Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghapus Bot Telegram Permanen

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bot meruapakan salah satu fitur yang ada pada aplikasi Telegram dimana fitur ini memungkinkan pengguna memberikan perintah kedalamnya dan bot akan merespon perintah tersebut secara otomatis tanpa bantuan manusia.

Dengan adanya fitur ini bisa sedikit meringankan pekerjaan kita. Misalnya saja kamu pemilik layanan jasa seperti pengantaran paket atau barang. Orang pasti akan bertanya berapa ongkos kirim dari satu tempat ke tempat lain. Kalau membalas pesan tersebut satu per satu pastinya kamu akan kewalahan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan fitur kecerdasan buatan seperti bot Telegram untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis dan akurat berdasarkan harga yang telah diatur dan ditentukan sebelumnya.

Namun karena beberapa alasan, ada beberapa bot Telegram yang sudah tidak kita gunakan lagi dan berencana menghapusnya secara permanen. Namun jika kita membuka bot yang sudah dibuat, tidak ada fitur untuk menghapus bot. Jika kita menghapus bot melalui chatroom, yang terhapus hanyalah pesannya saja dan ketika dicari botnya masih tetap ada.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara menghapus bot Telegram secara permanen di HP android dan IOS. 

Cara Menghapus Pesan di Bot Telegram

Jika kamu pengguna bot Telegram milik orang lain, biasanya admin akan mengirimkan beberapa pesan notifikasi sehubungan dengan botnya. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya pesan yang ada di chatroom bot sehingga kita merasa terganggu ketika menggunakan fitur dan perintahnya. Untuk menghapus pesan di bot Telegram, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram di HP android atau IOS
  • Kemudian pilih bot Telegram yang akan dihapus pesannya.
  • Jika sudah berada dalam chatroom bot, klik icon Titik Tiga di pojok kanan atas
  • Lalu klik Bersihkan riwayat untuk menghapus pesan di bot Telegram atau Hapus obrolan untuk menghapus bot Telegram dari chat list akun Telegram kamu.

Cara Menghapus Bot Telegram Secara Permanen

Jika kamu adalah pemilik akun bot Telegram dan ingin menghapus bot tersebut secara permanen dari aplikasi Telegram, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka @BotFather lalu klik Start untuk memulai bot
  • Akan muncul beberapa perintah yang ada di BotFather untuk mengatur bot kamu. Untuk menghapus bot Telegram kita, klik perintah /deletebot
  • Pilih bot yang akan dihapus, misalnya disini saya akan memghapus @Bloggertoraja_bot
  • Kemudian ketik teks "Yes, I am totally sure." lalu Kirim untuk mengkonfirmasi penghapusan bot
  • Jika sudah maka bot kamu telah dihapus secara permanen dari aplikasi Telegram.

Jadi ketika orang lain mencari bot kamu di kolom pencarian, mereka tidak akan menemukannya lagi karena sudah dihapus secara permanen. Begitupun dengan orang-orang yang pernah menggunakan botmu, bot tersebut akan hilang dengan sendirinya di chat list akun Telegram mereka.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menghapus Bot Telegram Permanen, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard