Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di WPS Office HP Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Footnote atau catatan kaki merupakan sebuah catatan atau teks yang berada dibawah kaki halaman sebuah dokumen. Catatan kaki biasanya digunakan sebagai salah satu syarat dalam membuat karya ilmiah yang mencantumkan identitas referensi yang digunakan misalnya buku, koran, website, jurnal, dan sebagainya.

Untuk membuat catatan kaki, biasanya kita menggunakan aplikasi pengolah kata di PC atau komputer seperti Microsoft Word. Namun karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, sekarang catatan kaki juga bisa kita buat di Word HP menggunakan aplikasi WPS Office android. 

Mungkin kamu belum mengetahui apa itu WPS Office. WPS Office merupakan sebuah aplikasi yang ada di HP android maupun IOS dan berisi seperangkat fitur alat kerja perkantoran seperti untuk pembuatan dokumen, membuat pdf, membuat dan mengolah data, membuat presentasi dan lain sebagainya. WPS Office hampir sama fungsinya dengan Microsoft Office yang biasa kita gunakan di laptop/komputer.

Jika kamu seorang mahasiswa ataupun keseharianmu berurusan dengan dokumen maka wajib hukumnya untuk menginstal aplikasi ini karena akan sangat membantu pekerjaanmu.

Nah pada pembahasan ini, Blogger Toraja akan memberikan trik menggunakan WPS Office yakni bagaimana cara membuat footnote atau catatan kaki di WPS Office HP android. Silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di WPS Office Android

Sebelum lanjut ke tutorialnya, kamu perlu mengupdate WPS Office di HPmu terlebih dahulu ke versi terbaru melalui tempat download aplikasi di Playstore. Biasanya kalau belum diupdate, fitur untuk menambahkan catatan kaki itu tidak ada.

Disamping itu, saya harap kamu juga sudah tahu mengenai format pembuatan catatan kaki karena hal tersebut tidak akan saya bahas di postingan ini. Disini saya lebih fokus ke bagaimana langkah-langkah membuat footnote di aplikasi WPS Office. Nah jika semuanya sudah paham, maka berikut ini cara membuat catatan kaki di WPS Office android:

  • Pertama buka aplikasi WPS Office di HP android kamu
  • Selanjutnya buat dokumen baru dengan cara klik icon Plus (+) ➜ Dokumen ➜ Kosong

  • Atau jika kamu sudah punya karya ilmiah di dokumen Word dan tinggal mau ditambahkan catatan kakinya maka buka dokumen tersebut dengan cara klik Pengelola FileDOC ➜ lalu pilih dan buka file yang akan ditambahkan footnotenya.

  • Jika halaman kerjanya sudah terbuka maka selanjutnya kita akan menambahkan catatan kaki kedalamnya dengan cara tempatkan kursor di akhir paragraf yang ingin diberi footnote kemudian klik icon ToolsSisipkan ➜ Scrool kebawah sampai kamu menemukan Catatan Kaki

  • Kemudian kamu akan diarahkan ke footer lembar kerja. Ketik catatan kaki di lokasi tersebut

  • Biasanya dalam membuat catatan kaki, ada huruf yang di beri efek Bold (tebal) dan Italic (miring). Untuk itu blok terlebih dahulu teks yang akan diberi efek lalu klik icon Tools Home (Depan) ➜ dan pilih efek yang akan diterapkan pada teks. 

  • Jika sudah maka teksnya akan berubah berdasarkan efek yang telah kamu pilih tadi.

Dengan demikian kamu telah berhasil membuat footnote seperti di Microsoft Word namun bedanya disini kamu menggunakan HP dengan bantuan aplikasi WPS Office. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di WPS Office HP Android, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard