Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Abstrak Otomatis dan Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Dalam pembuatan karya tulis ilmiah seperti skripsi dan jurnal, abstrak merupakan salah satu komponen penting yang wajib untuk dicantumkan. Abstrak sangat membantu pembaca untuk mengetahui intisari dari penelitian yang sudah dilakukan dan tuangkan dalam bentuk tulisan ilmiah.

Menurut Maizel (Smith: Singer, 1984) abstrak adalah ringkasan yang disajikan secara singkat dan jelas bagian yang memuat tujuan, cakupan/jangkauan dan temuan dari suatu artikel. Sedangkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ada dua pengertian abstrak yakni:

  1. Abstrak: tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; niskala.
  2. Abstrak: ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti.

Jadi bisa disimpulkan bahwa abstract merupakan sebuah ringkasan mengenai hal-hal yang pokok dalam suatu dokumen atau karya ilmiah.

Untuk membuat abstrak tentu ada format aturan yang harus dipedomani. Namun saat ini kamu tidak perlu repot-repot lagi membuat abstrak secara manual karena sudah ada tools website yang bisa digunakan untuk membuat abstrak bahasa Indonesia dan Inggris secara otomatis dan online.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara buat abstrak otomatis dan online, tidak sampai 1 menit langsung jadi. Penasaran caranya? Simak pembahasannya berikut.

Situs Website Membuat Abstrak Otomatis dan Online

Di internet ada banyak sekali situs web abstract generator online yang bisa digunakan untuk membuat abstrak karya ilmiah seperti skripsi dan jurnal secara otomatis, salah satunya Classgist.

Classgist merupakan sebuah forum komunitas digital yang dibuat untuk mengumpulkan materi penelitian dan berbagai macam tulisan lainnya dari berbagai sumber. Tujuannya untuk membantu pelajar dan mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah atau penelitian seperti esai, skripsi, jurnal dan lain-lain. Pengunggah materi juga bisa memperoleh penghasilan dari setiap tulisan yang telah diupload kalau ada orang yang memesan materi proyeknya.

Disamping itu, situs ini juga menyediakan beberapa tools yang sangat berguna, salah satunya yaitu tools abstrak generator. Disini kamu bisa membuat abstrak dari tulisanmu secara otomatis hanya dengan memasukkan beberapa komponen seperti latar belakang, metodologi, hasil dan kesimpulan.

Cara Membuat Asbtrak Otomatis dan Online

Berikut ini cara membuat abstrak online dan otomatis menggunakan situs Classgist:

  • Pertama buka browser favorit kamu misalnya google chrome.
  • Di kolom pencarian, salin dan pastekan link Classgist Abstrak Generator berikut: https://www.classgist.com/abstract-generator.aspx
  • Jika sudah berada dalam situsnya, silahkan isi beberapa kolom yang sudah disediakan. Kolom pertama (Overview of the study: Research problem, Aims and Objectives) isi dengan gambaran umum penelitian seperti masalah, maksud dan tujuan penelitian. Jumlah 0 - 60 kata
  • Kolom kedua (Methods/Research Methodology) isi dengan metode atau metodologi penelitian yang kamu gunakan. Maksimal 60 kata.
  • Kolom ketiga (Results/Findings) isi dengan hasil penelitian kamu. Maksimal 60 kata
  • Kolom keempat (Conclusion/Recommendations) isi dengan kesimpulan. Maksimal 60 kata
  • Jika sudah, klik View Abstract lalu tunggu beberapa saat sampai abstrak kamu selesai dibuat secara otomatis.

Abstrak yang sudah dibuat kemudian bisa disalin dan cantumkan di lembaran karya ilmiah yang sedang kamu buat.

Salah satu kelemahan dari situs ini adalah jumlah kata yang akan dimasukkan maksimal 60 kata saja untuk tiap bagian karya ilmliah yang akan dibuat abstrak. Artinya kita memang harus menyusun terlebih dahulu intisari dari tiap bagian tulisan sebelum dimaksukkan kedalam situs Abstract Generator.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Abstrak Otomatis dan Online, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard