Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bagi seorang guru, sangat penting untuk mempersiapkan materi pembelajaran sebelum memulai kelas. Materi tersebut bisa berupa video animasi pembelajaran yang memuat gambar, teks maupun video ilustrasi mengenai materi yang akan diajarkan.

Dengan menggunakan animasi pembelajaran, siswa juga tidak akan merasa bosan dan akan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Disamping itu, siswa akan menemukan pengalaman belajar yang baru dalam kelas.

Namun membuat video animasi pembelajaran tidaklah mudah. Dibutuhkan skill mengedit gambar, teks dan video untuk bisa membuatnya. Ditambah lagi dibutuhkan aplikasi editing video yang bagus seperti adobe premiere pro, corel video studio ultimate, sony vegas pro dan lain-lain untuk bisa membuat video animasi pembelajaran yang bagus dan keren.

Jika kamu tidak memiliki skill seperti itu, kamu masih bisa menggunakan preset/template video animasi pembelajaran online yang banyak tersedia di internet. Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan membahas mengenai situs website untuk membuat animasi pembelajaran dan juga cara membuat video animasi pembelajaran online gratis 3D untuk presentasi di depan kelas.

Website Pembuat Video Animasi Pembelajaran Online

Sebenarnya di internet ada banyak sekali situs web yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran secara online dan juga gratis, salah satu website tersebut adalah Powtoon: Video Maker, Make Videos and Animations Online.

Powtoon adalah sebuah platform komunikasi visual yang dapat memberikan kamu kebebasan untuk membuat video yang profesional dan disesuaikan sepenuhnya yang pastinya akan disukai oleh audiens (pendengar) kamu.

Tidak peduli tingkat keahlian kamu dalam membuat video animasi pembelajaran karena melalui website ini kamu bisa menciptakan komunikasi visual yang akan memperkuat hasil kamu. Kamu bisa menceritakan kisah menarik melalui ratusan karakter animasi, template, latar belakang video, soundtrack, dan banyak lagi.

Website ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam video pembelajaran seperti matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, kimia, Fisika, ipa, ips, akuntansi, SD, SMP, SMA, perkuliahan, sosiologi, agama, bahasa Arab, dan lain-lain.

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran 3D Online

Untuk membuat vido animasi pembelajaran 3D di HP android dan IOS maupun di PC (laptop dan komputer) secara online dan gratis, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka situs website Powtoon
  • Di beranda situs, klik Start Now atau Sign Up untuk memulai
  • Kemudian mendaftarlah terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan email, akun google, facebook sebagai alat untuk mendaftar di situs ini. 
  • Jika sudah maka akan muncul jendela pemberitahuan, klik Let's Start lalu tentukan jenis video atau visua konten yang akan kamu buat. Misalnya kita memilih Personal Needs dan Other, klik Next jika sudah.
  • Kemudian pilih salah satu template atau preset yang akan digunakan untuk membuat animasi pembelajaran. Disini terdapat banyak sekali template gratis maupun berbayar (pro) yang bisa digunakan. Kamu bisa mencari preset di kategori template dan templatenya akan dimunculkan di bagian bawah kategori
  • Jika sudah memilih salah satu template, klik Edit This Template lalu tunggu beberapa saat sampai halaman pengeditannya berhasil dimuat. Loading Powtoon pada tahap ini biasanya sangat lama bahkan sampai beberapa jam
  • Jika sudah berada dalam halaman pengeditan maka kamu bisa menyesuaikan tampilannya  misalnya menyisipkan maupun menyesuaikan tulisan dan efek tulisan, mengganti gambar dan menambahkan efek pada gambar, mengganti background, dan lain-lain.
  • Terakhir, kamu bisa menyimpan project video animasi pembelajaran yang telah dibuat dengan cara klik My Powtoons pada toolbox menu (sebelah kanan logo Powtoon) lalu akan muncul project yang telah kamu buat dan edit sebelumnya. Kemudian pilih Export lalu tentukan format file yang akan digunakan untuk menyimpan apakah PPT, PDF atau MP4. Untuk format MP4 (video), kamu harus mengupgrade akunmu terlebih dahulu ke versi pro (premium).
  • Jika sudah tunggu beberapa saat maka project video animasi pembelajaran yang telah kamu buat akan tersimpan ke perangkat kamu.

Dalam membuat video animasi di Powtoon, dibutuhkan kreatifitas agar videonya terlihat menarik sekalipun kita sudah menggunakan preset atau template. Tapi setidaknya kita tidak perlu lagi capek-capek membuat dan mengedit animasi atau gambarnya satu per satu karena sudah ada pada preset yang dipilih.

Saat menggunakan aplikasi maupun situs website Powtoon, salah satu kendala yang mungkin akan kamu temui adalah proses loading pada halaman pengeditan yang lama. Biasanya memakan waktu sekitar 5-8 jam karena data yang dimuat dari server lumayan banyak, namun itu semua tergantung juga pada koneksi internet kamu. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran Online Tanpa Aplikasi Tambahan, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard