Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memotong / Crop Gambar di PhotoScape

Cara Memotong / Crop Gambar atau Foto di Photoscape - Bloggertoraja.com

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Photoscape merupakan salah satu aplikasi editing gambar yang bisa kamu instal di laptop atau komputer. Photoscape memiliki beragam fitur yang bisa digunakan untuk pengeditan gambar maupun foto, salah satunya adalah fitur Crop. 

Fitur Crop fungsinya untuk memotong gambar/foto dalam hal ini kita menyeleksi bagian yang tidak dibutuhkan pada gambar kemudian menghapusnya. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara menggunakan fitur Crop gambar di Photoscape terutama mereka yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara memotong (crop) gambar / foto di Photoscape dengan mudah dan rapi. Cekidot.

Cara Memotong / Crop Gambar dan Foto di PhotoScape

Untuk memotong gambar dan foto di PhotoScape menggunakan fitur Crop, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Photoscape di laptop atau komputer
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, klik menu Editor
  • Selanjutnya masukkan foto atau gambar kedalam halaman pengeditan dengan cara klik folder tempat kamu menyimpan gambar lalu klik gambar yang akan dipotong maka secara otomatis gambar akan dimasukkan kedalam kanvas.
  • Jika gambar sudah berada dalam kanvas, silahkan pilih menu Crop lalu seleksi bagian gambar atau foto yang akan dipotong. Jika sudah, klik Crop untuk memotong dan membuang bagian gambar yang tidak dibutuhkan.
  • Jika sudah maka gambar atau foto berhasil di crop dan hasilnya akan tampil seperti dibawah ini.
  • Simpan gambar yang telah di crop tadi dengan cara klik Save maka akan muncul jendela penyimpanan. Disini kamu akan diberikan 3 opsi menyimpan gambar yakni Save (simpan biasa), Save in the designated folder (simpan di folder yang ditunjuk) dan Save as (simpan sebagai). Kamu bisa memilih salah satunya, tapi disini saya akan memilih Save
  • Selanjutnya akan muncul jendela JPEG Quality, geser tombol sampai ke High Quality untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus lalu klik OK untuk menyimpan gambar
  • Maka gambar akan tersimpan secara otomatis ke dalam folder.

Bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memotong / Crop Gambar dan Foto di PhotoScape, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard