Cara Membuat Bagan Diagram di WPS Office HP Android dan IOS

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Bagan atau yang biasa juga dikenal dengan diagram dan grafik adalah sebuah reinterpretasi dalam bentuk grafis dari sebuah data yang dibuat dan dikelola dalam satu dokumen. 

Bagan ini memiliki banyak sekali bentuk seperti bagan batang, garis, pie, area dan lain sebagainya. Kita sering melihat penggunaan bagan ini di dokumen Excel maupun Powepoint. 

Untuk membuat diagram dalam sebuah dokumen, biasanya kita menggunakan aplikasi Microsoft Office yang ada di PC (laptop dan komputer), namun seiring perkembangan zaman, diagram juga bisa kita buat melalui HP menggunakan aplikasi WPS Office. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di HP android dan IOS. 

Mungkin ada diantara kamu yang tidak tahu apa itu WPS Office? Jadi WPS Office adalah satu paket aplikasi perkantoran yang bisa digunakan untuk membuat dan mengolah dokumen, data, presentasi dan lain sebagainya. Aplikasi ini fungsinya hampir sama dengan Microsoft Office di PC. 

Nah pada pembahasan ini, Blogger Toraja akan memberikan sebuah trik atau cara membuat bagan diagram menggunakan aplikasi WPS Office android dan IOS. Jadi silahkan disimak pembahasannya dibawah ini. 

Cara Membuat Bagan Diagram di WPS Office HP Android dan IOS

Di aplikasi WPS Office, ada beberapa bagan diagram yang bisa dibuat secara otomatis seperti:

  1. Bagan kolom
  2. Bagan batang
  3. Bagan garis
  4. Bagan pai (pie)
  5. Bagan area
  6. Bagan xy
  7. Bagan radar

Sebelum membuat diagram seperti diatas, updatelah terlebih dahulu aplikasi WPS Office mu karena jika masih menggunakan versi yang lama maka fitur bagan tidak akan tersedia. 

Di aplikasi WPS Office, fitur bagan hanya tersedia di Lembar Bentang (Excel) dan Presentasi (Powerpoint) karena memang hanya di kedua aplikasi inilah bagan sering digunakan. 

Nah jika sudah paham, maka berikut ini cara membuat diagram di WPS Office HP secara otomatis. Disini saya akan membuat bagan di Lembar Bentang (Excel). 

  • Pertama buka aplikasi WPS Office
  • Kemudian buat dokumen baru dengan cara klik icon Tambah (+) →️ Lembar Bentang →️lalu pilih halaman Kosong. Atau jika kamu sudah punya dokumen yang akan ditambahkan diagram, silahkan klik Pengelola File lalu pilih filenya dalam bentuk format apa, apakah ppt (Powerpoint) atau xls (Excel) lalu cari dan buka filenya. 

  • Jika sudah berada di halaman kerja, buat datanya terlebih dahulu yang akan dibuatkan bagan. Jika sudah ada, klik icon Tools →️ Sisipkan →️ Bagan

  • Kemudian tentukan jenis bagan yang akan digunakan apakah bagan Pie, Batang, Garis, dll. Jika sudah klik modelnya lalu pilih OK

  • Maka secara otomatis bagan dari data yang dimasukkan akan muncul di halaman kerja. Kamu bisa menyesuaikan ukurannya dengan cara menggeser bulatan kecil di tiap sudut diagramnya 

  • Kamu masih bisa mengubah sumber data yang sudah muncul di diagram dengan mengklik Pilih Sumber Data

Dengan demikian kamu telah berhasil membuat bagan diagram dari data yang telah dibuat di Excel WPS Office. Untuk cara membuat diagram di presentation Powerpoint, langkah-langkahnya sama persis dengan yang diatas. 

Mudah bukan? Langsung saja dipraktekkan yah guys. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Bagan Diagram di WPS Office HP Android dan IOS, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih. 

Baca juga