Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Memisahkan Musik dan Vokal Lagu Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Lagu merupakan sebuah karya seni dalam bentuk suara dan nada dalam urutan, kombinasi dan temporal untuk menghasilkan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Sekarang ini, lagu sudah menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat oleh karena itu banyak orang kemudian berbondong-bondong menciptakan lagu dengan berbagai macam gendre mulai dari pop, dangdut, rock, jazz dan lain sebagainya.

Bagi penikmat lagu dan ingin menyanyikan lagu dengan berkaraoke biasanya mencari aplikasi karaoke atau video di Youtube yang menyediakan musik tanpa vokal. Lagu-lagu tersebut biasanya sudah dipisahkan instrumen dan vokalnya sehingga ketika diputar tinggal instrumennya saja yang didengar dan untuk vokalnya kita sendiri yang menyanyikannya berdasarkan lirik lagu yang sudah ada.

Nah mungkin kamu penasaran, bagaimana cara memisahkan suara dan musik pada lagu? Siapa tahu kamu juga mau membuat channel Youtube karaoke atau ingin karaoke sendiri tanpa ada vokal pada lagu. Pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan membahas mengenai cara memisahkan musik/instrumen dan vokal pada lagu di HP android dan Iphone maupun di laptop dan komputer tanpa aplikasi tambahan.

Nantinya kamu bisa menghilangkan instrumen musik pada lagu sehingga tinggal suara vokalnya saja yang kedengaran atau juga bisa menghilangkan vokal suara pada lagu sehingga musik instrumennya saja yang kedengaran. Penasaran dengan caranya? Silahkan disimak pembahasannya berikut.

Website Pemisah Instrumen Musik dan Suara Vokal Gratis

Di internet, ada banyak sekali aplikasi vokal remover yang bisa digunakan untuk memisahkan instrumen msik dan suara vocal secara gratis, salah satunya adalah vocalremover.org: Vocal Remover and Isolation (AI) Free Online.

Vocal Remover merupakan sebuah aplikasi online gratis yang bisa membantu kamu menghapus vokal dari lagu dengan membuat karaoke. Kamu bisa memilih lagu dan dengan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) akan memisahkan vokal dari instrumental. Kamu dapat membuat dua trek menggunakan situs web ini yakni versi karaoke dari lagu kamu (tidak ada vokal) dan versi acapella (vokal terisolasi). Untuk proses pemisahan musik dari vokal biasanya memakan waktu kurang lebih 10 detik sampai 1 menit.

Cara Memisahkan Instrumen Musik dan Vokal Suara Lagu Online Tanpa Aplikasi

Pembahasan saya selanjutnya adalah cara memisahkan instrumen musik dan suara vokal lagu secara online tanpa menggunakan aplikasi tambahan di HP android dan Iphone maupun di PC (laptop dan komputer). Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka browser (google chrome, mozilla firefox, opera mini, etc) di HP atau PC
  • Kemudian di kolom pencarian, ketik Vocal Remover lalu cari. Jika situsnya sudah muncul, silahkan di klik.
  • Jika sudah di halaman web, masukkan lagu dengan cara klik Browse my files lalu cari lagu dalam folder kamu.
  • Tunggu beberapa saat sampai lagunya selesai terupload. 
  • Selanjutnya akan muncul halaman Audio Processing secara otomatis, tunggu proses pemisahan instrumen musik dan vocal suara kira-kira 30 detik.
  • Jika sudah maka akan muncul di halaman utama musik dan vokal terpisah. Di bagian atas Music dan dibagian bawah Vocals. Jika ingin mendengarkan instrumen lagu saja, atur music jadi 100 dan vocals 0 dan jika ingin mendengarkan vokal suara saja, atur music jadi 0 dan vocals 100.

Mungkin kamu bertanya-tanya, bisa tidak mendownload vocal suara atau instrumen musik yang sudah dipisahkan tadi? Jawabannya adalah tidak bisa. Namun kamu bisa mengakali hal tersebut dengan merekam vokal atau instrumen menggunakan aplikasi perekaman suara yang sudah tersedia di HP kamu. Mudah bukan? Langsung saja dipraktekkan yah.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memisahkan Musik dan Vokal Lagu Online, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Sebagian gambar dalam artikel bersumber dari akun tiktok @benjamin_hanssen

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard