Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Pixellab

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Saat ini, pendaftaran CPNS dan PPPK sedang berlangsung. Banyak orang berlomba-lomba mendaftarkan dirinya dengan harapan suatu saat mereka lolos dan menjadi PNS. 

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam proses pendaftaran tersebut adalah mengunggah swafoto dan foto KTP dengan ukuran file gambar kurang dari 200 kb. Jika lebih dari 200 kb maka foto tidak akan bisa diupload kedalam situs pendaftaran. 

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara mengecilkan ukuran file foto di HP android menjadi 200 kb tanpa mengurangi kualitas gambar atau tidak pecah dan burik? 

Salah satu aplikasi di HP android yang bisa kamu gunakan untuk kompress gambar adalah Pixellab. Aplikasi ini mampu mengecilkan ukuran gambar secara gratis tanpa takut gambarnya tidak bagus. 

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mengecilkan ukuran file gambar di Pixellab menjadi kurang dari 200kb. Silahkan disimak pembahasannya berikut. 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Android Dengan Pixellab

Untuk mengecilkan ukuran foto di Pixellab, kita hanya perlu mengurangi aspek ratio dari gambar. Aspek ratio agar gambar kurang dari 200 kb berkisar antara 500-700. Misalnya fotonya memanjang kebawah maka kita menggunakan perbandingan aspek ratio Width 550 dan Height 700, begitupun sebaliknya jika gambarnya memanjang kesamping. 

Namun bentuk gambar biasanya berbeda-beda ada yang berbentuk persegi maupun persegi panjang dengan panjang dan lebar yang berbeda-beda. Untuk itu kamu hanya perlu menyesuaikan aspek rationya saja namun tidak akan lewat dari angka 500-700. 

Untuk ukuran file gambar lainnya misalnya lebih dari 200 kb, kamu tinggal custom sendiri saja sampai menemukan ukuran file yang pas. 

Bagaimana cara mengaturnya di Pixellab? Berikut pembahasannya:

  • Pertama, buka aplikasi Pixellab di HP android
  • Di halaman pengeditan, klik menu dengan icon persegi →️ Image size →️ atur aspec ratio gambar lalu klik OK

  • Masukkan gambar yang akan diubah ukuran filenya kedalam aplikasi dengan cara klik icon Tambah (+) →️ From Gallery →️ Pilih Gambar →️ klik icon Centang (√)

  • Kemudian sesuaikan gambar agar pas dengan layer dengan menggeser bulatan kecil di sudut foto

  • Jika sudah, simpan gambar dengan cara klik icon Save →️ Save as image →️Save to gallery

  • Cek fotonya dalam galeri apakah ukurannya sudah sesuai dengan yang diharapkan dengan cara klik foto →️ Lainnya →️ Detail. Maka deskripsi foto akan muncul. Disitu juga akan muncul ukuran file foto

Nah bagaimana? Mudah bukan kompress foto di android menggunakan aplikasi Pixellab? Langsung saja dipraktekkan yah guys. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengecilkan Ukuran File Foto di Pixellab, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih. 

Baca juga