Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Youtube merupakan salah satu platform media sosial dimana kita bisa mengupload video kedalamnya lalu mendapatkan penghasilan dari video yang kita upload melalui fitur monetisasi. Ada banyak sekali video yang ada di Youtube, salah satunya adalah video yang mengedukasi dan memberikan informasi-informasi yang sangat bermanfaat.

Terkadang kita mendapat tugas dari guru untuk mereview dalam hal ini merangkum ataupun membuat resume mengenai video yang telah diupload di channel Youtube. Video yang akan diresume biasanya video-video pembelajaran di sekolah, video yang membahas teknologi terkini, video berita, video informasi, dan lain-lain. 

Untuk merangkum video dari Youtube, biasanya kita mendengarkan videonya lalu mencatatat apa yang dikatakan pembicara namun cara tersebut pasti akan sangat membebani kamu apalagi jika si speakers berbicara terlalu cepat. Alhasil kamu akan terus mengulang-ulang videonya untuk mengetahui apa yang dia katakan. 

Untuk itu, kamu bisa menggunakan sebuah website untuk meresume video dari youtube secara otomatis. Jadi semua yang dikatakan pembicara di video akan dikonversi menjadi teks secara otomatis. Penasaran caranya? Silahkan disimak pembahasannya berikut. 

Situs Website Untuk Merangkum Video di Youtube Online dan Otomatis

Sebenarnya ada banyak sekali situs website di internet yang bisa digunakan untuk mengubah video youtube menjadi teks secara otomatis, salah satunya adalah Anthiago: Free Automatic Transcript

Anthiago adalah sebuah tools atau alat yang bisa digunakan secara gratis untuk mengekstrak teks subtitle dari Youtube, TED Talks, video wawancara, kelas dan lain-lain secara otomatis dan mudah. 

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis

Untuk membuat rangkuman (resume) dari video Youtube secara otomatis dan online, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama buka video Youtube yang akan kamu rangkum kemudian salin link atau URLnya. 
  • Lalu buka browser di HP kamu (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, etc). Di kolom pencarian, ketik Anthiago lalu cari. Jika websitenya sudah muncul, klik yang muncul paling atas. 

  • Jika sudah berada dalam webnya, scroll kebawah sampai kamu menemukan bagian Desgrabador, klik English untuk masuk dalam tools dengan tampilan bahasa Inggris. 

  • Kemudian tempelkan (paste) link Youtube yang sudah disalin tadi ke kolom yang tersedia lalu klik  Transcript

  • Tunggu beberapa saat sampai toolsnya selesai memproses transkrip videonya. Hasilnya akan langsung muncul di bagian bawah. 


Kamu bisa menyalin teks Yang telah di transkrip dari video youtube tersebut untuk diedit sebelum dikumpulkan sebagai tugas. 

Sangat penting untuk mengecek kembali tata bahasanya mengingat kita mengkonversi video youtube ke teks jadi akan ada banyak sekali kata-kata yang agak kurang nyambung dan juga tidak terhubung dengan baik antara satu kalimat dengan kalimat yang lain. 

Banyak orang juga menggunakan trik ini untuk mengambil intisari dari sebuah video tanpa harus menonton videonya terlebih dahulu karena langsung bisa dibaca dalam bentuk teks. 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah mengetahui trik mengubah video youtube menjadi teks secara otomatis ini, saya harap kamu tetap menggunakannya secara bijak dan bertanggung jawab. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai  Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu. Terima kasih. 

Baca juga