Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memotong (Crop) Gambar di PicsArt

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Memotong atau crop gambar merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk menyeleksi dan membuang beberapa bagian pada gambar yang tidak dibutuhkan selama proses editing.

Ada banyak sekali aplikasi android yang bisa digunakan untuk crop gambar, foto, background, atau latar belakang secara rapi dan mudah, salah satunya adalah PicsArt.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan membahas mengenai cara crop gambar di PicsArt HP android dan IOS.

Cara Memotong Gambar di PicsArt

Untuk memotong gambar di aplikasi PicsArt, ada tiga cara yang bisa kamu lakukan yakni sebagai berikut:

1. Memotong Gambar Menggunakan Fitur Crop

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memotong gambar adalah menggunakan fitur Crop atau Potong Gambar. Dengan fitur ini, kamu bisa memotong gambar menggunakan skala yang sudah ditetapkan atau menyesuaikan sendiri bagian yang akan kamu potong. Tutorial menggunakan toolsnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi PicsArt lalu masukkan foto atau gambar yang ingin dipotong
  • Selanjutnya, klik menu Alat →️ Potong Gambar
  • Kemudian seleksi bagian gambar yang ingin kamu hilangkan. Kamu juga bisa menggunakan skala yang ada pada tools misalnya persegi, 3:4, 3:2, 16:9 dan lain sebagainya. Jika sudah, klik icon √ (Centang)
  • Gambar selesai dicrop

2. Memotong Gambar Menggunakan Free Crop

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk memotong gambar di PicsArt adalah dengan menggunakan fitur Free Crop atau Potong Gambar Gratis. Disini kamu bisa bebas menyesuaikan bentuk gambar yang akan kamu potong, bahkan sampai lekukan-lekukan kecil bisa kamu seleksi dan potong menggunakan tools ini. Tools ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan background pada foto kita. Berikut tutorial menggunakan fitur free crop PicsArt:
  • Di halaman pengeditan, klik menu Alat lalu pilih Free Crop atau Potong Gambar Gratis
  • Selanjutnya klik Kuas lalu seleksi bagian yang akan kamu pertahankan pada gambar
  • Kamu juga bisa menyeleksi bagian gambar secara otomatis dengan cara klik Pilih →️ pilih objek yang akan kamu pertahankan misalnya Orang, Wajah, Rambut, Kepala dan lain sebagainya. Jika seleksinya salah karna melewati batas objek, klik Hapus untuk menghapus seleksi pada gambar. Jika sudah klik icon →️ (Next
  • Lalu klik Simpan dan dengan demikian gambar telah selesai dipotong

3. Memotong Foto Menggunakan Fitur Shape Crop

Cara ketika yang bisa dilakukan untuk memotong foto atau gambar di PicsArt dengan menggunakan fitur Shape Crop atau Pemotongan Bentuk. Disini kamu bisa memotong gambar berdasarkan bentuk shape yang sudah ada, misalnya bentuk love, lingkaran, segi lima, bintang, segi tiga dan lain sebagainya. Tutorial menggunakan Shape Crop sebagai berikut:
  • Pertama, klik menu Alat lalu pilih Shape Crop atau Pemotong Bentuk
  • Selanjutnya pilih bentuk yang akan digunakan untuk memotong gambar. Jika sudah klik icon →️ (Next
  • Kemudian tentukan warna shapenya dan jika sudah klik Simpan
  • Dengan demikian gambar berhasil dipotong

Jika gambar atau foto sudah dipotong menggunakan aplikasi PicsArt, kamu bisa menyimpannya ke galeri HP dan selanjutnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memotong (Crop) Gambar Foto di PicsArt, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard