Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Mengubah Penyimpanan Telegram ke Kartu SD

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat terbaik saat ini. Ada banyak sekali fitur-fitur yang ada di Telegram yang bisa kita gunakan bahkan sangat membantu seperti bot Telegram, channel Telegram dan grup Telegram. Disamping itu, Telegram juga dilengkapi dengan fitur Secret Chat dan Enscript End to End yang akan membuat percakapan kita dengan orang lain semakin aman.

Melalui Telegram, kita bisa dengan mudah mencari dan mendownload berbagai macam hal seperti dokumen, gambar, video, audio dan lain-lain. Secara default, hasil download tersebut akan tersimpan ke penyimpanan internal HP kita.

Namun sayangnya beberapa HP memiliki kapasitas memori yang kecil sehingga tidak dapat menampung file-file yang telah didownload salah satunya file dari Telegram. Oleh karena itu kita bisa mengakali ruang penyimpanan HP yang penuh dengan memasang memori eksternal dalam hal ini kartu SD (kartu memori). Untuk kapasistas kartu SD sendiri itu berbeda-beda. Ada yang 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, 16 GB, 128 GB dan sebagainya. 

Nah mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara mengubah penyimpanan Telegram ke kartu SD? Mengingat pengaturan ini tidak terletak dalam aplikasi Telegram. Nah pada pembahasan ini, Blogger Toraja akan memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Cara Mengubah Penyimpanan Telegram ke Kartu SD

Sebelum mengubah lokasi penyimpanan file Telegram, pastikan kartu memori SD kamu sudah terpasang di HP dan bisa diakses. Perlu untuk diperhatikan bahwa cara ini mungkin akan berbeda dengan beberapa device mengingat setiap merek HP punya tata letak tersendiri. Namun saya yakin kamu bisa mencari tata letak tersebut berdasarkan garis besar panduan yang saya berikan pada artikel ini.

Untuk mengubah penyimpanan di aplikasi Telegram dari penyimpanan telpon ke kartu SD, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama silahkan ke bagian MenuPengaturanAplikasi & Notifikasi Aplikasi

  • Kemudian kamu akan menemukan kumpulan aplikasi yang sudah terinstal di HP kamu, silahkan cari dan klik Telegram
  • Kemudian klik bagian Penyimpanan

  • Sesudah itu, klik Ubah untuk mengubah penyimpnanan Telegram dari memori telpon ke kartu SD

  • Kemudian pilih Kartu SD

Jika sudah maka penyimpanan Telegram kamu telah berhasil diubah ke kartu SD. Jadi semua hal yang terdownload dari aplikasi Telegram akan tersimpan ke memori eksternal yang telah kamu pasang di HP kamu.

Cara Agar Telegram Tidak Mendownload Otomatis

Salah satu penyebab mengapa memori HP kita cepat penuh karena Telegram melakukan download secara otomatis ketika sudah terhubung ke data selular, wifi maupun saat roaming. Akibatnya video, foto, dokumen, maupun audio akan langsung terunduh saat menemui koneksi internet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu perlu mematikan atau menonaktifkan download otomatis di aplikasi Telegram. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian klik icon garis tiga di pojok kiri atas lalu pilih Pengaturan.

  • Selanjutnya pilih Data dan Penyimpanan

  • Scroll kebawah sampai kamu menemukan bagian Unduh Media Otomatis. Matikan sakelar pada bagian Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung wifi, dan Saat roaming.


Jika sudah maka kamu sudah menonaktifkan download otomatis di Telegram saat ada koneksi internet. Aplikasi akan mengkonfirmasi terlebih dahulu ke kamu sebelum mengunduh file. Dengan demikian kamu juga berhasil menghemat sedikit ruang penyimpanan di HP kamu karena aplikasi tidak lagi mendownload file yang tidak perlu.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Langsung saja dipraktekkan yah guys.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Penyimpanan Telegram ke Kartu SD, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard