Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Cara Memotong / Crop Gambar di Excel

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Microsoft Excel merupakan program aplikasi lembar kerja/spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Fungsi dari aplikasi ini secara umum adalah untuk mengolah data menggunakan berbagai macam rumus.

Di MS. Excel ada banyak sekali fitur yang sangat membantu penggunanya dalam mengelolah data maupun mengatur tampilan spreadsheet, salah satunya fitur crop dimana kita bisa memotong gambar yang dimasukkan kedalam lembar kerja. 

Jadi jika kamu mempunyai gambar yang ingin dimasukkan ke Excel tapi gambar tersebut memiliki bagian yang tidak dibutuhkan dan harus dipotong (crop), kamu tidak perlu ngecrop gambar/foto tersebut di aplikasi editing gambar lagi karena fitur potong gambar sudah tersedia di Excel.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara memotong atau crop gambar/foto di Microsoft Excel dengan mudah dan rapi. Kamu bisa memotong gambar sesuai bentuk, sesuai aspect ratio (skala perbandingan) dan pemotongan biasa.

Cara Memotong / Crop Gambar atau Foto di Excel

Tidak semua versi Microsoft Excel dapat digunakan memotong gambar/foto. Hanya Excel 2010, 2013, 2016 dan 2019 saja yang memupunyai fitur crop gambar, jadi jika kamu masih menggunakan Excel 2007 kebawah, kamu tidak akan menemukan fitur ini. Oleh karena itu saya sarankan untuk menginstal MS Excel versi terbaru agar kamu bisa menikmati beragam fitur tambahan yang ada di Excel.

Untuk memotong gambar di Excel, ada 3 cara yang bisa kamu gunakan yakni sebagai berikut:

1. Memotong Gambar/Foto dengan Crop Biasa

  • Pertama, buka aplikasi MS Excel di laptop atau komputer.
  • Jika sudah berada di lembar kerja, masukkan gambar dengan cara klik menu InsertPictures
  • Buka folder tempat kamu menyimpan gambar → pilih gambar → Insert
  • Jika gambar sudah berada dalam lembar kerja, klik gambar lalu ke menu FormatCrop
  • Seleksi bagian gambar yang akan kamu buang dengan cara menyeret (drag) tombol yang ada di tiap sudut gambar lalu klik Crop
  • Jika sudah maka gambar akan terpotong secara otomatis.

2. Memotong Gambar Sesuai Bentuk

Kamu juga bisa memotong gambar di Excel sesuai bentuk yang diinginkan, misalnya lingkaran, segi lima, segi tiga, tanda panah dan lain sebagainya. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, klik gambar yang sudah ada dalam lembar kerja Excel.
  • Kemudian klik menu FormatCropCrop to shape → pilih bentuk shape yang akan digunakan untuk memotong gambar
  • Jika sudah maka gambar akan terpotong/tercrop sesuai bentuk yang dipilih.

3. Memotong Gambar dengan Aspect Ration / Skala Perbandingan

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk memotong gambar di Excel adalah menggunakan Asepct Ratio atau skala perbandingan. Dengan cara ini, kamu bisa menemukan ukuran yang pas gambar yang diinginkan misalnya Square 1:1, Potrait 2:3, 3:4, 3:5, 4:5 maupun Landscape 3:2, 4:3, 5:3, 5:4 dll.

Cara memotong gambar dengan Aspect Ratio sebagai berikut:

  • Klik gambar yang sudah ada di lembar kerja
  • Lalu ke menu FormatCropAspect Ratio lalu pilih skala perbandingan yang akan kamu gunakan untuk memotong gambar/foto
  • Kemudian seleksi dan atur bagian yang akan dihilangkan pada gambar, jika sudah klik Crop
  • Jika sudah gambar akan terpotong sesuai dengan rasio perbandingan yang dipilih.

Bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai 3 Cara Memotong / Crop Gambar atau Foto di Excel, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.


Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard