Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara menonaktifkan Lokasi Pengguna Sekitar di Telegram

Cara menonaktifkan Lokasi Pengguna Sekitar (People Nearby) di Telegram - Bloggertoraja.com

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Fitur Pengguna Sekitar atau People Nearby merupakan salah satu fitur yang ada di aplikasi Telegram dimana melalui fitur ini kita bisa mencari pengguna maupun grup Telegram di sekitar kita. Kamu bisa mengirim pesan kepada pengguna Telegram yang lain ataupun masuk dalam grup Telegram lokal yang terdeteksi di fitur People Nearby.

Namun seorang Ahli bernama Ahmed Hassan mengemukakan bahaya menunjukan lokasi di fitur Pengguna Sekitar Telegram. Ahmed mempraktekkannya dengan menggunakan tiga titik posisi sesuai jarak yang tertera di aplikasi. Ia kemudian membuat lingkaran sesuai jarak dari tiga posisi tersebut dan menemukan lokasi pengguna lain secara tepat di tempat tiga lingkaran itu bersinggungan (seperti diagram Venn).

Ini tentunya akan sangat berbahaya bagi pengguna Telegram yang mengaktifkan fitur People Nearby terutama bagi pengguna Android karena bisa saja ada orang yang berniat jahat seperti menipu, merampok atau menguntit (stalking). Sedangkan untuk pengguna iOS 14, mereka bisa bebas memilih perkiraan kasar lokasi sehingga lokasi mereka menjadi tidak tepat dan kurang rentan.

Fitur ini juga memungkinkan orang yang tidak dikenal menghubungi kita disekitar lokasi tempat kita berada. Walaupun fitur Penguna Sekitar memiliki tujuan untuk menemukan teman, namun akan ada juga orang yang mempergunakan salah fitur ini seperti menghubungi, meneror atau bahkan mengirimkan pesan yang tidak pantas alias jorok kepada kita. Oleh karena itu ini mungkin bisa jadi alasan untuk mematikan fitur Pengguna Sekitar di Telegram.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara menonaktifkan lokasi Pengguna Sekitar / People Nearby di aplikasi Telegram. Cekidot.

Cara Menonaktifkan Lokasi Pengguna Sekitar di Telegram

Berikut ini tutorial cara menonaktikan lokasi Pengguna Sekitar atau People Nearby Feature di aplikasi Telegram agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram di HP android atau iOS
  • Tap icon Garis Tiga di pojok kiri atas 
  • Lalu pilih Pengguna Sekitar / People Nearby
  • Selanjutnya di bagian Pengguna Sekitar, klik Stop Tampilkan Saya untuk menonaktifkan/mematikan fitur People Nearby
  • Jika sudah maka akun Telegram kamu tidak akan terdeteksi lagi di fitur Pengguna Sekitar di HP orang lain. Namun jika kamu ingin mengaktifkan lagi fitur ini, kamu tinggal klik di Buat Saya Terlihat

Bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara menonaktifkan Lokasi Pengguna Sekitar di Telegram, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard