Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat terbaik yang bisa kamu download dan instal di segala perangkat baik itu android, ios, PC dan lain sebagainya. Berbeda dengan aplikasi chat lainnya yang hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan chat, video call, telpon suara dan voice note, Telegram memiliki fitur lebih dari itu. Salah satu fitur tersebut yang menurut saya sangat berguna adalah Bot Telegram. 

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan segala hal tentang bot Telegram mulai dari pengertian bot Telegram, bagaimana cara membuat bot Telegram tanpa coding maupun cara mengatur tampilan bot Telegram yang sudah dibuat.

Apa Itu Bot Telegram?

Bot Telegram adalah sebuah fitur perangkat lunak yang mampu menjalankan tugas secara otomatis dan bahkan bisa bertindak sebagai orang sungguhan tergantung perintah yang diberikan oleh user. Dengan kata lain, bot adalah kecerdasan buatan yang disediakan Telegram untuk memudahkan penggunanya dalam berbagai hal.

Sekarang ini ada banyak sekali bot yang ada di aplikasi Telegram dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Sebagai contoh ada bot untuk download video dari medsos, bot convert file, bot kompress file, bot edit video atau gambar, bot layanan pengiriman paket (cek resi, cek tarif, cek barang, dll) dan lain sebagainya.

Bot Tersebut biasanya dibuat oleh pengguna Telegram untuk mendukung layanan yang mereka sediakan. Jadi mereka tidak perlu lagi capek-capek mengontrol layanan atau membalas pesan pelanggan satu persatu karena botlah yang akan mengerjakan semuanya itu.

Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Nah mungkin kamu juga tertarik dan ingin buat bot Telegram sendiri untuk layanan yang akan kamu berikan kepada orang lain. Jadi disini kita akan belajar membuat bot sederhana dengan beberapa perintah dan fitur didalamnya. Dengan menerapkan cara ini kamu bisa membuat bot Telegram rp, KPOP, Anonymous, membalas chat otomatis, absensi, jualan, membuat bot bahasa Indonesia dan lain sebagainya.

Untuk membuat bot di Telegram tanpa coding di HP android dan IOS, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Cari bot Telegram @Manybot. Jika sudah dapat, klik Start untuk memulai bot.
  • Di chatroom bot, klik Create a New Bot untuk membuat bot baru.
  • Kemudian kita diminta untuk memasukkan kode API Token kedalam bot. Cara mendapatkan API token tersebut, klik @Botfather pada pesan yang muncul.
  • Kamu akan diarahkan ke chatroom BotFather. Klik Start untuk memulai bot
  • Akan muncul kumpulan fitur dan perintah yang bisa digunakan untuk mengatur bot Telegram. Klik perintah /newbot untuk membuat bot baru.
  • Ketik nama bot yang akan kamu buat pada kolom pesan lalu kirim
  • Buat juga id atau username bot. Disini akhiran dari username yang dibuat haruslah mengandung kata bot. Misalnya untuk bot Blogger Toraja, usernamenya bisa BloggertorajaBot atau bloggertoraja_bot. Jika sudah, kirim username tersebut.
  • Maka akan muncul pesan di chatroom BotFather yang berisi API Token. API Token ini fungsinya untuk mengakses HTTP API. Jika kamu memberikan token ini ke orang lain maka dia bisa mengontrol bot yang kamu buat, jadi simpan baik-baik kodenya. Silahkan copy API token tersebut.
  • Masuk kembali ke chatroom ManyBot dan tempelkan (paste) API Token yang sudah disalin tadi ke kolom pesan lalu kirim
  • Jika sudah, maka bot Telegram telah selesai dibuat. Klik Skip untuk mengakhiri pembuatan bot. Untuk masuk ke halaman pengeditan bot, klik username bot yang muncul di pesan
  • Klik Start untuk memulai bot
  • Nah di bagian ini kamu bisa dengan bebas mengatur segala hal yang diperlukan dalam bot yang sudah kamu buat tadi.

Cara Mengatur Tampilan Bot Telegram

Jika botnya sudah jadi, langkah selanjutnya adalah mengatur bot Telegram yang sudah dibuat seperti tampilan, deskripsi, fitur, perintah, pesan dan lain-lain. Cara mengatur tampilannya sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Semuanya bisa kamu baca dibawah ini.

  1. Cara Mengganti Foto Profil Bot Telegram
  2. Cara Mengganti Nama Bot Telegram
  3. Cara Menghapus Bot Telegram
  4. Cara Membuat Menu Perintah Bot Telegram
  5. Cara Membuat Deskripsi & Info di Bot Telegram

Selain beberapa cara yang sudah saya paparkan diatas, umumnya untuk mengatur bot Telegram yang sudah dibuat, kita menggunakan bantuan BotFather. Berikut ini beberapa menu perintah yang ada di Bot Father untuk mengatur bot Telegram:

/newbot: membuat bot baru
/mybots: mengedit bot yang sudah dibuat

Edit Bots

/setname: mengubah nama bot
/setdescription: mengubah deskripsi bot
/setabouttext: mengubah info di profil bot
/setuserpic: mengubah foto profil bot
/setcommands: mengubah daftar perintah bot
/deletebot: menghapus bot Telegram

Bot Setting:

/token: membuat token otorisasi
/revoke: mencabut token untuk akses bot
/setinline: mengaktifkan/menonaktifkan inline mode
/setinlinegeo: mengaktifkan/menonaktifkan inline location request
/setinlinefeedback: mengubah pengatiran inline feedback
/setjoingroups: mengatur apakah botmu bisa ditambahkan ke grup atau tidak
/setprivacy: beralih ke mode privasi dalam grup

Games:

/mygames: mengedit game kamu (beta)
/newgame: membuat game baru
/listgame: mendapatkan daftar game yang sudah dibuat
/editgame: mengedit game yang ada
/deletegame: menghapus game yang sudah dibuat

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard