Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Youtube merupakan sebuah platform media sosial dengan pengguna yang banyak. Melalui Youtube, kita bisa mengupload video kedalamnya dan mendapatkan uang melalui fitur monetisasi konten.

Ada banyak sekali video yang ada di youtube mulai dari video pembelajaran, video tutorial, video ilmu pengetahuan, video hiburan, video kearifan lokal dan lain sebagainya. Nah terkadang sebagai pelajar atau mahasiswa, kita mendapat tugas dari guru/dosen untuk menyimak sebuah video di youtube lalu menuliskan apa yang kita dengar dari video tersebut.

Biasanya juga banyak content creator artikel alias blogger ingin cara instan untuk mendapatkan artikel oleh karena itu mereka mencari video di Youtube sesuai dengan niche yang mereka bahas kemudian menuliskan apa yang dikatakan oleh speaker dalam video youtube itu.

Daripada melakukannya secara manual, berikut ini Blogger Toraja akan memberikan sebuah trik atau cara mengubah video youtube menjadi teks secara otomatis dan online di HP android/iPhone maupun di PC (Laptop dan komputer). Cara ini tanpa aplikasi tambahan dan hanya menggunakan sebuah website convert audio to text. Penasaran dengan triknya? Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

Situs Website Mengubah Suara Video Youtube Menjadi Teks Online dan Otomatis

Jika kita searching di internet, sebenarnya ada banyak sekali situs website yang bisa kita gunakan untuk convert youtube videos to text di android dan IOS, salah satunya adalah Web Speech API Demonstration. Website ini adalah salah satu tools atau produk google yang menurut saya sangat bermanfaat dan juga aman digunakan.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh Web Speech API ini? Jadi Web Speech API Demonstration bisa digunakan untuk mengubah segala macam video, termasuk video youtube menjadi teks. Situs ini mensupport segala macam bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Jadi jika video youtubenya bahasa Indonesia maka akan terkonvert jadi teks dengan sempurna sesuai dengan apa yang dikatakan dalam video tersebut.

Ketika menggunakan tools ini, semua yang dikatakan dalam video youtube akan dikonversi menjadi teks termasuk guyonan-guyonan jika memang ada dalam video tersebut.

Untuk menggunakan situs ini guna convert video youtube ke teks, kamu bisa membukanya di google chrome browser versi terbaru atau setidaknya sudah versi 25. Jika belum maka saya sarankan untuk mengupgradenya terlebih dahulu karena jika belum diupgrade maka situsnya tidak akan bisa digunakan.

Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks di Android dan Iphone

Sebelum lanjut ke tutorialnya, saya perlu menjelaskan mekanisme penggunakan situs ini untuk ubah video youtube ke teks. Untuk menggunakan aplikasi ini maka kita harus membuka dua aplikasi sekaligus. Kalau kita menggunakan HP android/iPhone maka kita bisa menggunakan fitur split screen dengan cara membuka aplikasi youtube dan google chrome dalam satu layar. Dan kalau menggunakan laptop/komputer maka kamu bisa membuka dua jendela Chrome browser yang berisi Web Speech API dan video youtube yang ingin kamu konvert ke teks.

Jika sudah mengerti, maka berikut ini tutorial mengubah video youtube menjadi teks secara otomatis dan online tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Disini saya menggunakan PC untuk tutorialnya.

  • Pertama, siilahkan buka chrome browser di HP atau laptop lalu pada kolom pencarian, ketik Web Speech API. Jika situsnya sudah muncul, silahkan di klik. Atau kalau kamu gak mau ribet, kamu bisa klik link webnya beriku https://www.google.com/intl/en/chrome/demos/speech.html maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman utama situs.
  • Selanjutnya ubah bahasanya terlebih dahulu ke bahasa Indonesia atau sesuai dengan bahasa yang digunakan di video.

  •  Kemudian buka satu browser lagi dan cari video youtube yang akan kamu ubah menjadi teks.
  • Jika sudah, silahkan buka kedua jendela browser dalam satu layar. Dan jika sudah mau mulai merekam, tekan icon mic yang ada di Web Speech API
  • Maka secara otomatis, website akan merekam sendiri suara di video youtube yang sementara diputar kemudian mengubahnya menjadi teks secara otomatis.

Video youtube yang sudah diubah menjadi teks kemudian bisa kamu pindahkan ke dokumen word untuk kamu edit ulang, siapa tahu ada penggunaan kalimat atau kata yang perlu diperbaiki.

Web Speech API bukan hanya digunakan untuk mengubah video youtube menjadi teks tapi semua jenis video online/offline maupun audio yang ada di laptop maupun HP kamu bisa dikonversi menjadi teks menggunakan tools ini. Caranya sama seperti yang sudah saya paparkan diatas.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks Online Otomatis. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Baca juga