Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mencari Gambar yang Sama (Mirip) di Internet

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Internet memang sesuatu hal yang menakjubkan. Melalui internet, kita bisa menemukan berbagai macam hal mulai dari ilmu pengetahuan, beragam informasi, kejadian-kejadian diseluruh dunia, video dan bahkan semua gambar tersedia di internet.

Untuk mencari suatu informasi di internet, biasanya kita menelusuri menggunakan kata kunci tertentu. Dari kata kunci tersebut akan muncul berbagai macam artikel, gambar dan video berdasarkan kueri penelusuran.

Selain menggunakan kata kunci, kita juga bisa menelusuri atau mencari gambar dengan gambar di internet. Maksudnya disini adalah kita mencari gambar yang serupa, sama atau mirip dengan gambar yang kita upload. Mesin pencari akan mendeteksi gambar yang kita upload dan jika memiliki kesamaan akan langsung memunculkannya di browser kamu.

Trik ini tentu saja akan sangat berguna untuk menyaring gambar-gambar di internet maupun sosial media, apakah itu memang gambar atau foto asli atau hasil comotan dari internet yang kemudian di upload ulang di sosial media. 

Banyak akun-akun palsu (fake) di sosial media misalnya di facebook, instagram, twitter, dan lain-lain menggunakan foto orang lain yang diambil dari internet kemudian dipasang di profil mereka dengan tujuan untuk menipu. Namun dengan cara ini, kamu bisa mengantisipasinya agar tidak menjadi korban.

Cara Mencari Gambar yang Mirip dengan Gambar di Internet

Untuk mencari gambar dengan gambar di internet, kamu bisa menggunakan website TinEye Reverse Image Search. Website ini bisa digunakan untuk mencari gambar yang serupa di internet menggunakan gambar lain maupun link/url gambar.

Tutorial mencari gambar yang mirip/serupa di internet menggunakan website ini adalah sebagai berikut:

  • Buka broser (google chrome, mozilla firefox, opera mini, dll) di HP atau PC (laptop/komputer).
  • Di kolom pencarian, ketik "Tineye" lalu cari. Jika websitenya sudah muncul, silahkan di klik.
  • Masukkan gambar yang akan dicari kembarannya dengan cara klik Upload
  • Buka folder tempat gambar tersimpan → pilih gambar → Open
  • Jika sudah maka situs akan memunculkan semua gambar atau foto yang sama yang ada di internet.

Cara Mencari Gambar yang Serupa Dengan URL/Link di Internet

Selain mencari gambar menggunakan gambar, kamu juga bisa mencari gambar yang serupa/mirip menggunakan url/link yang ada pada gambar di situs ini. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, salin url gambar yang akan dicari kemiripannya di internet. Misalnya disini saya menggunakan gambar dari google jadi cara mendapatkan linknya adalah klik titik tiga pada gambar lalu pilih Bagikan.
  • Blok semua url gambar yang muncul lalu klik kanan dan pilih Copy
  • Masuk ke website TinEye Reverse Image Search lalu di kolom pencarian tempelkan (paste) url gambar yang sudah disalin tadi. Jika sudah klik icon Search
  • Jika sudah maka gambar yang serupa akan langsung dimunculkan pada web TinEye

Nah bagaimana? Mudah bukan mencari gambar yang serupa menggunakan gambar dan link? Trik ini juga bisa digunakan untuk melacak wajah seseorang atau mendeteksi foto seseorang apakah dia pernah melakukan kesalahan sebelumnya dan dimuat pada berita online di internet.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mencari Gambar yang Sama (Mirip) di Internet, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mecoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard