Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat CV Ats Friendly Secara Otomatis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Ketika melamar sebuah pekerjaan, salah satu hal yang sangat wajib untuk dicantumkan adalah CV. CV merupakan akronim dari Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen yang berisi tentang data diri seseorang mulai dari nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, latar belakang pendidikan, hingga pengalaman kerja.

Dalam membuat CV, ada baiknya kamu menggunakan CV yang Ats Friendly karena rata-rata HRD di perusahaan lebih menyukai CV jenis ini. Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat Curriculum Vitae (CV) ats friendly secara otomatis dan online tanpa aplikasi tambahan. 

Apa itu CV Ats Friendly?

Ats (Applicant Tracking System) merupakan sebuah sistem yang membantu para recruiter maupun HRD perusahaan untuk menyaring CV yang masuk, memonitor prosesnya, sampai status terakhir dari perjalanan recruitment tersebut. Kebanyakan perusahaan di dunia termasuk di Indonesia menggunakan sistem ini untuk proses rekrutmen karyawannya.

Artinya, jika CV yang kamu buat tidak comply terhadap sistem, ini bisa menyebabkan skor kamu rendah sehingga tidak direkomendasikan untuk lanjut ke tahap selanjutnya dalam  proses rekrutmen karyawan. 

Beberapa ciri-ciri CV ats friendly adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan font standar
  • Huruf jangan terlalu besar atau terlalu kecil
  • Warna pada CV tidak mencolok dan enak dilihat.
  • Menyisipkan kata kunci pekerjaan sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
  • Menjelaskan lebih detil mengenai job desc dari pengalaman. Dengan begitu, CV akan memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos pada pemeriksaan software ATS, dan lain-lain.

Website Download Template CV Ats Friendly Gratis

Salah satu kendala seseorang dalam membuat curriculum vitae yang ats friendly adalah kurangnya pengetahuan dan kata-kata serta tidak tahu struktur CV yang baik dan benar. Untuk itu, kamu bisa menggunakan template CV untuk membuat CV secara otomatis.

Di google, ada banyak sekali website yang menyediakan template CV sesuai dengan standar ats friendly yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis, salah satunya adalah Aksel CV Maker.

Aksel CV Maker merupakan sebuah situs web pembuat resume gratis dan open source yang dibuat untuk membuat tugas-tugas kamu sehari-hari dalam hal ini membuat, memperbarui, dan membagikan resume dengan mudah.

Cara Membuat CV Ats Friendly Secara Otomatis dan Online

Untuk membuat CV Ats Friendly menggunakan web Aksel CV Maker, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, kunjungi situs website Aksel CV Maker
  • Jika sudah berada dalam situs webnya, klik Login
  • Kemudian login menggunakan akun google kamu. Kamu juga bisa login menggunakan akun anonymous jika tidak ingin menggunakan gmail
  • Selanjutnya klik Create CV
  • Lalu di bagian name, isi nama CV dan jika sudah klik Create CV
  • Kemudian klik Edit di CV yang sudah kamu buat platformnya.
  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman pembuatan CV. Kolom bagian kiri digunakan untuk memasukkan profil kamu, kolom bagian kanan digunakan untuk menyesuaikan template dan kolom bagian tengah untuk melihat preview CV ats friendly. Isi semua kolom yang tersedia dengan data diri kamu dan juga sesuaikan tampilannya.
  • Jika kamu sudah selesai mengedit dan membuat curriculum vitae, kamu bisa mengekspornya dengan cara scrol kolom sebelah kanan kebawah sampai kamu menemukan Actions, klik Export dan tentukan bagaimana kamu mengekspor CVnya apakah print langsung, dalam bentuk PDF atau dalam bentuk format Json

Jika kamu mengalami kendala dalam membuat CV secara otomatis di Aksel CV Maker misalnya kamu tidak terlalu tahu berbahasa Inggris, maka kamu bisa mengubahnya ke bahasa Indonesia di bagian Setting lalu pilih Language (kolom sebelah kanan). Ubah bahasan Inggris ke bahasa Indonesia di pengaturan tersebut.

Cara ini bisa digunakan untuk membuat curriculum vitae di HP android dan Iphone maupun di PC dalam hal ini laptop dan komputer.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat CV Ats Friendly Secara Otomatis dan Online, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close