Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu yang mengambil jurusan matematika, fisika atau yang kesehariannya bekerja dan bergelut dengan hitung menghitung, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pangkat bukan?

Apa itu pangkat dalam bilangan? Jadi pangkat merupakan sebuah angka kecil di bagian atas atau bawah yang terletak disamping angka atau huruf. Pangkat atas dan pangkat bawah memiliki fungsi yang berbeda. Pangkat atas berfungsi untuk menyederhanakan penulisan dan penyebutan suatu bilangan yang memiliki faktor-faktor atau angka-angka perkalian yang sama dan biasanya banyak digunakan dalam matematika sedangkan pangkat bawah berfungsi sebagai simbol pada ilmu kimia.

Sebagai contoh penggunaan pangkat atas dalam ilmu matematika adalah pada perhitungan 62+73, sedangkan penggunaan pangkat bawah dalam ilmu fisika adalah CO2 untuk gas karbon dioksida.

Di Microsoft Word pangkat atas biasa dikenal dengan Superscript dan pangkat bawah dikenal dengan Subscript. Nah pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat siperscript dan subscript di Microsoft Word. Jadi silahkan disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Pangkat Atas (Superscript) di Microsoft Word

Untuk membuat pangkat atas atau superscript di Microsoft Word, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yakni sebagai berikut:

1. Membuat Pangkat Atas di Word Melalui Menu

Cara pertama untuk membuat superscript di MS Word adalah dengan menggunakan tools supercript. Tools ini tampilannya dalam bentuk icon kecil jadi memang agak tidak kelihatan. Cara membuat pangkat atas mengunakan tools ini yakni:

  • Pertama, ketiklah angka di lembar kerja Word
  • Tempatkan kursor setelah angka yang sudah kamu ketik tadi
  • Kemudian silahkan ke menu Home lalu di grup Font, klik icon Superscript
  • Kemudian terakhir, ketikkan angka yang akan diletakkan di pangkat. Untuk membuat kursor menjadi normal kembali, silahkan klik icon Superscript kembali.

2. Membuat Superscript di Word Menggunakan Shortcut

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat supercript di Word adalah menggunakan shortcut atau kombinasi keyboard untuk menjalankan perintah cepat. Shortcut untuk Superscript adalah menekan Ctrl+Shift+= secara bersamaan di keyboard kemudian ketik pangkat. Untuk menghilangkan efeknya pada cursor, kamu tinggal menekan shortcut itu kembali.

Cara Membuat Pangkat Bawah (Subscript) di Microsoft Word

Untuk membuat pangkat pangkat bawah atau subscript di Microsoft Word, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni sebagai berikut:

1. Membuat Subscript MS Word Melalui Menu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat subscript di MS Word adalah dengan menggunakan tools yang ada di Ribbon Menu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, ketik angka di lembar kerja Word yang sudah terbuka
  • Kemudian ke menu Home lalu di grup Font, pilih icon Subscript
  • Kemudian ketik angka pangkat bawah yang ingin dilekatkan pada angka utama yang dibuat tadi
  • Untuk mengembalikan kursor ke ukuran semula, klik kembali icon Subscript di Ribbon Menu.

2. Membuat Pangkat Bawah di Word Dengan Shortcut

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat pangkat bawah di Word adalah menggunakan kombinasi keyboard atau shortcut. Caranya mudah, kamu tinggal ketik angka utama misalnya seperti gambar diatas 9 kemudian menekan Ctrl+= secara bersamaan lalu ketik pangkat bawah misalnya seperti gambar diatas 7. Untuk mengembalikan kursor ke ukuran normal, tekan kembali shortcut Ctrl+=

Kesimpulan dan Penutup

Nah bagaimana? Mudah bukan membuat Superscript dan Subscript di Microsoft Word?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Pangkat Atas dan Cara Membuat Pangkat Bawah di Word, semoga dapat membantu dan menolong. Terima kasih

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard