Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Cara Membuat Garis Atas Pada Huruf di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Garis atas pada huruf banyak kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari misalnya pada not angka di klat/partitur lagu, rumus matematika (X bar), kamus bahasa inggris, kosa kata bahasa Indonesia dan lain-lain. Jika kita perhatikan keyboard pada laptop atau komputer, tidak ada tombol yang bisa digunakan untuk menulis garis atas atau tidak ada karakter huruf dengan tanda strip diatasnya.

Lalu bagaimana cara membuat lambang X bar atau garis atas huruf di aplikasi Microsoft Word? Jika kita menulis garis atas di buku tulis menggunakan pulpen pasti akan sangat mudah, namun jika ingin menulisnya di aplikasi MS Word pasti banyak orang yang akan kesulitan karena tidak tahu caranya.

Cara Membuat Garis Atas Huruf di Microsoft Word

Sebenarnya untuk membuat garis atas di Word sangatlah mudah. Berikut ini 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat garis atas pada huruf di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019.

1. Membuat X Bar Dengan Symbol

Cara paling umum dan bahkan paling lazim kita gunakan untuk membuat garis atas pada huruf atau teks di Word adalah menggunakan fitur Symbol. Namun cara ini hanya bisa digunakan untuk memberikan garis atas pada satu huruf saja sehingga sangat pas digunakan untuk membuat rumus matematika. Berikut tutorialnya:

  • Pertama, tulislah terlebih dahulu teks yang akan diberi garis atas di halaman kerja Word
  • Kemudian ke menu InsertSymbolMore Symbol
  • Di jendela Symbol yang terbuka, klik bagian Subset lalu pilih Combining Diacritical Marks untuk memudahkan mencari simbol garis atas.
  • Pilih simbol garis atas lalu klik Insert untuk menambahkan simbol ke Teks. Klik Cancel atau Close (X) untuk menutup jendela dan kembali ke halaman kerja.
  • Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar berikut.

2. Membuat Garis Atas Dengan Microsoft Equation 3.0

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat garis atas pada teks adalah menggunakan Microsoft Equation 3.0. Ketika menggunakan komponen ini, kamu bisa membuat garis atas lebih dari satu huruf. Tutorial menggunakannya sebagai berikut:

  • Di halaman kerja MS Word yang terbuka, klik menu Insert lalu pilih Object
  • Di bagian Object type, klik Microsoft Equation 3.0 lalu OK

  • Selanjutnya klik Underbar and overbar templates, lalu pilih yang garis atas
  • Kemudian ketik teks pada kolom yang terbuka
  • Untuk keluar dari Microsoft Equation 3.0, kamu tinggal klik sembarang saja pada halaman kerja dan akan dialihkan secara otomatis. Berikut contoh garis atas teks yang dibuat di Microsoft Equation 3.0

3. Membuat Garis Atas Menggunakan Equation

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membuat garis atas pada teks adalah dengan fitur Equation. Cara ini jauh lebih gampang jika dibandingkan dengan dua cara yang sudah saya paparkan diatas. Fitur ini juga biasa digunakan untuk membuat rumus matematika, membuat partitur lagu dan lain-lain. Tutorial menggunakan fiturnya sebagai berikut:

  • Pertama, ketik teks yang akan diberi garis atas pada halaman kerja lalu blok tulisan yang sudah dibuat.
  • Selanjutnya ke menu Insert lalu pilih Equation
  • Jika Equation Tools sudah terbuka, klik Accent lalu pilih Bar (garis atas)
  • Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar berikut.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat garis atas atau X bar di Microsoft Word. Kamu bebas memilih mau menggunakan metode yang mana untuk membuat garis atas pada tulisan, namun menurut saya yang paling mudah dan bagus adalah metode yang ketiga.

Demikianlah pembahasan saya mengenai 3 Cara Membuat Garis Atas Pada Huruf di Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.


Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard