Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

2 Cara Membuat Kesimpulan otomatis Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai pelajar atau mahasiswa, tentu kita sudah terbiasa menerima tugas kuliah karya ilmiah dari dosen entah itu membuat makalah, jurnal penelitian, proposal, laporan baca, paper dan lain sebagainya. Semua jenis karya ilmiah yang dibuat pasti memiliki struktur dan salah satu yang wajib untuk dicantumkan adalah kesimpulan.

Apa itu kesimpulan? Kesimpulan merupakan suatu proposisi atau yang diambil dari beberapa premis atau ide pemikiran dengan aturan-aturan yang berlaku. Secara singkat, kesimpulan adalah sebuah gagasan yang tercapai diakhir pembicaraan atau hasil dari pembicaraan. Pada karya ilmiah, kesimpulan biasanya diletakkan di bagian akhir bab yang berisi gagasan-gagasan yang tercapai dari hasil analisis dari bab-bab sebelumnya. 

Untuk membuat kesimpulan, biasanya kita membuatnya secara manual dengan menilik ulang tugas yang kita buat kemudian menyimpulkannya dalam untaian kalimat sendiri. Namun sekarang, kesimpulan juga bisa dibuat secara otomatis dan online menggunakan tools website summarize.

Di internet, banyak sekali website yang menyediakan tools untuk membuat kesimpulan secara online dan juga gratis. Nah pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan merekomendasikan dua situs website summarize dan juga memberikan tutorial membuat kesimpulan otomatis.

Trik ini berlaku untuk semua kesimpulan misalnya membuat kesimpulan makalah otomatis, kesimpulan skripsi online, kesimpulan jurnal otomatis, kesimpulan proposal otomatis, kesimpulan paper otomatis, kesimpulan bacaan otomatis, dan lain sebagainya.

1. Cara Buat Kesimpulan Otomatis Tanpa Aplikasi Dengan Summary Generator

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat kesimpulan secara otomatis tanpa aplikasi tambahan adalah menggunakan website Summary generator - Summarize Any Text Online. Summary Generator adalah peringkas teks online gratis dan terbuka berdasarkan software summarization.

Cara membuat kesimpulan menggunakan Summary Generator adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka dokumen yang ingin kamu buat kesimpulannya
  • Kemudian blok semua teks yang ingin diambil intisarinya (sampul, daftar isi, lapiran, daftar pustaka tidak usah) lalu klik kanan dan pilih Copy (Ctrl+C)
  • Kemudian buka browser (google chrome, mozilla firefox, opera mini, etc)  di laptop/komputer atau HP dan di kolom pencarian, ketik Summary Generator. Jika websitenya sudah muncul, silahkan di klik.
  • Tempelkan (paste) teks yang sudah disalin tadi dengan cara menekan Ctrl+V di keyboard di kolom yang telah disediakan lalu klik Summarize
  • Jika sudah maka hasil kesimpulan dari teks yang ditempelkan tadi akan langsung muncul. Klik Copy untuk menyalin tulisan dan pastekan di dokumen Microsoft Word untuk diedit lebih lanjut.

2. Cara Membuat Kesimpulan Online Menggunakan EduBirdie

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat kesimpulan secara online adalah menggunakan situs website EduBirdie - High Quality Custom Essay Writing Service. EduBirdie merupakan sebuah layanan penulisan esai profesional untuk siswa. Namun website ini juga menyediakan berbagai macam tools yang sangat berguna, salah satunya yakni summarize untuk membuat kesimpulan secara online.

Berikut cara membuat kesimpulan online menggunakan website EduBirdie:

  • Buka dokumen yang akan dibuat kesimpulannya lalu blok semua teks kecuali sampul, daftar isi, daftar pustaka dan lampiran. Klik kanan pada teks yang diblok lalu pilih Copy (Ctrl+C)
  • Kemudian buka browser kamu di PC atau HP lalu di kolom pencarian silahkan ketik EduBirdie. Jika webnya sudah muncul, silahkan di klik.
  • Kalau sudah berada di laman web EduBirdie, scrool sampai kebawah sampai kamu menemukan fitur Tools. Silahkan pilih Free Essay Writing Tools
  • Kemudian pilih Generate Conclution
  • Jika sudah maka akan muncul dua kolom. Kolom pertama (Paste your title here), masukkan judul karya ilmiah kamu. Dan di kolom kedua (Paste your text here), pastekan (Ctrl+V) teks yang teks karya ilmiah yang sudah kamu salin tadi. Jika sudah, klik Summarize
  • Jika sudah maka kesimpulan dari tulisan kamu akan muncul di bagian bawah. Silahkan blok lalu Copy (Ctrl+C) kesimpulan yang sudah dibuat dan pastekan (Ctrl+V) di dokumen Microsoft Word.

Nah dengan demikian kamu telah berhasil membuat kesimpulan dari tugas sekolah atau kuliah kamu secara otomatis menggunakan generator tools summarize.

Apakah akan terdeteksi plagiat jika orang lain menggunakan tools ini untuk membuat kesimpulan? Jawabannya adalah tidak! Selama karya ilmiah kamu adalah hasil tulisan kamu sendiri dan tidak copy paste milik orang lain dari internet atau buku maka saya pastikan tidak akan terdeteksi plagiat dengan temanmu. Karena tools akan membuat kesimpulan sesuai dengan isi tulisan kamu, bukan sesuai isi tulisan orang lain.

Demikianlah pembahasan saya mengenai 2 Cara Membuat Kesimpulan otomatis Online, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard