Cara Menyembunyikan File Gambar, Video, Audio di HP Huawei dan Honor

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Menyembunyikan file di HP merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga privasi kita agar tidak diketahui orang lain karena terkadang teman atau keluarga meminjam HP kita dan mereka membuka file-file berupa gambar/foto, video, audio, maupun dokumen tanpa sepemberitahuan kita. 

Selain itu, ada banyak alasan kenapa seseorang ingin menyembunyikan file di HPnya, misalnya file itu sangat sensitif, file penting dan ingin dirahasiakan, file berisi aib, dll sehingga kamu tidak ingin seseorang membuka dan melihat file tersebut. 

Untuk menyembunyikan file, ada dua cara yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan dalam hal ini Hidden App yang didownload dan diinstal terlebih dahulu dan juga tanpa aplikasi tambahan dalam hal ini menggunakan fitur bawaan smartphone. 

Untuk HP Huawei dan Honor, kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lagi untuk menyembunyikan file karena kamu bisa menggunakan Brangkas File untuk menyembunyikan semua file privasi kamu. 

Dan pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memberikan trik atau cara menyembunyikan file di HP Huawei dan Honor tanpa aplikasi tambahan. Silahkan disimak pembahasannya dibawah ini. 

File yang Bisa Disembunyikan di Brangkas File Huawei

Hampir semua jenis file bisa kamu sembunyikan di Brangkas File milik Huawei dan Honor. File-file tersebut dapat berupa:

  1. Gambar dan foto: kamu dapat menyembunyikan file gambar ataupun foto dengan berbagai macam format mulai dari jpg, jpeg, png, webp dan lain sebagainya. 
  2. Audio: menyembunyikan file audio dalam hal ini bisa berupa lagu, ataupun rekaman suara dalam berbagai format seperti mp3, wav, dll. 
  3. Video: kamu juga bisa menyembunyikan video dari galeri seperti video hasil rekaman, film dalam berbagai format seperti mp4, MPG, MPEG, AVI, webm, dan lain-lain. 
  4. File: kamu juga bisa menyembunyikan file dalam hal ini file word (.doc), excel (.xls), powerpoint (.ppt), pdf dan masih banyak lagi. 

Cara Menyembunyikan File Gambar, Video, Audio di HP Huawei dan Honor

Fitur Brangkas File yang ada di HP Huawei dan Honor memang agak sedikit tersembunyi sehingga beberapa orang agak kesulitan menemukan lokasi fitur ini. Untuk bisa mengakses dan menggunakan Brangkas File Huawei untuk menyimpan dan menyembunyikan file, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, klik menu aplikasi lalu pilih Pengaturan →️ Keamanan dan Privasi
  • Selanjutnya scroll kebawah sampai kamu menemukan Brangkas File. Biasanya Brangkas File memerlukan kata sandi ataupun sidik jari kamu untuk bisa mengaksesnya. 
  • Kemudian kamu akan melihat ada 4 folder di Brangkas File seperti Gambar, Audio, Video dan File. Misalnya disini kita akan menyembunyikan foto maka pilih Gambar →️ Tambahkan File
  • Pilih file yang akan disembunyikan lalu klik icon centang (√) di pojok kanan atas
  • Jika sudah maka file berhasil ditambahkan ke brangkas. 

Gambar, audio maupun video yang sudah ditambahkan ke brangkas file akan menghilang secara otomatis dari galeri, begitupun dengan file dokumen akan menghilang dari folder di penyimpanan internal. 

Untuk bisa mengakses dan membuka file-file tersebut, kamu bisa ke brangkas file kembali dan membuka file yang disembunyikan di situ. 

Cara Memulihkan File yang Disembunyikan di Brangkas File Huawei

Kamu juga bisa mengembalikan file yang telah disembunyikan tadi menjadi terlihat seperti sedia kala di galeri ataupun folder memori internal HP. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka Brangkas File Huawei/Honor. 
  • Kemudian klik folder file yang akan dipulihkan lalu klik file tersebut dan pilih Buang
  • Selanjutnya tentukan lokasi tempat kamu ingin memulihkan file tersebut dan jika sudah maka filenya akan dihapus dari brangkas dan bisa dilihat di galeri atau folder HP. 

Kesimpulan dan Penutup

Fitur Brangkas File yang ada di HP Huawei dan Honor memang sangat membantu kita untuk tetap menjaga privasi dengan cara menyembunyikan file agar tidak bisa diakses orang lain. Disamping itu, kamu juga bisa membuat lebih dari satu brangkas file jika memang dibutuhkan. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menyembunyikan File Gambar, Video, Audio di HP Huawei dan Honor, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih

Baca juga