Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word HP WPS Office

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Dalam membuat sebuah karya ilmiah entah itu makalah skripsi, jurnal, paper, dan lain sebagainya, salah satu bagian yang wajib dicantumkan adalah daftar pustaka.

Daftar pustaka merupakan sekumpulan referensi yang kita gunakan untuk menulis sebuah karya ilmiah misalnya saja kita menggunakan referensi dari buku, internet, laporan, jurnal, ebook, koran, dan lain sebagainya. Biasanya bagianLandasan Teori atau BAB II dari karya ilmiah yang menggunakan referensi paling banyak.

Untuk panduan pembuatan daftar pustaka biasanya meliputi nama, tahun terbit, judul buku, kota dan nama penerbit. Contohnya: Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House. 

Diatas adalah format daftar pustaka untuk buku, namun berbeda jika daftar pustakanya bersumber dari internet, majalah, koran, jurnal, dll pasti format penulisanya akan berbeda. Namun hal tersebut tidak akan saya bahas di sini karena fokus tulisan ini adalah tutorial WPS Office.

Dalam membuat daftar pustaka, biasanya kita menggunakan Software Microsoft Word di PC (laptop dan komputer), namun seiring berkembangnya teknologi kita juga bisa membuat daftar pustaka di word hp menggunakan bantuan aplikasi WPS Office. Aplikasi ini bisa diinstal di HP android dan IOS (iPhone, dkk).

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word HP WPS Office Writter

Untuk membuat daftar pustaka di word HP dengan bantuan aplikasi WPS Office Writter, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WPS Office di HP android dan IOS
  • Kemudian buat dokumen baru dengan cara klik icon Tambah (+)Dokumen → pilih Halaman Kosong
  • Jika lembar kerja baru sudah terbuka, buatlah daftar pustaka sesuai dengan format yang berlaku di halaman kosong yang tersedia
  • Biasanya dalam membuat daftar pustaka, kita perlu menyesuaikan jenis huruf, ukuran font dan juga ada efek Italic yang diberikan pada judul buku. Untuk itu, silahkan blok teks lalu klik icon ToolsDepan → lalu sesuaikan jenis dan ukuran font maupun efek italic (garis miring) di menu tersebut.
  • Jika sudah maka daftar pustaka yang kamu buat telah mengikuti standar yang telah ditentukan.
  • Terakhir, kalau daftar pustaka sudah jadi, kamu bisa menyimpan ke folder HP kamu dalam bentuk format file .docx

Untuk pembuatan daftar pustaka selanjutnya, kamu tinggal ikuti kembali panduan yang sudah saya paparkan diatas.

Walaupun fitur yang disediakan WPS Office tidak selengkap yang ada di Microsoft Word, namun aplikasi ini sedikit meringankan kita dalam membuat daftar pustaka apalagi jika kita tidak mempunyai komputer atau laptop. Dan terlebih lagi aplikasi ini berada dalam genggaman kita jadi bisa dibawa kemana saja dan dibuka kapan saja.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word HP WPS Office, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard