Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Cover (Sampul) di WPS Office

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Cover atau sampul merupakan sebuah halaman depan pada sebuah dokumen yang memiliki fungsi untuk menyajikan informasi mengenai suatu dokumen misalnya saja pada sampul buku terdapat judul, penulis buku, identitas penerbit, dan lain sebagainya.

Cover bukan hanya digunakan pada buku saja namun juga pada karya tulis ilmiah yang lain dan juga laporan-laporan yang sifatnya resmi misalnya ada cover makalah, cover skripsi, sampul laporan keuangan, cover kliping, cover thesis, cover disertasi, cover laporan baca, cover jurnal dan masih banyak lagi.

Untuk membuat cover atau sampul, biasanya kita menggunakan aplikasi pengolah kata di PC seperti Microsoft Word, namun karena perkembangan zaman yang sudah sangat maju maka kita juga bisa membuat cover di word HP android dan IOS (Iphone).

Aplikasi Membuat Sampul di Word HP Android dan Iphone

Salah satu aplikasi yang sangat wajib diinstal di handphone terutama jika kamu seorang mahasiswa atau seorang yang kerjaannya bergelut di seputar pembuatan dan pengolahan dokumen maupun data adalah WPS Office. WPS Office merupakan satu paket aplikasi perkantoran yang fungsinya hampir sama dengan Microsoft Office yang ada di PC. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengolah dokumen seperti di Microsoft Word, mengolah data seperti di Microsoft Excel, maupun membuat presentasi seperti di PowerPoint. Disamping itu, masih banyak lagi fitur yang bisa kamu gunakan jika menginstal aplikasi ini di HP kamu.

Salah satu fungsi tersebut dan juga akan saya bahas di artikel ini adalah kamu bisa membuat sampul makalah, skripsi, thesis, disertasi, jurnal dan lain-lain melalui WPS Office Dokumen. 

Jika aplikasinya belum ada di HP kamu, silahkan instal dulu secara gratis melalui Playstore dan jika memang dari dulu kamu sudah menginstalnya, saya sarankan untuk mengupdate aplikasinya agar kamu bisa menikmati fitur-fitur baru didalamnya.

Cara Membuat Cover Makalah, Skripsi, Jurnal, Kliping di WPS Office Android dan Iphone

Berikut ini cara membuat cover makalah, skripsi, laporan, jurnal, thesis, disertasi dan lain-lain di Word HP menggunakan WPS Office:

  • Pertama, buka apliasi WPS Office di android atau iphone
  • Kemudian klik icon Tambah (+)Dokumen → pilih halaman Kosong

  • Jika dokumen baru sudah terbuka, silahkan buat desai cover sesuai keinginan kamu di lembaran kerja kosong yang sudah tersedia dengan mengetikkan teks sampul seperti judul, nama, dan lain-lain. Semisal kamu ingin menambahkan gambar kedalam cover, silahkan tempatkan kursor dimana gambar akan disisipkan di halaman kerja lalu klik icon ToolsSisipkan Gambar lalu pilih gambar dari HP kamu dan masukkan ke halaman kerja.
  • Semisal juga kamu ingin mengatur ukuran huruf, jenis huruf, efek huruf (bold, italic, underline) maupun warna huruf, caranya blok teks terlebih dahulu lalu klik icon ToolsDepan. Nah di menu tersebut kamu bisa menyesuaikan fontnya.
  • Jika semuanya sudah selesai diatur, selanjutnya simpan cover yang telah dibuat di WPS Office ke internal storage hp kamu.

Nah dengan demikian sampulpun telah dibuat dan siap untuk digunakan. Mudah bukan?

Kesimpulan dan Penutup 

Jika aplikasi ini dibandingkan dengan Microsoft Word memang Word memiliki banyak sekali fitur yang mendukung dalam membuat sampul yang keren dan menarik. Tapi setidaknya dengan aplikasi ini kita juga sudah bisa membuat cover dengan tools yang ada dan saya rasa itu sudah lebih dari cukup.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Cover (Sampul) di WPS Office, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard