Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Nomor Halaman di WPS Office HP Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Ketika membuat sebuah karya ilmiah terutama skripsi, tesis, disertasi maupun makalah maka wajib untuk mencantumkan nomor halaman pada karya ilmiah yang dibuat. Nomor halaman akan membantu kita menemukan letak isi atau pembahasan dari suatu tulisan dalam sebuah dokumen.

Salah satu aplikasi yang biasa kita gunakan untuk membuat karya ilmiah dalam bentuk dokumen adalah Microsoft Word, namun seiring perkembangan zaman maka kita juga bisa menggunakan aplikasi word di HP dengan bantuan aplikasi WPS Office.

WPS Office merupakan seperangkat alat bantu pekerjaan kantoran yang memungkinkan kita untuk membuat dan mengelolah dokumen secara praktis. Beberapa dokumen yang bisa kita buat seperti dokumen word, excel, powerpoint (presentasi), pdf dan lain-lain.

Fitur-fiturnyapun cukup lengkap misalnya saja ketika kita membuat dokumen word di HP menggunakan WPS Office, kita juga bisa memberikan penomoran halaman pada dokumen yang kita buat. Fitur ini tentu saja akan sangat berguna bagi kamu yang ingin membuat tugas di word HP dan harus menyertakan nomor halaman pada tugas yang dibuat.

Nah pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan memberikan trik bagaimana cara membuat nomor halaman dokumen di WPS office HP android. Silahkan disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Nomor Halaman Dokumen di WPS Office HP Android

Sebelum masuk kedalam tutorialnya, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi WPS Office di smartphone kamu. Dan jika kamu masih menggunakan WPS Office versi yang lama, harap mengupdate aplikasinya karena fitur Nomor Halaman pasti tidak akan tersedia. Kamu bisa mengupdate aplikasinya di Playstore.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat nomor halaman di word HP menggunakan WPS Office:

  • Pertama, buka aplikasi WPS Office di HP android
  • Buka dokumen yang akan diberi penomoran halaman dengan cara klik Pengelola FileDOC ➜ lalu cari dan buka file dokumen. Namun jika kamu belum punya file dan ingin membuat dokumen baru, caranya klik icon Tambah (+)Dokumen ➜ lalu pilih dokumen Kosong maka secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman kosong dokumen baru. Nah disini saya anggap saja kamu sudah punya dokumen dan dokumen tersebut sudah ada isinya.

  • Selanjutnya klik icon ToolsSisipkan ➜ lalu scrool kebawah sampai kamu menemukan Nomor Halaman

  • Nah di bagian nomor halaman tersebut, silahkan sesuaikan:
    • Lokasi: penempatan nomor halaman apakah di header (kepala) atau footer (kaki)
    • Perataan: letak nomor halaman apakah di kanan, kiri atau tengah
    • Format Nomor: untuk mengatur format nomor misalnya angka, huruf romawi, huruf besar (kapital), huruf kecil, huruf bahasa jepang dan lain sebagainya.
    • Nomor Awal: untuk mengatur nomor halamannya dimulai dari noor berapa
  • Jika sudah, klik OK untuk menerapkannya pada dokumen

  • Maka secara otomatis dokumenmu pun telah diberi penomoran halaman.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word HP WPS Office

Mungkin kamu juga bertanya-tanya: bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda di word HP android menggunakan aplikasi WPS Office. Apakah bisa?

Sebenarnya sih bisa, namun harus dilakukan secara manual bukan otomatis. Berbeda kalau kita membuatnya di Microsoft Word di PC pasti bisa secara otomatis langsung dalam satu dokumen.

Nah kalau menggunakan WPS Office, kamu harus membagi-bagi dulu dokumenmu menjadi beberapa bagian dengan cara mengcopy (cut) paste ke dokumen baru sesuai dengan nomor halaman yang akan diberikan. 

Kemudian kamu tinggal atur nomor halamannya secara berbeda dengan memainkan pengaturan nomor halaman WPS office mulai dari lokasi, perataan, format nomor dan yang paling penting adalah nomor awal. Di nomor awal inilah kamu bisa mengcustom nomornya akan dimulai dari nomor halaman berapa disetiap dokumen yang telah dibagi tadi.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan hadirnya aplikasi WPS Office tentu akan sangat membantu kita terlebih dalam membuat dan mengelolah dokumen walaupun fiturnya tidak selengkap Microsoft Office. Salah satu fiturnya sudah saya ulas diatas dan fitur tersebut memang sangat membantu terutama bagi para pelajar dan mahasiswa dalam membuat tugas.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Nomor Halaman di WPS Office HP Android, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard