Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop Dengan Paint

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Ketika melamar pekerjaan secara online, biasanya kita diminta untuk memasukkan pass foto ukuran 3x4 atau 4x6 dengan ukuran tertentu. Persyaratan ini juga muncul ketika mendaftar CPNS dan PPPK dimana pelamar diminta untuk mengupload pass foto dengan ukuran maksimal 300 kb dan juga mengupload kartu keluarga dan KTP dengan ukuran maksimal 500 kb.

Untuk resize foto, ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan di HP android maupun di PC (laptop dan komputer. Untuk perangkat HP android, kita bisa menggunakan aplikasi seperti Pixellab, PicsArt, Photogrid dan lain-lain.

Artikel Terkait: Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Android Menggunakan Pixellab

Untuk di laptop dan komputer, kamu bisa resize ukuran foto tanpa aplikasi tambahan dengan hanya menggunakan apliksai bawaan yang sudah terinstal di windows yakni aplikasi Paint. Ketika kamu menggunakan aplikasi ini untuk Resize foto, ukurannya akan berubah tapi kualitasnya akan tetap sama dan tidak burik.

Nah pada pembahasan ini, bloggertoraja akan membahas mengenai cara mengubah ukuran gambar di laptop dan komputer menggunakan Paint. Silahkan disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop Dengan Paint

Untuk mengecilkan ukuran foto atau gambar di laptop dan komputer tanpa menurunkan kualitas gambar menggunakan aplikasi paint, berikut tutorialnya:

  • Pertama, klik Start lalu di kolom pencarian ketik Paint dan jika aplikasinya sudah muncul silahkan di klik.
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, masukkan foto atau gambar dengan cara klik FileOpen (Ctrl+O)
  • Pilih folder tempat gambar tersimpan → klik foto → Open
  • Jika gambar sudah berada dalam aplikasi, silahkan ke menu Home lalu pilih Rezise
  • Kemudian ke bagian Pixels dan sesuaikan bagian Horizontal dan Vertikal. Usahakan Maintain Aspect Ratio tetap tercentang agar rasio gambar tetap stabil. Untuk mengecilkan ukuran gambar, turunkan bagian Horizontalnya, sebagai contoh disini Horizontalnya 700 maka bisa diturunkan jadi 600 atau 500 dan sebagainya maka Vertikalnya juga akan menyesuaikan. Sedangkan jika ingin dibesarkan, naikkan saja Horizontalnya jadi 800, 1000, 2000, dan sebagainya maka Vertikanya juga akan mengikuti ukuran. Jika sudah, klik OK
  • Terakhir, simpan gambar dengan cara klik icon Save (Ctrl+S) maka ukuran gambar di folder akan berubah secara otomatis.

Jika ukuran gambar belum sesuai seperti yang kamu inginkan, maka resize kembali gambarnya seperti yang sudah saya paparkan diatas sampai kamu menemukan ukuran yang benar-benar pas.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Paint, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard