan.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi pada list yang akan kamu gandakan lalu klik Add to Parallel Space.
  • Ulangi langkah-langkah diatas untuk menambahkan aplikasi lainnya yang ingin diclone.
  • Semua aplikasi yang digandakan bisa kamu lihat dan buka di dalam direktori Parallel Space.

Catatan: Jika kamu diminta untuk menginstal dukungan Parallel Space 64 bit, ikuti saja karena ukurannya juga tidak terlalu besar. Ini mungkin akan berlaku untuk beberapa perangkat. 

Kesimpulan dan Penutup

Kembaran aplikasi bisa membuat kamu masuk ke dua akun berbeda untuk aplikasi yang sama dalam waktu yang bersamaan, jadi ini akan sangat membantu jika kamu punya dua atau lebih akun dan ingin  membuka semua akun tersebut tanpa harus logout terlebih dahulu.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menggandakan Aplikasi di Huawei dan Honor, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard