Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kliping di Hp Android dan Iphone

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai pelajar entah itu yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) pasti pernah mendapat tugas dari guru untuk membuat kliping. Bahkan anak kuliahanpun biasanya masih mendapat tugas membuat kliping dari dosen. 

Apa itu kliping? Kliping merupakan salah satu kegiatan untuk mengumpulkan materi dari berbagai sumber seperti koran, internet, majalah, novel, dan lain-lain. Materi tersebut diambil dari media dengan cara digunting kemudian ditempelkan kembali pada kertas karbon, kertas HVS atau buku biasa.

Tujuan dari pembuatan kliping adalah untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dengan tema yang sudah ditentukan. Gambar-gambar materi yang sudah terkumpul kemudian disatukan sehingga membentuk kesatuan dan saling berhubungan satu dengan yang lain. 

Misalnya saja kamu diminta untuk membuat kliping tentang kerusakan alam maka kamu harus mengumpulkan semua materi mengenai kerusakan lingkungan disertai dengan penjelasannya. Kamu bisa menggunting koran, mencetak (print) artikel dari internet, menggunting jurnal, dll untuk mengumpulkan materi kliping.

Seiring perkembangan zaman, dalam membuat kliping kamu tidak perlu lagi mencari koran, buku, jurnal, novel untuk digunting karena di internet ada banyak sekali materi kliping dalam berbagai macam tema yang bisa kamu dapatkan secara gratis. 

Dan pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mendapatkan materi kliping dari internet di HP android dan IOS kemudian membuat kliping dari materi tersebut menggunakan aplikasi pembuat dan pengolah dokumen di smartphone (word HP).

Aplikasi Untuk Membuat Kliping di HP android dan Iphone

Salah satu aplikasi pembuat dan pengolah dokumen seperti Microsoft Word yang ada di HP adalah WPS Office. Di WPS Office, kamu bisa membuat kliping dengan rapi dan juga cantik layaknya ketika kamu membuat kliping di laptop menggunakan aplikasi MS Word.

Aplikasi ini bisa kamu instal di HP android maupun IOS (Iphone, mac, dll) secara gratis. Ukurannyapun tidak terlalu besar sehingga tidak akan membebani memori penyimpanan kamu.

WPS Office punya beberapa fitur layaknya Microsoft Office misalnya kita bisa membuat dan mengelolah dokumen word menggunakan WPS Writter, mengolah data excel menggunakan WPS Spreadsheet dan membuat slide presentasi PowerPoint mengggunakan WPS Presentasi. Disamping itu, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur lainnya seperti convert file, translate dokumen, scan dokumen dan lain-lain.

Cara Membuat Kliping di HP Menggunakan WPS Office

Untuk membuat kliping di WPS Office, maka kita bisa menggunakan WPS Writter. langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka browser (google chrome, mozilla firefox, operamini) di HP kamu dan cari materi yang akan dijadikan kliping
  • Jika sudah dapat, screenshot materi tersebut
  • Kemudian buka WPS Office lalu buat dokumen baru dengan cara klik icon Tambah (+)DokumenHalaman Kosong
  • Kemudian masukan gambar yang sudah discreenshot tadi dengan cara klik icon Tools
  • Selanjutnya pilih Sisipkan lalu klik icon Gambar
  • Pilih gambar yang sudah discreenshot tadi lalu klik OK
  • Jika gambarnya sudah ada dalam halaman kerja, pangkas gambar dan hilangkan bagian yang tidak dibutuhkan dengan cara klik gambar lalu klik Pangkas
  • Kemudian seleksi bagian gambar yang akan dihilangkan. Jika sudah, klik Pangkas
  • Maka gambar berhasil di potong dan tampilannya juga akan rapi. Lakukan kembali langkah-langkah diatas jika kamu ingin memasukkan gambar yang lain.
  • Jika semua gambar sudah dimasukkan, simpan kliping yang sudah dibuat ke HP dalam bentuk format file .doc

Biasanya dalam membuat kliping, ada sampul yang wajib kita cantumkan. Untuk membuat sampul di WPS Office, sudah saya bahas di postingan saya sebelumnya. Silahkan baca artikelnya dibawah.

Artikel Terkait: Cara Membuat Sampul di WPS Office

File kliping yang sudah dibuat kemudian bisa kamu cetak. Namun sebelum itu, pindahkan dulu file kliping ke flashdisk lalu cetak di tukang print.

Gambar kliping yang sudah diprint bisa kamu gunting-gunting dan tempelkan ulang pada kertas karbon atau kertas HVS yang sudah kamu siapkan tadi.

Mudah bukan? Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Kliping di Hp Android dan Iphone, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard