Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Website Download Gambar Ilustrasi Gratis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu yang sudah terbiasa membuat presentasi atau desain grafis, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi merupakan hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik gambar, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya dan lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan daripada bentuk.

Untuk mendapatkan gambar ilustrasi secara gratis buat project yang sedang kamu kerjakan, ada banyak sekali situs website tempat download gambar ilustrasi gratis dalam bentuk ekstensi file PNG, SVG, JPG, AI, EPS dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan 5 situs website tempat download gambar ilustrasi gratis yang bisa kamu coba kunjungi. Gambar ilustrasi tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk keperluan proyek pribadi atau komersil dan juga tidak diperlukan atribusi.

1. Open Peeps

Open Peeps merupakan situs website yang menyediakan banyak sekali gambar ilustrasi hitam putih yang bisa kamu download secara gratis. Kamu bisa menggunakan Open Peeps untuk berbagai keperluan kamu misalnya ilustrasi produk, pemasaran, komik, status produk, storyboard, undangan, presentasi dan lain sebagainya.

Perpustakaan ilustrasi ini berada dalam domain publik di bawah Lisensi CC0. Artinya kamu dapat menyalin, memodifikasi, mendistribusikan, remix, dan menggunakan karya gambar ilustrasi ini bahkan untuk tujuan komersial tanpa perlu meminta izin terlebih dahulu.

Untuk mendownload gambar ilustrasi hitam putih gratis di Open Peeps, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka situs website Open Peeps
  • Scroll kebawah sampai kamu menemukan kumpulan gambar ilustrasi hitam putih
  • Dibawah gambar ilustrasi terdapat dua ekstensi file yakni PNG dan SVG, klik salah satunya untuk mendownload.
  • Kemudian tab baru akan terbuka, klik kanan pada gambar lalu pilih Save image as...
  • Tentukan di folder mana kamu akan menyimpan gambar, tentukan nama gambar di bagian File name. Jika sudah klik Save untuk menyimpan.

2. Ilustrations: Open Source Illustrations Kit

Illustrations merupakan situs website yang menyediakan banyak sekali gambar ilustrasi yang bisa kamu download secara gratis dalam bentuk AI, SVG, PNG, EPS, dan Figma. Website ini dikelola oleh Vijay Verma dimana pada tahun 2016, ia menghabiskan hampir 2 jam perhari selama 100 hari hanya untuk mendesain, mengilustrasikan, dan bereksperimen dalam membuat gambar ilustrasi. Semua ilustrasi itu disimpan di drive tanpa tersentuh selama bertahun-tahun. Jadi, ia memutuskan untuk berbagi hasil desainnya secara gratis melalui website ini.

Kamu dapat mengunduh semua ilustrasi yang sepenuhnya gratis ini dan menggunakannya untuk mendesain berbagai macam project yang kamu kerjakan seperti halaman website, aplikasi seluler, presentasi dan lain sebagainya.

Berikut tutorial download gambar ilustrasi gratis dari website illustrations:

  • Pertama, buka situs website illustrations.co
  • Jika sudah berada di halaman web, scroll kebawah sampai kamu menemukan kumpulan gambar ilustrasi dengan berbagai macam kategori
  • Pilih salah satu gambar lalu klik dalam bentuk file apa kamu akan mengunduh ilustrasi tersebut, apakah PNG atau SVG
  • Jika sudah maka file akan secara otomatis terunduh dan tersimpan ke folder download kamu.

3. Undraw: Open Source Illustrations For Any Idea

Jika kamu mempunyai project untuk membuat presentasi, mungkin website Undraw bisa jadi pilihan tepat untuk mencari gambar ilustrasi yang bisa kamu cantumkan nantinya. 

Undraw diluncurkan pada tahun 2017 dengan tujuan yang sangat sederhana yakni untuk menunjukkan bahwa para desainer juga harus berkontribusi pada komunitas open-source guna membantu menghadirkan kemampuan desain yang indah bagi semua orang. 

Dalam perkembangannya, unDraw telah banyak digunakan oleh organisasi seperti Google, Microsoft, Facebook, Harvard Business School, Adobe dan telah diadopsi oleh komunitas yang mencakup para desainer, pengembang, dan pembuat konten, dan lain sebagainya.

Kamu dapat menggunakan setiap gambar ilustrasi yang tersedia dalam situs website Undraw untuk berbagai macam keperluan baik komersil ataupun pribadi tanpa atribusi atau membayar biaya sepeserpun. Lisensinya benar-benar terbuka. Hanya saja jangan pernah mereplikasi gambar ilustrasi yang ada di Undraw, mendistribusikan ulang ilustrasi maupun membuat integrasi untuk setiap ilustrasi.

Cara mendapatkan gambar ilustrasi dari website Undraw sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka situs web Undraw di HP atau PC kamu
  • Jika sudah berada dalam situsnya, klik Browse now untuk membuka halaman tempat gambar ilustrasi berada.
  • Kemudian klik salah satu ilustrasi yang ingin kamu download.
  • Akan ada dua pilihan pengunduhan yang akan muncul yakni Download SVG for your projects dan Download PNG for blog posts/social media. Silahkan pilih salah satunya.
  • Tunggu beberapa saat maka gambar ilustrasi akan terdownload dan tersimpan ke perangkat kamu.

4. IRA Design: Build Your Own Amazing Illustrations

IRA Design merupakan salah satu website penyedia ilustrasi gambar yang cukup keren menurut saya. Di website ini, kamu bisa mendesain sendiri ilustrasi kamu seperti mengganti warna pada celana, baju, rambut dan objek yang ada dalam gambar ilustrasi. Tersedia 5 gradien warna yang bisa kamu gunakan dan padukan untuk membuat gambar ilustrasi yang keren dan juga menarik.

Untuk mengunduh gambar ilustrasi dari situs web IRA Design, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka website IRA Design
  • Kemudian scrool kebawah sampai kamu menemukan beberapa kategori ilustrasi misalnya Background, Objects, Characters dan lain sebagainya. Klik salah satu kategori untuk melihat ilustrasinya.
  • Selanjutnya pilih salah satu gambar ilustrasi yang akan kamu download lalu tentukan dalam bentuk format file apa kamu akan mendownload gambarnya. Disini tersedia bentuk file SVG dan PNG.
  • Tunggu beberapa saat maka gambarnya akan langsung terdownload dan disimpan ke folder kamu.

5. Icons8

Website terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan gambar ilustrasi secara gratis adalah web Icons8. Disini ada banyak sekali kategori ilustrasi dan tiap kategori berisi ribuan icon dan gambar ilustrasi yang dapat mempercantik karya yang sedang kamu buat. Jika ditotal, saat ini ada lebih dari 181.000 icon gratis yang tersedia di situs ini dan bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Berikut ini cara download gambar ilustrasi gratis dari situs website Icons8:

  • Pertama, buka situs website Icons8
  • Lalu scroll kebawah maka kamu akan menemukan beberapa kategori icon seperti New icon styles, Popular icon styles, Icon styles for graphics, Free degin tools dan lain sebagainya. Silahkan pilih salah satunya.
  • Kemudian klik salah satu ilustrasi yang ingin kamu unduh.
  • Selanjutnya klik Download lalu tentukan jenis filenya (PNG, SVG, PDF). Sesuaikan juga ukurannya (48px, 96px, 192px, 240px, 480px, dll). Jika sudah klik Download.
  • Kamu juga bisa mendapatkan gambar ilustrasi tersebut dalam bentuk embed HTML.

Demikianlah beberapa rekomendasi dari bloggertoraja.com mengenai website untuk download gambar ilustrasi gratis dan juga cara mendownload gambar ilustrasi gratis dari situs website tersebut.

Semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mecoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard