Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperkecil (Kompres) Ukuran Video di Laptop

Selamat datang di situs Blogger Toraja

Salah satu penyebab ruang penyimpanan di laptop atau komputer kita penuh karena banyaknya video maupun film yang tersimpan didalamnya. Video atau Film tersebut biasanya memiliki ukuran yang cukup besar sehingga memakan terlalu banyak tempat.

Biasanya kita akan menghapus koleksi film yang sudah dikumpulkan agar ruang penyimpanan tidak penuh, namun ada solusi lain yang bisa dilakukan selain menghapus yakni dengan mengecilkan atau mengkompres ukuran video menjadi lebih kecil agar tidak memakan banyak tempat dalam memori.

Ketika video di compress, kita akan mendapatkan ukuran video yang lebih kecil dari ukuran aslinya namun disisi lain kualitas video juga akan menurun. 

Mengecilkan ukuran video juga biasanya banyak dilakukan oleh para konten kreator video sebelum mengupload video yang sudah mereka buat ke berbagai platform seperti Youtube, Facebook, Tiktok dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan video dengan ukuran besar biasanya akan sangat lama untuk diupload dan jika hanya mengandalkan data seluler (bukan wifi) maka akan memakan banyak sekali paket data.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara memperkecil ukuran video di laptop atau komputer tanpa aplikasi tambahan dan dengan aplikasi kompres video. 

Cara Kompres Video di Laptop Dengan Aplikasi Handbrake

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk kompres video di laptop adalah Handbrake: Open Source Video Transcoder. Handbrake merupakan transcode gratis dan open source untuk file video digital. Aplikasi ini awalnya dibuat dan dikembangkan oleh Eric Petit pada tahun 2013 untuk membuat ripping DVD ke perangkat penyimpanan data agar lebih mudah.

Dengan HandBrake kamu bisa mengonversi video hampir dari semua format ke pilihan codec modern yang telah didukung. Beberapa alasan saya merekomendasikan aplikasi ini adalah:

  • Konversi video dari hampir semua format
  • Gratis dan Open Source
  • Bisa diinstal di segala perangkat (Multi-Platform)  seperti Windows, Mac dan Linux.
Berikut ini tutorial mengecilkan ukuran video di laptop menggunakan aplikasi HandBrake:
  • Buka situs website handbrake.fr melalui browser di laptop atau komputer.
  • Jika sudah berada dalam situsnya, unduh aplikasinya dengan cara klik Download HandBrake
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasinya selesai didownload. Jika sudah terdownload, instal aplikasi tersebut di laptop atau komputer kamu.
  • Jika sudah terdownload, buka aplikasinya lalu masukkan video kedalam aplikasi
  • Selanjutnya klik kolom Presets
  • Lalu pilih General → setting ke Very fast 1080p

  • Terakhir, klik Start Encode untuk mengecilkan ukuran video

Maka video kamu telah berhasil diperkecil ukurannya dari ukuran semula dan tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan dalam hardisk laptop kamu.

Cara Memperkecil Ukuran Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa mengecilkan ukuran video di laptop tanpa aplikasi khusus. Di internet, ada banyak sekali situs website yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran video secara online dan otomatis, salah satunya adalah Free Convert Video Compressor.

Dengan Free Convert, kamu mengompres berbagai macam format file video seperti MP4, AVI, MKV, atau file video lainnya. Kamu tinggal memilih opsi default untuk mengkompres ukuran video sebesar 40%, atau memilih ukuran khusus.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tutorial memperkecil ukuran video tanpa aplikasi tambahan dengan situs website Free Converter Video Compressor berikut.

  • Buka browser di laptop atau komputer kamu.
  • Di kolom pencarian, ketik freeconvert.com lalu cari. Jika situsnya sudah muncul silahkan di klik.
  • Jika sudah berada dalam situsnya, scroll kebawah dan di kolom Video Quality & Size silahkan atur kualitas dan ukuran video yang diinginkan. Disini ada tiga bagian yang bisa diatur seperti Video Codec, Compression Method dan Select Target Size (%)
  • Kemudian masukkan video kedalam situs dengan cara klik Choose File (maksimal file 1GB)
  • Buka folder  → pilih file video  → Open
  • Selanjutnya klik Compress Now. Tunggu beberapa saat sampai videonya berhasil diperkecil.
  • Jika sudah, klik Download MP4 untuk mengunduh dan menyimpan file video yang sudah dikompres ke folder laptop kamu.

Nah bagaimana? Mudah bukan mengecilkan ukuran video di laptop? Dari dua cara yang telah saya paparkan diatas dijamin berhasil 100% dalam memperkecil ukuran video. Kamu tinggal memilih cara mana yang akan kamu gunakan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memperkecil (Kompres) Ukuran Video di Laptop, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard