Apa Itu Mutualan? Ini Cara Mutualan di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Akhir-akhir ini sedang viral di jagad dunia maya khususnya di Twitter dan Telegram mengenai istilah mutualan. Hal tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan: mutualan artinya apa? Dan bagaimana cara mutualan di Telegram? Hal tersebut juga dibuktikan dengan banyaknya orang yang mencari dengan kata kunci "mutualan" di search engine seperti google. Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan mengupas secara lengkap mengenai mutualan dan cara melakukan mutualan.

Apa Itu Mutualan? Pengertian Mutualan

Ada banyak pendapat mengenai arti kata mutualan. Ada yang berpendapat bahwa kata mutualan berasal dari kata "mutual" yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai "saling, bersama, timbal balik". Ada juga yang berpendapat bahwa mutualan merupakan bahasa serapan dari istilah mutualisme yang berarti "hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua organisme".

Darimanapun istilah tersebut berasal, kita semua pasti akan memahami dengan melihat realita bahwa mutualan erat hubungannya dengan membangun relasi dengan orang lain secara online/virtual. Hubungan ini akan menimbulkan efek timbal balik dan saling menguntungkan satu dengan yang lain.

Mutualan Telegram Artinya dan Contohnya?

Jika di platform aplikasi lain seperti facebook, twitter, instagram, dan lain-lain, cara bermutualan dengan saling memfollow akun satu dengan yang lain misalnya kamu memfollow akun si A kemudian si A juga memfollow akunmu. Disamping itu, ketika kamu update status maka dia akan meramaikan statusmu dengan berkomentar atau share, begitupun sebaliknya.

Untuk di Telegram, contoh mutualan misalnya kamu saling menyimpan nomor satu dengan yang lain karena pada dasarnya mutualan artinya membangun relasi dengan orang lain melalui pertemanan. Disamping itu, teman mutualan juga bisa mempromote kontakmu kepada orang lain atas seizinmu untuk menambah list pertemanan.

Sudah berulangkali saya jelaskan bahwa mutualan harus saling menguntungkan artinya kamu tidak boleh toxic dan berlaku kasar sehingga orang lain menjadi dirugikan. Kalau begitu, bukan mutualan namanya.

Cara Mutualan di Telegram

Mengenai bagaimana cara mutualan di Telegram, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan yakni sebagai berikut:

1. Cara Mutualan di Telegram Lewat Anonymous Chat Bot

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mutualan dengan orang lain adalah melalui Anonymous Chat Bot. Anonymous merupakan sebuah bot yang bisa kita gunakan untuk mencari teman secara random di Telegram. Kita bisa mencari teman darimana saja misalnya di Indonesia atau luar negeri. Kita juga tidak tahu apakah yang kita temani chat itu laki-laki atau perempuan dan jika dirasa kita tidak cocok dengan orang tersebut maka kita bisa skip dan mencari orang baru.

Jika kamu sudah menemukan orang yang tepat, kamu bisa bertukaran kontak Telegram kemudian membangun relasi dengan orang tersebut lebih dalam lagi melalui chat pribadi. Untuk langkah-langkah mutualan di Telegram lewat Anonymous telah saya bahas di postingan saya sebelumnya. 

Artikel Terkait: Cara Menggunakan Anonymous Telegram Untuk Mutualan

2. Cara Mutualan Melalui Grup di Telegram

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mutualan dengan orang lain adalah dengan masuk kedalam grup dan komunitas. Di Telegram, ada banyak sekali jenis grup yang tersedia misalnya saja kamu suka dengan KPOP maka kamu bisa masuk ke grup-grup yang membahas seputar korea atau artis KPOP. Di grup tersebut, kamu bisa membangun relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang sehobi dan bahkan bisa menyimpan kontak mereka di HP kamu.

Untuk melakukan mutulanan di Telegram melalui grup, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian ke kolom pencarian lalu ketik nama grup yang ingin kamu cari misalnya disini saya ingin mencari grup RP (Roleplayer) maka saya ketik "RP Indonesia". Jika grupnya sudah muncul, silahkan di klik salah satunya dan kamu akan diarahkan ke chatroom grup.
  • Untuk join kedalam grup, klik Bergabung
  • Jika sudah maka kamu bisa mengirim pesan kedalam grup dan berinteraksi dengan orang lain.

3. Cara Melalukan Mutualan di Telegram Lewat Fitur Pengguna Sekitar

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mutualan dengan menggunakan fitur Pengguna Sekitar. Fitur ini menurut saya sangat keren karena bisa menemukan orang lain disekitarmu dalam radius tertentu. Ini tentu akan sangat berguna jika kamu orang baru di sebuah kota dan membutuhkan teman virtual. 

Untuk melakukan mutualan menggunakan fitur pengguna sekitar, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian klik garis tiga di pojok kanan atas lalu pilih Pengguna Sekitar
  • Kemudian tunggu beberapa saat maka aplikasi akan mencari teman disekitar kamu. Fitur ini akan bekerja jika orang disekitarmu menggunakan aplikasi Telegram
  • Bukan hanya orang saja yang bisa ditemukan melainkan grup lokal juga akan ditemukan dan kamu bisa bergabung ke grup tersebut untuk membangun relasi dengan orang-orang sekitarmu.

Kesimpulan dan Penutup

Bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu mutualan di Telegram? Saya juga sudah menjelaskan bagaimana cara melakukan mutualan di Telegram dilengkapi dengan gambar pendukung. Jadi diharapkan kamu tidak akan kebingungan lagi dengan istilah mutualan ini.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Apa Itu Mutualan dan Cara Mutualan di Telegram. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga