Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cek Skor CV Ats Friendly Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Ketika hendak melamar pekerjaan di sebuah instansi atau perusahaan, salah satu dokumen persyaratan yang wajib dicantumkan adalah CV atau Curriculum Vitae. Curriculum Vitae biasanya memuat data diri seseorang mulai dari nama, alamat, tempat/tanggal lahir, pendidikan hingga pengalaman kerja.

Dalam membuat CV, utamakan membuat CV yang ATS Friendly karena biasanya CV jenis ini sangat disukai oleh HDR dan juga sangat comply terhadap Applicant Tracking System (ATS). Sistem ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan dan membantu HRD untuk menyaring setiap CV yang masuk, memonitor prosesnya, sampai berakhirnya proses recruitment.

Di artikel sebelumnya, saya sudah banyak membahas mengenai cara membuat CV ATS Friendly secara otomatis dan online. Namun jika kamu membuat CV ATS Friendly secara manual misalnya di aplikasi Microsoft Word, tidak ada salahnya untuk mengecek skor CV yang sudah kamu buat, apakah skornya sudah bagus atau malah rendah karena biasanya skor yang rendah tidak direkomendasikan untuk lanjut ke tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen karyawan.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan cara mengecek skor CV ATS Friendly secara online. Jadi disini kita menggunakan situs website yang menyediakan jasa review CV ATS Friendly gratis.

Situs Website Cek Skor CV ATS Friendly Gratis

Di internet ada banyak sekali situs website yang bisa diguanakan untuk mengecek skor Curriculum Vitae yang sudah dibuat, apakah sudah ATS Friendly atau belum. Jasa review CV ini biasanya gratis dan bebas digunakan untuk keperluan kita. 

Berikut ini beberapa rekomendasi situs website yang menyediakan jasa review CV apakah sudah ATS Friendly atau tidak yang wajib kamu coba:

1. ZipJob: Professional Resume Writters

ZipJob merupakan sebuah situs website bisa digunakan untuk mengecek resume yang sudah dibuat. zipjob.com bekerja dengan perangkat lunak yang digunakan untuk perekrutan karyawan dan memungkinkan kamu untuk sampai pada tahap wawancara bahkan diterima bekerja. Disini kamu bisa mengecek dan melihat kekuatan resume kamu dengan cara mengunggahnya dan selanjutnya akan ditinjau secara gratis.

Nantinya tim ahli akan mengkritik resume atau CV yang sudah kamu buat berdasarkan kata kunci, desain dan kemampuannya untuk lulus di Applicant Tracking System.

2. Resume Worded: Improve Your Resume and LinkedIn Profile

Buat kamu yang sedang berjuang untuk menulis resume atau CV, mungkin resumeworded.com bisa menjadi solusi untuk kamu. Resume Worded memiliki lebih dari 250 contoh poin-poin resume teratas di semua industri dan keterampilan. Kamu bisa menggunakan template/preset untuk menulis resume yang efektif dari awal sampai akhir dengan cepat.

Selain untuk membuat CV, disini kamu juga bisa cek skor resume. Tidak seperti alat lainnya, disini kamu akan mendapatkan umpan balik spesifik tentang lembaran CV yang sudah kamu buat dan masukkan termasuk pada setiap poin-poinnya.

Resume Worded telah membantu ratusan orang mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama seperti PwC, Google, Amazon, dan Credit Suisse. Situs ini telah dirancang dengan teknologi bertenaga AI (Artificial Intelligence) oleh manajer perekrutan nyata dan memberikan umpan balik yang dapat ditindaklanjuti di profil dan resume LinkedIn kamu.

3. Jobscan: Optimize Your Resume and Boots Interview Chances

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa lebih dari 90% perusahaan besar menggunakan Sistem Pelacakan Pemohon Otomatis dalam hal ini Applicant Tracking System. Sistem ini menganalisis resume dan CV untuk memunculkan pelamar yang paling cocok dengan posisi yang ditawarkan. Jobscan.co telah meneliti sistem teratas dan membuat pemeriksa resume atau CV berdasarkan pola umum yang biasa digunakan untuk membantu kamu mengoptimasi CV agar ATS Friendly.

Cara Cek Skor CV ATS Friendly Online dan Gratis

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi situs website yang menyediakan layanan jasa review CV gratis, pembahasan saya selanjutnya bagaimana cara mengecek score CV online yang sudah dibuat apakah sudah ATS Friendly atau belum.

Sebagai contoh saya akan menggunakan salah satu website diatas yakni Jobscan. Tutorial cek skor CV menggunakan Jobscan sebagai berikut:

  • Pertama, buka browser di HP atau PC lalu cari situs website jobscan.co
  • Jika sudah berada dalam situsnya, scroll kebawah lalu upload file CV kamu dalam bentuk PDF atau Docx (file word) dengan cara klik Upload your resume
  • Buka folder tempat CV tersimpan → pilih file CV → Open
  • Tunggu beberapa saat sampai situs selesai memproses/scanning filenya. Selanjutnya masukkan deskripsi Pekerjaan yang ingin dilamar pada kolom yang disediakan, lalu klik Scan
  • Tunggu beberara saat dan hasil skor CV kamu akan langsung dimunculkan.
  • Disini juga akan ditampilkan beberapa hal yang harus kamu perbaiki agar CV kamu bisa lolos pada Applicant Tracking System seperti ATS Findings, Recruiter Findings, Hard Sklils, Soft Skils, Keyword/kata kunci, Job Recommendations dan lain-lain.

Setelah kesalahan-kesalahan pada CV telah diperbaiki, coba ulang tes skor satu kali lagi apakah sudah ATS Friendly atau belum. Jika sudah maka CV sudah siap kamu gunakan untuk melamar di perusahaan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Cek Skor CV Ats Friendly Online, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard