Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kertas Folio Bergaris di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja

Folio merupakan sebuah kertas dengan ukuran kurang lebih 210 x 330 mm, 21.0 x 33.0 cm, 8.27 x 12.99 inci. Arti lain dari folio adalah ukuran selembar plano berukuran baku yang dilipat satu kali dan ditulis dengan tanda 2. Kita biasa mengenal kertas folio dari bentuknya yang bergaris menyerupai buku catatan tapi agak sedikit lebih besar.

Biasanya kertas folio digunakan untuk berbagai macam hal misalnya mengerjakan tugas kuliah bagi mahasiswa, menulis surat lamaran pekerjaan, membuat laporan dan lain sebagainya. Namun sayangnya hanya di Asia Tenggara termasuk Indonesia saja kertas ini menjadi populer dan bisa digunakan untuk dokumen resmi sedangkan dunia internasional belum menjadikan kertas folio sebagai ukuran standar sebuah dokumen.

Makanya ketika kamu mencari ukuran kertas folio di Microsoft Office, maka kamu tidak akan menemukan ukurannya. Bukan hanya itu saja, ketika hendak mencetak dokumen melalui print, kamu juga tidak akan menemukan ukuran kertas folio di halaman pencetakan.

Umumnya, ketika membuat bentuk tampilan kertas folio di MS Word, orang-orang kebanyakan menggunakan ukuran kertas F4 atau Legal karena ukurannya sedikit hampir sama dengan folio. Namun itu baru ukurannya saja, belum tampilan garis-garis yang biasanya ada di kertas folio yang sering digunakan sehari-hari.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan membahas bagaimana cara membuat tampilan kertas folio bergaris di Microsoft Word. Silahkan disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Kertas Folio Bergaris di Microsoft Word

Untuk membuat kertas bergaris folio, F4 dan Legal di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019, langkah-langkah mengaturnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka apliksi Microsoft Word di laptop atau komputer
  • Atur ukuran kertasnya sesuai dengan ukuran folio dengan cara klik menu Page LayoutSizeMore Paper Sizes... 
  • Masukkan ukuran kertas folio yang sudah saya cantumkan diatas di bagian Paper Size. Jika sudah, klik OK
  • Selanjutnya kita akan membuat bentuk garis-garis di kertas polio. Caranya klik menu InsertTable → masukkan satu kolom tabel saja.
  • Gandakan tabel  yang sudah dibuat hingga memenuhi satu halaman word dengan cara blok tabel → InsertInsert Below
  • Jika sudah, hilangkan garis yang ada di samping kiri dan kanan tabel dengan cara blok semua tabel → BordersOutside Borders
  • Terakhir sesuaikan bagian sebelah kiri dan kanan tabel agar sesuai dengan tampilan kertas folio bergaris dengan cara tarik Table Column di Ruller (Penggaris) sampai ke sudut lembar kerja.
  • Jika sudah maka kertas folio bergaris telah dibuat di Microsoft Word dan siap digunakan untuk berbagai kepentingan.

Nah bagaimana? Mudah bukan membuat kertas folio menggunakan aplikasi Microsoft Word? Kertas folio yang sudah kamu buat bisa diisi dengan tulisan sesuai dengan kebutuhan kamu lalu dicetak jika dokumennya sudah jadi.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Kertas Folio Bergaris di Word, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.


Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard